Google+ Ditutup: Google Menyatakan Kekalahannya Dalam Persaingan Media Sosial

Jika Anda aktif di Google+ pada tahun 2018, tentu pernah mendapatkan sebuah pemberitahuan terakhir dari Google+ mengenai beberapa perubahan dan beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh para pengguna Google+ termasuk para pengembang yang dikirimkan pada bulan Desember 2018. Dari pemberitahuan yang terakhir itulah Google+ terlihat seperti akan melakukan hal besar, kecurigaan banyak orang Google+ akan menghapus layanannya tidak lama lagi.

Tebakan itu benar, pada tanggal 30 Januari 2019 Google memberitakan bahwa layanan Google+ akan segera dihentikan. Alasan terkuat kenapa Google+ yakin untuk menutup layanannya adalah rendahnya jumlah pengguna dan tantangan/persaingan yang ketat.

Kapan layanan Google+ dihapus? Efektifnya Google+ akan dinonaktifkan pada tanggal 2 April 2019, tetapi mulai dari tanggal 4 Februari 2019 setiap pengguna Google+ sudah tidak dapat lagi membuat acara, membuat komunitas, membuat halaman, bahkan tidak dapat membuat profil Google+.

Apakah Semua Data G+ Saya Akan Hilang?

Ya, dengan dihapusnya layanan Google+ artinya semua data Anda termasuk halaman, komunitas, album, arsip, dll akan dihilangkan dari direktori Google+. Tapi tentu hal ini akan memakan waktu berbulan-bulan seperti yang diberitakan pihak Google+, jangan heran jika setelah tanggal 2 April 2019 Anda masih melihat beberapa data akun Google+ yang masih tersedia seperti unggahan foto, status, dsb. Ini nantinya akan terhapus, namun memerlukan proses.

Sudah sejak lama Google+ menyediakan fitur unduh dan simpan (ekspor) data akun, komunitas, dan halaman, akhirnya berfungsi juga. Anda dapat memanfaatkan fitur ekspor data untuk menyimpan data Google+ Anda, komunitas, halaman, dan hal lainnya yang pernah Anda buat di Google+ dengan akun Anda.

Adapun perihal tombol login dengan Google, sementara tidak akan tersedia lagi. Nantinya tombol ini akan digantikan oleh tombol login dengan Google yang memungkinkan Anda dan para pengguna lainnya login ke suatu situs/aplikasi menggunakan akun Google masing-masing akun.

Mungkin Anda pun pernah berinteraksi di sistem komentar sebuah situs yang menggunakan akun Google+ seperti sistem komentar Blogspot, fitur ini akan segera dihapus bersamaan dengan data akun Google Anda. Selain itu, setiap komentar yang pernah Anda buat sebelumnya di situs manapun akan segera dihapus secara perlahan.

Jangan khawatir! Ini hanya untuk akun Google+ konsumen (pribadi), jika Anda adalah pengguna G Suite, akun Google+ Anda akan tetap aktif. Hanya tampilan dan fiturnya saja yang diperbarui di G Suite, hubungu admin G Suite Anda untuk mengetahui lebih lanjut.

Untuk para pengembang termasuk pengembang di posciety.com, jika menggunakan API Google+ di beberapa fitur pada situs/aplikasi Anda maka mohon diperiksa informasi lebih lanjutnya di sini. Terdapat beberapa perubahan dan dampak baru yang terjadi akibat adanya penghapusan Google+.

Tim Google+ mengucapkan terima kasih kepada para seluruh orang yang terlibat di dalam setiap langkah Google+, kami posciety.com juga mengucapkan terima kasih kepada 765 pengikut posciety official di Google+ yang rela meluangkan waktu untuk berkunjung, follow, dan +1. Kunjungi media sosial official posciety lainnya untuk tetap terhubung 🙂

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi