HTTPS

Apa itu HTTPS? Apa bedanya sama HTTP? Yuk, kita simak dibawah ini !

HTTPS adalah singkatan dari HyperText Markup Protocol Secure, bedanya sama HTTP cuma huruf “S” dibelakangnya (Secure). Silahkan baca Pengertian HTTP terlebih dahulu.

S/ Secure disini artinya segala komunikasi yang dilakukan antara web brower dan situs web (https) dilakukan dengan aman / terenkripsi (aman). Karena kalo tidak terenkripsi akan mudah dibobol atau diintip oleh orang2 jahil. Secure ini biasa digunakan oleh situs web yang didalamnya terdapat kegiatan transaksi uang seperti perbankan / toko online. Jadi, kalo Anda mempunyai website yang didalamnya ada kegiatan transaksi uang sebaiknya menggunakan saluran terenkripsi. Karena saluran yang tidak terenkripsi akan mudah di baca / di intip setiap data yang lewat dari web browser ke situs web Anda atau sebaliknya. Karena https atau saluran terenkripsi menggunakan jalur protokol yang sangat aman yaitu SSL (Secure Socket Layer) & TSL (Transport Layer Security).

Membedakan http & https pada web browser yaitu lihat url bagian depannya atau saat ini sudah banyak web browser yang memudahkan pengguna untuk membedakan antara http & https yaitu dengan cara menampilkan gambar gembok di awal url.

Bagaimana memulai https?
Saat Anda membuat situs web dengan saluran https tentu akan diminta sertifikat SSL / TSL untuk memulai meng-enkripsi situs web Anda. Biasanya Anda hanya kaan diminta Public Key Infrastructure (PKI) untuk mulai membaca sertifikat https Anda. Ketika selesai memasukkan PKI tersebut, web browser dan situs Anda akan saling berkomunikasi seolah-olah situs web Anda memberitahukan kepada web browser bahwa situs web Anda terenkripsi alias aman maka web browser akan membuat semua data Anda juga aman kemudian memunculkan gambar gembok pada awal url. Namun jika PKI Anda tidak valid, maka web brwser tidak akan menampilkan https atau gambar gembok dan tidak akan menganggap situs web Anda sebagai situs web yang aman atau terenkripsi.

Dimana Mendapatkan Sertifikat SSL / TSL ?
Anda dapat membeli / menyewa sertifikat SSL / TSL ini di berbagai Tempat Penyedia Hosting, karena biasanya selain menyediakan hosting, server atau domain tapi mereka juga menyediakan sertifikat SSL / TSL yang dapat disewa dengan harga murah perbulannya. Dan yang sering saya lihat di penyedia hosting, mereka lebih banyak menyediakan sertifikat SSL dibanding TSL. Gak jadi masalah, karena keduanya sama aja. Sama sama aman.

Apakah Masih Mungkin Dibobol / Dihack?
Ya, mungkin sekali ! Namanya juga hacker ya bung, mereka bisa lakukan apapun sesuai keinginan dan kemampuan mereka. Mereka bisa aja masuk ke setiap server yang ada, tapi ketika Anda menggunakan saluran https maka para hacker yang masuk mereka hanya akan menemukan tempat kosong nan hampa 😀 Karena siapapun yang masuk dengan tidak wajar tidak akan melihat data apapun baik yang dikirim dari web browser ke situs web atau sebaliknya.

Begitulah kira2 penjelasannya semoga dapat dipahami.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

2
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Cara Menggunakan HTTP dan HTTPS di Blogspot

[…] cara membuat blogspot saya menjadi seperti itu ? Sebelumnya, pastikan kamu telah mengetahui apa itu https. Selanjutnya, mari ikut langkah-langkah di bawah ini untuk membuat blogger dengan awalan […]

trackback
Dapatkan Gembok Hijau (SSL) HTTPS di cPanel, Gratis !

[…] Kali ini, kami bagikan tutorialnya agar mendapatkan HTTPS gratis dan mudah bagi semua pengguna cPanel. Pastikan situs kamu dibangun menggunakan cPanel juga ya. Apa itu HTTPS ? […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi