5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Export Video di Adobe Premiere

0

Setelah selesai mengedit video di Adobe Premiere, langkah selanjutnya adalah memproduksinya menjadi video matang berupa file video atau bahasa lainnya export atau render video editan Adobe Premiere menjadi file video.

Tapi, alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting dan wajib sebelum kamu melakukan export video di Adobe Premiere agar kamu tidak perlu melakukan export atau render ulang apa lagi kalo videonya panjang, lama lagi nunggu export selesai.

Periksa 5 Hal Berikut Sebelum dan Ketika Export Video di Adobe Premiere

Buat kamu yang belum tau bagaimana cara export video di Adobe Premiere, klik disini ya. BUka di tab baru dan lanjutkan membaca untuk mengetahui apa saja yang harus dicek sebelum melakukan export video di Adobe Premiere.

Periksa Proses Editing

Hal pertama yang harus kamu periksa adalah proses editing di Adobe Premiere, pastikan kamu sudah memeriksa timeline kamu dengan memainkannya dari menit awal sampai menit akhir.

Hal ini dapat membantu kamu memastikan bahwa video yang kamu edit sudah sesuai dengan keinginan atau arahan dari client. Pada langkah ini juga kamu memastikan bahwa video dan audio selaras. Jangan sampai temponya berbeda 😀

Tidak hanya audio, hal lainnya seperti keyframe untuk zoom in dan zoom out pun dapat kamu periksa ketika kamu mainkan dari menit awal hingga menit akhir.

Periksa Timeline Bar

Hal yang satu ini sering banget kelupaan nih, akhirnya harus ngulang lagi export video karena bar pada timeline nya belum disesuaikan dengan durasi video.

Timeline bar ini merupakan durasi seberapa banyak atau seberapa lama editan video/audio yang ingin kamu export menjadi file video, lihat gambar di bawah.

timeline bar tidak sesuai

Perhatikan 2 lingkaran pada gambar di atas, lingkaran yang atas adalah akhir dari timeline bar dan lingkaran di bawah adalah akhir dari komponen (video, audio, gambar. dsb).

Pastikan timeline bar ditarik dan disamakan atau disejajarkan dengan akhir komponen. Karena proses export atau render akan menghitung sesuai awal dan akhir timeline bar.

Video Transparan

Jika kamu menggunakan video transparan pada editing kali ini seperti lower third yang mempromosikan media sosial atau menampilkan judul seperti tayangan berita, pastikan video tersebut benar-benar transparan dan tidak menghalangi konten yang ada pada video utamanya.

Jenis Video dan Audio

Pada saat akan memproduksi video, pastikan kamu memilih jenis video dan audio yang bagus tapi harus sesuai dengan kualitas video aslinya. Jika video aslinya yang kamu miliki memang berkualitas rendah, jangan paksakan export dengan kualitas tinggi karena terlihat memaksa.

settingan export video adobe premiere

Jika kamu sering menonton video YouTube Posciety dan menyukai kualitas videonya, gambar di atas adalah settingan export yang kami gunakan. Jika video yang kamu miliki memiliki kualitas video lebih bagus lagi seperti hasil kamera DSLR, kamu bisa menambah kualitasnya menjadi lebih tinggi lagi.

https://www.youtube.com/watch?v=pUc2fJiwbKc

RAM & Baterai

Hal penting terakhir yang harus diperhatikan adalah RAM komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Pastikan RAM kamu memiliki space yang cukup agar proses export video Adobe Premiere berjalan dengan mulus, banyak orang yang menghentikan aktivitas lainnya ketika proses export sedang berlangsung, itu karena agar RAM dapat dikonsumsi dengan baik oleh Adobe Premiere saat sedang memroses hasil editing.

Selain RAM, jika kamu menggunakan laptop untuk proses export video Adobe Premiere maka pastikan baterai cukup karena proses ini akan mengkonsumsi banyak daya terutama jika kondisi laptop sudah tidak prima atau video yang di-export cukup besar.


Itulah 5 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum dan ketika export atau memproduksi hasil editing di Adobe Premiere, banyak hal lainnya yang bisa kamu periksa selain 5 hal di atas agar kualitas editing kamu sempurna atau setidaknya kamu tidak mengulang proses export hanya karena lupa melakukan pemeriksaan sebelum export dimulai.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya