5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Tambah Percaya Diri dan Makin Mencintai Diri Sendiri

Hidup kita tak akan pernah lepas dari masalah, hidup adalah sebuah cobaan yang harus kita hadapi hari demi hari. Karena persoalan hidup yang tak kunjung henti, kadang kita merasa ingin menghindari bahkan mencoba untuk tidak mempedulikannya. Faktanya, jika kita tidak dapat menyikapi setiap masalah dengan baik, hati kita akan menimbulkan rasa penyesalan tiada akhir yang membuat kita benci akan diri sendiri. Yuk kita sadari beberapa hal di bawah ini agar kita semakin percaya dan mencintai diri sendiri.

1. Semua Manusia Sama

gambar 1 - bukti bahwa semua manusia itu sama
img: utakatikotak

Kita tak perlu berkecil hati bahwa mereka lebih baik dari kita, belajarlah berlapang hati agar kita dapat mencintai diri sendiri. Tak ada manusia yang sempurna, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Carilah jati diri agar kita tahu kelak kita akan menjadi apa, cobalah untuk terbuka dengan orang lain dan bersosial dengan baik, membangun koneksi sesama manusia karena manusia tak bisa lepas dari komunikasi.

2. Egois pada Tempatnya

gambar 2 - setiap manusia egois tapi tidak pada tempatnya
img: Google

Seperti kita tahu bahwa banyak orang yang berkata egois itu merupakan sifat yang menyebalkan yang diartikan ketidakmampuan menerima seseuatu yang diberikan oleh orang lain terhadap apa yang ada di dalam diri kita. Namun, kita dapat merubah definisi tersebut jikala kita menggunakannya untuk kebaikan diri kita sendiri dan dapat membuat orang sekeliling kita juga bahagia.

Tidak mempedulikan orang di sekitar memang bukanlah hal baik, tapi jika kita mencoba untuk peduli terhadap diri kita terlebih dahulu baru orang lain kenapa tidak. Jika kita terlalu memperdulikan orang lain, kita akan lupa akan apa yang kita butuh, seperti misalnya jika kita terus-terusan mengalah dengan orang lain, maka akan timbul di dalam diri kita rasa tidak dihargai oleh orang lain. Hal tersebut agar berdampak buruk bagi kita maupun orang sekitar. Jadi, lebih baik dimulai dari diri sendiri barulah memikirkan untuk orang lain.

3. Hadapi Masalah dengan Tabah

gambar 3 - hadapi masalah dengan tabah
img: Pengembangan Diri

Hidup adalah masalah, namun apapun yang kita terima pasti akan kembali kepada-NYA. Hadapilah dengan tergar, tenang, dan tabah agar kita selalu ingat akan janji Allah yang dimana jikala kita meminta perlindungannya maka kita akan selalu dijaga di dalam jalan yang benar.

Bergantunglah kepada sang pencipta langit dan bumi agar setiap langkah yang kalian pijak membuat kalian tegar dalam setiap cobaan. Berdoa selalu karena Allah adalah maha pengasih dan juga penyayang. Jika kita melakukan hal tersebut, niscaya kita akan percaya diri dan berlapang hati.

4. Pemalu Tidak Harus Mengunci Diri

gambar 4 - orang pemalu dan penakut
img: Google

Setiap manusia pasti meliki rasa kurang percaya diri dan rasa malu terhadap sesuatu tertentu atau untuk membuktikan sesuatu tertentu. Tapi cobalah taruh rasa malu tersebut terhadap hal lain, misalnya malu belum sholat atau hal baik lainnya yang belum kalian lakukan. Kurangilah pemikiran negatif terhadap diri sendiri, karena tanpa mencoba kita takkan tahu jawabannya. Lawanlah rasa malu untuk kesuksesanmu!

5. Memaafkan Diri Sendiri

gambar 5 - memaafkan diri sendiri
img: Google

Cobalah untuk memaafkan keadaanmu di masa lalu karena setiap manusia memiliki hak untuk berubah. Mulailah mencintai diri sendiri dengan mencoba hal-hal baru, memaafkan masa lalu, dan melupakan masa lalu. Jangan sia-siakan Anugerah jantung yang masih berdetak.

Segala sesuatu pasti akan terjadi jika kita percaya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini dan kita pasti bisa melakukannya. Kuncinya adalah:

“ketahui dirimu sendiri dan percayalah bahwa kamu mampu melakukannya karena setiap manusia mempunyai hak untuk bahagia.”

@posciety
tunggu sebentar...

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi