Indosat Ooredoo Resmi Luncurkan Layanan 5G di Indonesia

0

Kabar baik buat kamu yang menanti internet 5G tersedia di Indonesia. Indosat Ooredoo resmi luncurkan layanan 5G di Indonesia.

Kabar baik buat kamu yang menanti internet 5G tersedia di Indonesia, sebab pada tanggal 22 Juni 2021 kemarin, salah satu provider internet di Indonesia, Indosat Ooredoo resmi luncurkan layanan 5G di Indonesia. Resminya Indosat Ooredoo luncurkan layanan 5G di Indonesia setelah mereka berhasil mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pekan ini. Indosat Ooredoo pun menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang sudah mengantongi SKLO 5G setelah Telkomsel.

Sebelumnya pada bulan Mei kemarin, Telkomsel terlebih dahulu meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Namun, saat ini hanya terdapat 6 lokasi yang bisa menikmati kecepatan internet generasi kelima tersebut, dan semua lokasi tersebut berada di Jabodetabek. Sementara itu, dari Indosat Ooredoo sendiri pada tahap awal akan menghadirkan layanan 5G di 5 kota besar yakni Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Namun tidak semua area di kota tersebut dapat menikmati internet 5G ini.

SVP-Head of Business Planning, Shatya Framudia mengonfirmasi memang belum semua wilayah yang bisa mengakses layanan 5G ini. Shatya memberikan contoh beberapa area publik seperti Balai Kota, sekolah, dan sebagainya yang akan terlebih dahulu menikmati layanan internet 5G ini. Untuk lokasinya adalah sebagai berikut:

ads by posciety

  • Jakarta: Area Monas
  • Solo: Area Inner City
  • Surabaya: Area Genteng
  • Balikpapan: Area Gunung Bahagia
  • Makassar: Area Pettarani

Meski begitu, Indosat sendiri tidak memberitahu titik tepat lokasi dimana pelanggan bisa menikmati 5G. Shatya menambahkan, ke depannya Indosat akan memperluas cakupan area layanan 5G ke lebih banyak lokasi.

Sementara itu, Indosat Ooredoo sendiri memilih kota Solo sebagai kota penyelenggara acara peluncuran layanan 5G di Indonesia dan sebagai pertanda hadirnya layanan internet Indosat Ooredoo 5G di Indonesia. Acara ini pun digelar di Kantor Balai Kota Solo dan dihadiri langsung oleh Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama dan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam acara tersebut, Ahmad Al-Neama menyampaikan alasan mengapa acara ini dilakukan di Solo, yakni untuk mewujudkan transformasi digital dan pemulihan ekonomi di Kota Solo. Selain itu dengan hadirnya 5G di Kota Solo diharapkan bisa mempermudah segala kegiatan anak muda dan UMKM, guna mewujudkan visi Smart City yang tengah gencar dijalankan Gibran sebagai Walikota Solo.

Selain itu, Ahmad Al-Neama juga mengatakan bahwa pihaknya percaya teknologi 5G akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia, dan mendorong inovasi bisnis di semua industri. 

Untuk layanan 5G, Indosat menggunakan pita frekuensi 1,8 Ghz. Lebar pita 20 Mhz dengan rentang 1837,5 Mhz hingga 1857,5 Mhz. Sementara itu, Telkomsel memilih menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 Ghz dengan lebar pita 30 MHz untuk layanan 5G mereka. Sementara itu untuk masalah kecepatan, dalam uji coba layanan 5G yang dilakukan di area sekitar Balai Kota Solo, Indosat Ooredoo mengklaim kecepatan tertinggi yang tercatat menyentuh angka 550 Mbps dengan latensi 10 ms. Pengujian ini dilakukan dengan sejumlah HP yang sudah support jaringan 5G, yakni HP Huawei dan Xiaomi.

Syarat Untuk Menikmati Layanan Indosat 5G

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menikmati layanan internet 5G Indosat ini, diantaranya adalah:

1. Pegguna Indosat harus menggunakan kartu USIM yang digunakan untuk koneksi jaringan 4G. Artinya, jika kartu sudah diaktifkan dengan layanan 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM.

2. Perangkat juga harus mendukung band n3 yang mendukung layanan 5G Indosat serta dukungan lainnya seperti software dan firmware. 

3. Perangkat juga harus lebih dulu buka kunci (unlock) untuk bisa menjalankan layanan 5G.

4. Syarat terakhir adalah pengguna harus berada di wilayah yang terjangkau jaringan 5G Indosat Ooredoo, yang lokasinya sudah disampaikan diatas. Setelah memenuhi syarat tersebut, pengguna bisa berlangganan paket internet Indosat yang mendukung layanan 5G.

Pilihan Paket yang Tersedia

Untuk masalah paket internet, Indosat sendiri belum menawarkan paket khusus untuk 5G. Pengguna Indosat prabayar maupun pascabayar bisa membeli paket internet yang tersedia saat ini yakni paket Freedom Internet untuk prabayar dan paket Prime untuk pascabayar. Untuk kisaran harga sendiri berada di angka Rp 100 ribu.

Pihak Indosat Ooredoo saat ini sedang merancang varian paket internet khusus 5G yang nantinya bisa dibeli oleh pelanggan prabayar dan pascabayar.

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya