PERUBAHAN: Google Images Akan Menampilkan Creator dan Copyright Information

Jika ini berhasil, setiap gambar yang ditemukan di mesin telusur Google (mungkin di mesin telusur lainnya) akan menampilkan creator dan informasi credit atas karya tersebut. Jauh sebelum rencana ini sebetulnya Google telah melakukan perubahan cukup...


Mencari gambar apapun sangat mudah ditemukan di internet termasuk di mesin telusur raksasa, Google. Ini sangat menguntungkan bagi siapapun yang menggunakan mesin telusur Google secara online untuk mendapatkan gambar yang diinginkan, tapi di sisi lain merugikan beberapa pihak seperti penerbit gambar dan/atau pencipta gambar tersebut.

Walaupun sebetulnya setiap gambar yang diunggah ke internet itu dapat disembunyikan di hasil pencarian, tapi ini bukanlah solusi yang paling tepat. Karena dalam beberapa kondisi para creator ingin menampilkan karyanya tapi ketakutan akan pencurian gambar yang seenaknya menggunakan tanpa izin.

Gambar Google Akan Menampilkan Creator & Info Kredit

Setelah mendapatkan banyak pengalaman selama bertahun-tahun, akhirnya Google merencanakan sebuah perubahan yang dianggapnya mungkin bisa menemukan solusi untuk masalah seperti ini yaitu dengan menampilkan siapa pencipta gambar (original images) dan informasi hak cipta atas gambar tersebut.

Seperti yang dilansir oleh engadget, Google diketahui telah bekerjasama dengan media and image organization CEPIC dan IPTC. Dengan adanya kerjasama ini dapat mengatasi masalah-masalah terkait mengenai gambar dan karya berupa foto di internet.

Jika ini berhasil, setiap gambar yang ditemukan di mesin telusur Google (mungkin di mesin telusur lainnya) akan menampilkan creator dan informasi credit atas karya tersebut. Jauh sebelum rencana ini sebetulnya Google telah melakukan perubahan cukup hebat dengan menghapus link Lihat Gambar yang megarah ke gambar originalnya karena ini bertolak belakang dengan peraturan hak cipta galeri di internet.

Sepertinya sampai sekarang perubahan ini belum masuk ke Indonesia, tapi dalam waktu dekat perubahan ini akan segera di terapkan di Negara paman Sam terlebih dahulu kemudian akan menyusul ke Negara-Negara lainnya jika kerjasama dapat dilaksanakan dengan baik bersama pihak-pihak bersangkutan di setiap Negara.

Jadi, bagi kamu sang pencipta karya berupa gambar atau fotographer tidak perlu cemas lagi jika perubahan ini berhasli diterapkan, nama dan informasi hak cipta kamu akan tampil dan diketahui setiap orang yang melihat karyamu di internet khususnya di Google Search Engine.


Jangan Lupa Share !!!

77
11 shares, 77 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
2
Bingung
Kesal Kesal
10
Kesal
OMG OMG
2
OMG
Takut Takut
1
Takut
Keren Keren
9
Keren
Sedih Sedih
4
Sedih
Posciety News

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan berita-berita hangat dunia dari berbagai sumber yang akurat, dikemas dalam bahasa Indonesia dan berprinsip. Dikelola oleh tim Posciety News.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki