Inilah Fakta di Balik Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Menurut Islam, Primbon, dan Ahli Sains

Masyarakat Indonesia banyak mengenal dan memiliki beragam mitos yang menarik. Mitos yang beredar dikalangan banyak dipercaya oleh masyarakat karena memang mereka senang untuk membaca situasi dengan sesuatu yang terkadang kurang masuk akal. Salah satu mitos yang ada di kalangan masyarakat adalah mengenai makna dari suara ayam berkokok yang terdengar dimalam hari.

Ayam memang terkadang berkokok dimalam hari padahal malam hari adalah waktu ayam untuk tidur. Tentu saja ada hal yang ganjil jika dimalam hari tiba-tiba ramai terdengar banyak suara ayam jantan yang bersahut-sahutan.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa makna dari ayam jantan yang berkokok dimalam hari berdasarkan anggapan dari masyarakat.

Mitos ayam berkokok tengah malam kerap kali dikait-kaitkan dengan berbagai hal mistis atau kejadian yang tak masuk akal disekitar kita. Padahal sebenarnya mitos ayam berkokok tengah malam dapat dijelaskan secara ilmiah dengan ilmu pengetahuan.

Kokok Ayam di Primbon Jawa

Lain lagi dalam budaya Jawa, kokok ayam pada malam hari punya arti yang berbeda-beda tergantung periodenya.

  1. Kalau ayam berkokok di antara bakda maghrib sampai dengan pukul 9 malam, itu merupakan pertanda akan muncul fitnah di kampung tersebut.
  2. Kalau ayam berkokok terjadi antara jam 9 malam sampai menjelang tengah malam (sebelum jam 12), itu merupakan pertanda muncul aib yang memalukan, misalnya ada gadis hamil di luar nikah.
  3. Kalau ayam berkokok terdengar antara jam 12 tengah malam sampai pukul 3 malam, itu merupakan pertanda kesuburan dan kejayaan.
  4. Kalau ayam berkokok terdengar antara jam 3 malam sampai pukul 6 pagi, maka itu merupakan pertanda hadirnya dewa surya (fajar menyingsing).

Kokok Ayam Tengah Malam Menurut Agama Islam

Pernah mendengar kokok ayam jantan pada tengah malam/dini hari? Dalam Islam, hal itu pertanda baik karena malaikat sedang lewat. Kita dianjurkan untuk berdoa yang baik-baik saat mendengarnya.

Bila itu dilakukan, malaikat diharapkan akan turut mengaminkan dan menjadi saksi atas kita. Ayam adalah salah satu hewan yang istimewa dalam Islam.

Al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan,

“Janganlah kalian mencela ayam jantan. Sesungguhnya dia membangunkan untuk shalat.”, (HR Abu Dawud).

وللديك خصيصة ليست لغيره من معرفة الوقت الليلي فإنه يقسط أصواته فيها تقسيطا لا يكاد يتفاوت ويوالي صياحه قبل الفجر وبعده لا يكاد يخطئ سواء أطال الليل أم قصر ومن ثم أفتى بعض الشافعية باعتماد الديك المجرب في الوقت

Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perubahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan.

Dia berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah meleset. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian syafiiyah memfatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti, dalam menentukan waktu (Fathul Bari, 6/353).

Kokok Ayam Menurut Ahli Sains

Ayam berkokok di tengah malam dapat dibuktikan secara ilmiah dengan ilmu pengetahuan karena memiliki kaitan erat dengan ramalan cuaca di esok hari.

Dilansir dari Grid.ID, ayam berkokok di malam hari karena di pengaruhi hormon yang bekerja dalam tubuhnya. Hormon tersebut adalah hormon reproduksi bernama mon kadi. Kelenjar hormon mon kadi terletak persis di belakang mata dalam rongga kepala.

Hormon reproduksi ini berfungsi sebagai pemicu yang membuat ayam jago mempersiapkan tubuhnya untuk musim kawin dan membuat si ayam menjadi lebih agresif.

Menariknya, hormon mon kadi ini sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Kelenjar hormon jadi sangat peka terhadap perubahan cuaca. Jika kelenjar mon kadi merasakan ada perubahan cuaca dari dingin ke hangat, maka birahi sang ayam akan bangkit dan berkokok sebagai repon alami.

Itu sebabnya ilmuwan mengatakan bila ayam berkokok pada tengah malam, maka itu menandakan keesokan hari cuaca akan cerah. Itulah sebabnya, semakin siang sang jago berkeruyuk semakin bakal buruklah cuaca esok harinya.

Bagaimana jika ayam berkokok siang hari, padahal sedang hujan lebat? Ini pertanda, beberapa menit lagi hujan berhenti dan udara akan panas. Dan Anda tidak perlu membatalkan rencana bepergian.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi