Informasi Peluang Usaha Data Primer

0

Seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan pasti tahu hal pertama apa yang harus dia lakukan sebelum memulai usahanya. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai usaha yaitu melihat adanya peluang usaha. Seorang wirausahawan pasti akan mencari peluang usaha apa nih yang sekiranya menguntungkan dan menghasilkan laba yang besar. Setelah menemukan peluang, seorang wirausahawan akan meneliti baik buruknya usaha yang akan dijalankan, yaitu dengan cara mengumpulkan informasi-informasi data primernya terlebih dahulu.

Sebelum melanjutkan, ada sedikit ulasan mengenai definisi peluang. Peluang dalam bahasa Inggris adalah Opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen dan menjadi ilham (ide/inspirasi) bagi seseorang. Inspirasi muncul dari mana saja dan kapan saja, karena hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  1. Faktor Internal: Faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, pengalaman yang dimiliki individu, pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah, dan intuisi (pemikiran yang muncul darai individu).
  2. Faktor Eksternal: hal-hal yang dihadapi seseorang, seperti masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan, kesulitan yang dihadapi sehari-hari, kebutuhan yang belum terpenuhi, serta pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.

ads by posciety

Dalam dunia usaha, seorang wirausaha hendaklah memahami, mengerti, daan memperhatikan peluang usaha yang ada di sekitar lingkungannya dengan cara menangkap peluang usaha, membat strategi untuk menangkap peluang usaha, mengidentifikasi peluang bisnis, serta memelajari unsur-unsur agar mencapai sukses.

Peluang usaha merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan. Saat mencari informasi mengenai peluang tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Di antaranya seperti informasi mengenai minat dana daya beli masyarakat, informasi mengenai manajemen usaha, pengembangan usaha, seluk beluk pemasaran produk dan jasa, modal usaha, tenaga kerja, perawatan peralatan, hingga pembukuan dan administrasi usaha.

Adapun informasi yang harus dicari terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha, yaitu informasi peluang usaha data primer. Hal itu sangatlah penting karena informasi tersebut merupakan informasi utama yang harus diketahui oleh seorang wirausaha.

Lalu, apa saja yang dimaksud dengan informasi peluang usaha data primer? Hal apa saja yang termasuk di dalamnya? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Informasi Peluang Usaha Data Primer ?

Seiring berkembangnya kecanggihan dunia teknologi informasi, tentu saja penyampaian informasi mengenai peluang usaha tersebut akan lebih efektif dan juga efisien. Tidak heran jika ada banyak sumber informasi yang bisa diperoleh mengenai peluang usaha data primer oleh masyarakat.

Informasi data primer adalah informasi data yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya melalui wawancara terhadap para informan.

Adapun syarat dari informasi, yaitu datanya harus lengkap, dapat dipercaya dan masih berlaku.

Apa Saja yang Termasuk Informasi Peluang Usaha Data Primer ?

Sumber informasi peluang usaha data primer, di antaranya:

  1. Langsung dari konsumen, pembeli, pelanggan sendiri.
  2. Langsung dari pedagang perantara.
  3. Langsung dari penjual sendiri.
  4. Berdasarkan penawaran atau permintaan.
  5. Informasi dari bagian marketing.

Informasi tersebut adalah hal sangat penting untuk diperoleh sebelum menjalankan sebuah usaha. Pada dasarnya data primer dapat berupa pendapat atau opini subjek orang. Baik itu secara individual maupun kelompok.

Data primer tersebut juga dapat diperoleh berdasarkan observasi terhadap sebuah benda fisik, kejadian, kegiatan, hingga hasil pengujian atau percobaan.

Dengan memanfaatkan sumber informasi peluang usaha tersebut setiap wirausaha tentu dapat melakukan perbaikan dalam bidang usaha mereka.

Mulai dari mendesain produk dan jasa, mengelola usaha, membuat produk yang diminati konsumen, pemasaran produk, membuat produk baru, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui sumber informasi peluang usaha tersebut, maka wirausaha dapat menggali peluang usaha secara positif, kreatif, dan inovatif.

Seperti itulah penjelasan mengenai informasi peluang usaha data primer. Kalian dapat menggunakan teknik ini untuk memperoleh informasi tanpa adanya pihak ketiga.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya