Google Gratiskan Layanan Google Workspace

0

Baru-baru ini Google memberikan kabar baik bagi para penggunanya, kabar baik tersebut adalah Google telah menggratiskan layanan Google Workspace. Google Workspace yang dulunya bernama Google G Suite merupakan layanan berbayar yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mendongkrak produktivitas seperti melakukan rapat dan berbagi file melalui Google.

Google G Suite atau Google Workspace sendiri tadinya memiliki tiga paket disediakan, diantaranya adalah G Suite Basic yang cocok digunakan untuk pribadi ataupun kelompok kecil. Paket Basic ini dihargai USD 4.20 per pengguna per bulan. Selanjutnya ada paket G Suite Business Paket ini cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak karyawan. Biaya langganannya adalah USD 12 per pengguna per bulan.

Lalu yang terakhir adalah G Suite Enterprise, ini adalah paket termahal yang sediakan Google, biaya langganannya adalah USD 25 per pengguna per bulan. Pastinya ada harga ada kualitas, semakin tinggi paket dipilih maka semakin bagus fitur yang ditawarkan namun memiliki harga yang mahal.

ads by posciety

Google Workspace ini mencakup layanan dari Google sendiri, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet. Sebenarnya semua layanan ini bisa dinikmati secara gratis oleh semua pengguna, namun semua layanan tersebut tidak dapat terhubung satu sama lain.

Namun, dengan menggunakan layanan Google Workspace, kamu bisa menggunakan semua layanan tersebut yang semuanya terhubung atau terintegrasi satu dengan yang lainnya. Hal ini tentu semakin memudahkan sebuah pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.

Salah satu contoh dari terintergrasinya semua layanan Google adalah dengan menggunakan Google Workspace, kamu bisa mengakses layanan Google Chat dan Rooms dari Gmail, tanpa harus membuka layanan tersebut satu per satu.

Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan, mengobrol dengan orang, memberikan tugas, hingga membuat jadwal di Google Calendar yang bisa dilakukan di dalam grup secara langsung. Dengan menggunakan Google Workspace, semua hal tersebut bisa dilakukan di layanan Gmail.

Selain itu, Bentuk integrasi lainnya adalah pada fitur preview dokumen. Sebelumnya jika ingin membuka sebuah dokumen, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu dokumen tersebut, lalu membukanya di Google Docs, Sheets, ataupun Slides. Namun, kini dengan menggunakan Google Workspace, pengguna dapat melihat isi dokumen tersebut melalui preview, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Dan masih banyak lagi bentuk integrasi lainnya yang dihadirkan jika kamu menggunakan Google Workspace. Pastinya semua bentuk integrasi ini semakin memudahkan pekerjaan sebuah perusahaan ataupun organisasi agar pekerjaan tersebut lebih efektif dan efisien.

Awalnya Google Workspace hanya diperuntukkan untuk pengguna yang berlangganan layanan ini dengan membayarnya setiap bulan. Namun kini, layanan tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara gratis.

“Dengan menghadirkan Google Workspace kepada semua orang, kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama,” ungkap Google dalam keterangan resmi, Selasa (15/6/2021).

Direktur Senior Produk Google, Sanaz Ahari mengungkapkan alasan dari integrasi Chat dan Room di Gmail ini untuk mendukung kebutuhan akan komunikasi yang terintegrasi. Contohnya adalah pada saat pengguna menerima e-mail di Gmail, lalu pengguna tersebut ingin membalas dan membahas isi dari e-mail tersebut, mereka hanya tinggal beralih ke fitur Chat dan Rooms yang berada di sebelah kiri layar pada Gmail untuk membalas dan membahas isi dari e-mail tersebut. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna tersebut.

Selanjutnya, apabila hal tersebut ingin didiskusikan bersama kelompok atau grup, maka pengguna bisa beralih ke fitur Google Meet yang sudah tersedia di Gmail, untuk melakukan rapat secara online.

Google juga mengumumkan akan mengubah nama “Rooms” menjadi “Spaces“.Namun, Google tidak ingin hanya merubah nama, mereka akan menghadirkan fitur yang lebih banyak lagi, seperti akan mengahdirkan lebih banyak emoji, alat moderasi, dan meningkatkan kemampuan mengirim dan menerima pesan melalui Spaces.

Cara Mengaktifkan Fitur Chat dan Rooms di Gmail

Karena sekarang Google Workspace sudah gratis, kamu bisa mengaktifkan fitur Chat dan Rooms di akun Gmail kamu. Dan berikut kami berikan langkah-langkah mengaktifkannya lewat desktop di laptop atau PC, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama silahkan buka Gmail di browser
2. Lalu masuk ke Setelan jika menggunakan bahasa Indonesia


3. Pilih Lihat Semua Setelan


4. Lalu pilih Chat dan Rapat


5. Di bagian Chat, pilih Google Chat. Setelah itu pilih Simpan Perubahan


6. Kini kamu sudah bisa melihat dan menggunakan fitur Chat dan Rooms di Gmail kamu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya