Google Person Finder Bisa Temukan Orang Hilang Setelah Bencana Alam ?

Bagi beberapa orang mungkin Google Person Finder atau biasa disingkat GPF merupakan salah satu produk Google yang jarang terdengar di telinga atau bahkan belum pernah mendegarnya sama sekali, setelah membaca ini dipastikan kamu akan mengetahui lebih lanjut apa itu Google Person Finder.

Google Person Finder

Google Person Finder diciptakan untuk membantu siapapun untuk kembali bertemu dan terhubung setelah bencana alam atau kejadian-kejadian krisis lainnya. Contoh kasus terbaru adalah bencana alam yang terjadi di Palu Indonesia, gempa dahsyat terjadi di Tanah Air kita yang menyebabkan tsunami. Akibatnya, banyak orang terpisahkan, meninggal dunia, dan ada beberapa yang dinyatakan hilang (belum ditemukan).

Seperti nama produknya “Google Person Finder”, ini berfungsi untuk menemukan orang-orang yang hilang setelah kejadian-kejadian besar dan dianggap Google perlu bantuan untuk mencarinya dengan Google Person Finder. Bagaimana cara kerjanya ?

Cara Kerja Google Person Finder

Setiap kali ada bencana besar (dan dirasa Google Person Finder perlu membantu) GPF akan menerbitkan fitur pencarian orang atas bencana tersebut. Contohnya setelah bencana gempa terjadi di Palu, GPF langsung meluncurkan fitur pencarian data / orang. Setiap orang (termasuk pemerintahan dan organisasi) dapat membantu orang lain untuk menemukan orang tercintanya dengan membagikan fitur GPF ini (atas bencana bersangkutan) dan menambahkan informasi agar dapat ditemukan dengan mudah.

Setelah Google Person Finder membuat fitur pencarian data / orang atas tsunami yang terjadi di Palu, kamu dapat memasukkan data informasi seseorang yang kamu temukan (kenal) atau kamu dapat mencari seseorang disana. Kunjungi situs GPF di https://google.org/personfinder/, pada daftar menu di samping kamu akan menemukan bencana-bencana yang telah dibuka fitur pencarian orang oleh GPF.

Kita ambil contoh terbaru misalnya tsunami di Palu, pada daftar menu di samping kamu akan menemukan menu Tsunami Palu. Klik menu tersebut untuk mulai mencari seseorang atau membagikan informasi tentang seseorang yang kamu kenal (temukan).

gambar 1 - cara menggunakan google person finder

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, tidak hanya Tsunami Palu yang tersedia (ini tergantung dari bencana alam yang dimasukkan ke GPF oleh Google). Pada halaman ini, kamu dapat mulai mencari seseorang yang belum ditemukan atau memberikan informasi tentang seseorang yang kamu anggap terpisah dari keluarganya akibat bencana tersebut.

Pada bagian bawah terdapat rekaman / record yang terlacak di Google Person Finder, ini mungkin masih akan terus bertambah tergantung dari data yang dimasukkan. Semoga GPF ini dapat membantu setiap umat manusia yang terkena bencana atau kejadian krisis.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi