Mendaftarkan Blog di Pencarian Google

Bagi para pemilik / pengelola sebuah web / blog tentu harus mengetahui tentang Google Search Console, berbayar ? Tidak, ini layanan yang dapat digunakan secara gratis.

Apa Itu Google Search Console ?

Layanan / konsol yang disediakan oleh Google untuk membantu mempertahankan sekaligus memantau keberadaan sebuah website di hasil pencarian Google.

Memang, tanpa memiliki Google Search Console pun website / blog akan secara otomatis terdaftar di hasil pencarian Google. Namun, jika kamu memiliki / mendaftar Google Search Console itu akan sangat membantu sekali dalam mengelola situs web dan memahami bagaimana cara kerja Google melihat sebuah situs web sekaligus dapat mengoptimalkan performanya di hasil penelusuran.

Jika ada yang bertanya “apakah saya harus memiliki Google Search Console ?” maka jawabannya “Ya“. Jika kamu mengelola sebuah situs web maka saya sarankan untuk memiliki Google Search Console. Selain dapat memantau kinerja situs web kamu di hasil penelusuran Google, kamu dapat menggunakan fitur-fitur lain yang disediakan dan tentunya sangat bermanfaat untuk situs web yang dikelola.

Jika kamu pengembang aplikasi, Google Search Console dapat mengintegrasikan aplikasi dan duni situs web dengan lancar.

Pelajari lebih lanjut tentang Google Search Console

Bagaimana Cara Membuat Akun Google Search Console ?

Seperti biasa, akun Google dapat digunakan untuk semua produk Google. Cukup kunjungi web Google Search Console di https://www.google.com/webmasters/tools/home maka akan melihat semua properti yang pernah dibuat. Properti itu berisi situs web yang didaftarkan.

Jika belum login atau belum memiliki Google Search Console, silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google.

Belum punya akun Google ? Lihat: Cara membuat akun Google.

Setelah berhasil login ke Google Search Console, kamu dapat langsung mendaftarkan situs web yang dikelola dengan cara membuat properti dan dapat menikmati semua fitur yang disediakan dengan gratis untuk membantu meningkatkan posisi situs web / blog kamu di hasil penelusuran Google search engine.

Ini merupakan salah satu langkah tepat dalam meningkatkan posisi web / blog di hasil pencarian mesin pencari (kemungkinan besar untuk tampil di halaman pertama) sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung web / blog jika memverifikasi situs di Google Search Console.

Apa selanjutnya ? Verifikasi situs / aplikasi di Google Search Console, lihat selengkapnya di Cara Verifikasi Situs Web / Aplikasi – Google Search Console.

Selamat mencoba !

Kunjungi kategori Google Search Console di situs ini untuk mengetahui semua tips dan trik mengenai Google Search Console.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...