Indonesia Tambah Medali Emas Cabor Bulu Tangkis di Sea Games 2019

0

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia setelah memenangi laga final ganda putri…

Indonesia meraih dua medali emas dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis kategori perorangan pada SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina.

Keping-keping emas itu disabet oleh pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti usai menundukkan lawan masing-masing pada Senin (9/12/2019).

Selain medali emas, skuad bulu tangkis Tanah Air juga meraih medali perak melalui pemain tunggal putri, Ruselli Hartawan.

Ganda Campuran Indonesia Raih Medali Emas

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, meraih medali emas pada final nomor perorangan SEA Games 2019, Senin (9/12/2019).

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menang 21-19, 19-21, 22-20 melawan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia) di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina.

Laga final ganda campuran tersebut bisa dikatakan sebagai final ideal, karena mempertemukan dua unggulan teratas SEA Games 2019.

Praveen/Melati merupakan ungulan pertama, sementara Goh/Lai adalah unggulan kedua.

Karena itulah, laga berjalan ketat sepanjang tiga gim dan diwarnai saling tikung dan rebut poin antara kedua tim.

Praveen/Melati pun harus bekerja keras dan melewati adu setting point pada gim ketiga sebelum memastikan medali emas.

Medali emas ini merupakan yang pertama buat Melati, sementara Praveen ini menjadi yang kedua setelah sebelumnya mendapat keping emas pada SEA Games 2015 di Singapura dengan Debby Susanto.

“Bagi saya, ini emas kedua dengan pasangan berbeda. Saya senang karena bisa memberikan medali emas buat Indonesia. Ini kan yang menjadi harapan semua atlet ya, mau cabang olahraga apa pun pasti ingin. Apalagi ini SEA Games dan bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ucap Praveen ditemui seusai pertandingan seperti dikutip di BolaSport.

Sementara itu, Melati mengaku bangga dan senang bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. “Apalagi buat saya ini yang pertama kali ikut SEA Games,” kata Melati.

Ganda Putri Ikut Raih Medali Emas

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia setelah memenangi laga final ganda putri bulu tangkis perorangan SEA Games 2019.

Gelar juara diraih Greysia Polii/Apriyani Rahayu usai menundukkan wakil Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong, 21-3, 21-18 di Muntinlupa Sports Center, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019).

Adapun bagi Greysia, medali emas ini merupakan yang pertama setelah menanti selama 14 tahun.

“Puji Tuhan, kami ditugaskan untuk meraih emas dan kami bisa merealisasikannya. Bersyukur sekali, terutama saya setelah 14 tahun. Rasanya tentu bangga dan senang. Ini proses buat kami berdua,” ujar Greysia seperti dikutip BolaSport.

“Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT. Kami juga bersyukur kami tidak cedera, kami dikasih sehat di lapangan dan alhamdulillah kami dikasih emas pada SEA Games kali ini. Dua tahun lalu kami kalah pada babak pertama. Semoga ini menjadi batu loncatan untuk kami berdua. Saya bangga dan senang sekali,” kata Apriyani menimpali.

Rekap Hasil Final Bulu Tangkis Perorangan

Dilansir dari situs resmi Sea Games 2019, berikut hasil lengkap babak final bulu tangkis perorangan SEA Games 2019, Senin (9/12/2019).

  • XD – Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia) 21-19, 19-21, 23-21
  • WS – Selvaduray Kisona (Malaysia) vs Ruselli Hartawan 20-22, 21-14, 21-13
  • MS – Lee Zii Jia (Malaysia) vs Loh Kean Yew (Singapura) 21-18, 21-18
  • WD – Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand) 21-3, 21-18
  • MD – Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) vs Bodin Isara/Maneepong Jongjit (Thailand) 18-21, 21-15, 21-16

Melalui hasil tersebut, cabang olahraga (cabor) bulu tangkis dipastikan menyudahi kompetisi SEA Games ke-30 dengan raihan 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya