HP Basah Dikeringkan dalam Beras? MITOS! Ini 5 Tips Ampuh Keringkan HP Basah

Ternyata keringkan HP dengan beras itu gak berhasil, penulis coba cara lain HP langsung nyala setelah tenggelam.


Apakah kalian pernah mengalami HP tidak bisa charge karena basah? Pasti merasa panik kan saat mengetahui handphone kalian tidak bisa mencharge kaya gini? Mungkin bingung juga bagaimana caranya ini handphone bisa kembali normal. Kira-kira butuh biaya berapa banyak untuk service nya?

Banyak artikel yang menjelaskan bahwa ketika HP basah sebaiknya dibenamkan ke dalam tumpukan beras. Sebenarnya cara ini kurang tepat, karena cara ini tidak ada pengaruhnya. Selain itu, beras-beras tersebut bisa masuk ke dalam handphone dan kemungkinan bisa merusak komponen-komponen di dalamnya.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan HP kalian yang baterainya non removable itu bisa charge lagi? Berikut ini tips-tips yang bisa kalian coba agar handphone kalian bisa kembali charge.

1. Matikan Ponsel

Langkah awal yang harus dilakukan saat hp kalian basah yaitu matikan HP. Jangan dulu dinyalakan dan jangan dicharge selama seharian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting di dalam mesin HP itu sendiri.

2. Keringkan dengan Hairdryer

Jika hp kalian sudah dalam keadaan mati, keringkan HP dengan menggunakan alat pengering rambut atau hairdryer. Usahakan setelan suhunya tidak terlalu panas maupun dingin. Keringkan dulu di area LCD nya, lalu sekilas keringkan lubang-lubang yang ada di HP itu. Lakukan selama 5 sampai 10menit.

3. Jemur Hp di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Apabila tidak memiliki hairdryer di rumah, kalian bisa menjemur HP kalian di tempat luas yang langsung terkena sinar matahari. Diamkan selama 20 menit dan HP harus dalam keadaan mati.

Setelah HP mulai panas, dinginkan dengan cara letakkan di lantai. Lalu, nyalakan HP dan cobalah untuk dicharge.

4. Gunakan Alat Penanak Nasi

Mungkin cara ini terdengar agak konyol dan sedikit berbahaya ya. Tapi, tidak ada salahnya kalian mencoba cara ini, karena ini berdasarkan pengalaman sendiri.

Pertama-tama, HP kalian yang basah itu masukkan ke dalam plastik dan dalam kondisi mati. Setelah itu, masukkan ke dalam alat penanak nasi yang ada nasinya. Tunggu sekitar 20 menit, jangan sampai lebih waktu.

Akan tetapi, hati- hati dalam mengeluarkan HP tersebut karena kondisinya panas (apalagi kalau casingnya berbahan metal), bila perlu gunakan serbet ketika mengeluarkannya.

Diamkan HP di lantai agar cepat dingin dan jangan gunakan kipas. Setelah HP kalian benar-benar dingin, charge HP di stecker yang lubangnya tunggal (tidak bercabang) dan kwH-nya bertegangan tinggi seperti di kantor atau pabrik. Cara ini benar-benar ampuh karena penulis pernah mencobanya sendiri.

5. Service

Jika semua cara telah kalian coba tapi tetap saja tidak menemukan titik terang, alangkah baiknya kalian mencoba cara terakhir yaitu membawanya ke tempat service.

Kita jangan sembarangan dalam memilih service centre karena itu akan memengaruhi kualitas pada HP yang sudah diperbaiki. Misalnya konektor HP kalian rusak karena basah sehingga harus diganti.

Jika HP kalian baterainya ditanam, otomatis LCD nya pun turut diganti. Apabila kalian memilih tempat servicenya yang abal-abal, pasti menawarkan harga murah dan otomatis LCD kalian diganti dengan LCD yang murahan, tidak original, berbeda jauh dengan yang aslinya serta penggunaan lemnya pun bukan lem khusus untuk LCD HP.


Jangan Lupa Share !!!

78
13 shares, 78 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
6
Bingung
Kesal Kesal
4
Kesal
OMG OMG
7
OMG
Takut Takut
5
Takut
Keren Keren
3
Keren
Sedih Sedih
11
Sedih
Meilia

Newbie

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki