Instagram Hadirkan Instagram Music di Indonesia, Ini Cara Menggunakannya!

0

Kabar baik buat kamu yang menanti hadirnya Instagram Music tersedia di Indonesia. Instagram resmi hadirkan Instagram Music di Indonesia.

Kabar baik buat kamu yang menanti hadirnya Instagram Music tersedia di Indonesia, sebab per tanggal 23 Juni 2021 ini, Instagram resmi hadirkan Instagram Music di Indonesia. Instagram Music sendiri adalah fitur yang dikeluarkan Instagram, dimana kamu bisa menampilkan potongan musik dari suatu lagu di dalam Instagram Story (Instastory) kita. Misalnya ketika kamu sedih, kamu membuat Instastory untuk mengungkapkan perasaan sedih kamu, untuk semakin menambah suasana, kamu bisa tambahkan potongan musik dari lagu sedih kesukaan kamu.

Sebenarnya fitur Instagram Music ini sudah dihadirkan Instagram sejak tahun 2018 lalu, namun hanya beberapa Negara saja yang bisa mengakses fitur tersebut, seperti Negara Amerika Serikat dan Inggris. Instagram pun berjanji akan membuat Instagram Music ini hadir di seluruh dunia agar semua pengguna bisa menikmati fitur ini. Dan akhirnya pun Instagram menepati janjinya, dengan hadirnya Instagram Music di Indonesia.

Sebelumnya masyarakat Indonesia jika ingin mengakses dan menikmati Instagram Music harus memakai Virtual Private Network (VPN) dari server Negara yang tersedia fitur ini. Namun, jika menggunakan VPN, dikhawatirkan data-data kamu bisa dicuri dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

ads by posciety

Ataupun jika tidak ingin menggunakan VPN, mereka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menambahkan musik di Instastory, aplikasi itu dinamakan Storybeat. Namun jika menggunakan Storybeat secara gratis, akan ada watermark di dalamnya sehingga bisa mengganggu tampilan Instastory, jika ingin watermark tersebut dihilangkan harus berlangganan Storybeat pro. 

Hal ini tentu sangat merugikan, sebab untuk fitur resmi dari Instagram sendiri, yaitu Instagram Music ini gratis digunakan oleh seluruh pengguna Instagram dan pastinya tanpa watermark. Masyarakat Indonesia pun terus memaksa dan meminta Instagram untuk menghadirkan fitur Instagram Music di Indonesia, dan akhirnya pun Instagram menjawab permintaan masyarakat Indonesia itu.

Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu Negara yang sering mendengarkan musik. Dilansir dari Bisnis.com, nilai pasar musik streaming di Indonesia diperkirakan tembus hingga US$148 juta atau sekitar Rp2,1 triliun pada tahun 2020. Proyeksi tersebut menempatkan Indonesia sebagai nilai pasar musik streaming terbesar ke-18 di seluruh dunia. Selain itu, di tahun 2020 pula, dilansir Detik.com, Indonesia menjadi Negara ke-2 terbanyak yang memutar lagu K-POP.

Selain terkenal sebagai salah satu Negara yang sering mendengarkan musik, musisi asal Indonesia juga sudah banyak yang terkenal secara global, seperti Rich Brian, Agnez Mo, Anggun C. Sasmi, Stephanie Poetri, NIKI Zefanya, dan masih banyak lagi. Hal-hal inilah yang tidak mengherankan jika masyarakat Indonesia terus meminta Instagram Music hadir di Indonesia, sebab memang fitur ini cocok dengan masyarakat Indonesia yang gemar mendengarkan musik.

Untuk masalah hak cipta lagu, kamu tidak perlu khawatir akan terkena hak cipta jika menggunakan fitur Instagram Music ini, sebab semua lagu yang tersedia di Instagram Music telah berlisensi dan memiliki hak cipta. Hal ini tentunya membuat perasaan nyaman bagi pengguna fitur ini.

Untuk cara menggunakan fitur Instagram Music ini sendiri sangat mudah, kamu cukup membuat Instastory seperti biasa, lalu dibagian pengeditan kamu bisa memilih fitur Music, lalu kamu bisa cari lagu yang ingin kamu masukkan, edit potongan lagunya dan kamu bisa juga menambahkan lirik dari lagu tersebut, dan langkah terakhir adalah upload Instastory tersebut.

Bagi kamu yang merasa kebingungan, berikut kami berikan langkah-langkah mudah menggunakan fitur Instagram Music ini, diantaranya adalah:

1. Pastikan aplikasi Instagram kamu sudah terupdate ke versi yang paling baru, jika sudah silahkan buka Instagram kamu

2. Lalu masuk ke menu Instastory, dengan menekan ikon foto profil kamu diatas

3. Lalu silahkan buat video Instastory atau pilih dari galeri

4. Lalu ketika sudah masuk bagian pengeditan, silahkan gulir ke atas, lalu pilih Musik

5. Tersedia berbagai lagu, jika ingin mencari lagu silahkan ketik judul lagu atau nama penyanyi di kolom Cari musik. Jika sudah pilih lagu tersebut dengan menekan judul lagu tersebut

6. Lalu kamu akan masuk ke bagian pengeditan lagu, durasi potongan musik yang ditampilkan maksimal 15 detik dan mengikuti panjangnya durasi Instastory yang kamu buat. Kamu bisa geser bagian kotak tersebut untuk memilih bagian mana yang ingin dimasukkan. Kamu juga bisa memilih untuk menampilkan lirik atau tidak serta gaya dari lirik yang ditampilkan dengan  menggeser ikon tulisan Aa. Jika sudah pilih ikon Centang untuk selesai

7. Jika masih ingin di edit, silahkan di edit, namun jika dirasa sudah cukup, silahkan pilih Cerita anda yang berada di pojok kiri bawah

8. Lalu silahkan tunggu hingga proses upload selesai. Dan kamu akan melihat Instastory kamu kini sudah ada musiknya.

Nah, itulah cara menambahkan musik di Instastory yang kini sudah resmi ada di Indonesia. Jika kamu masih belum tahu cara menambahkannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah diatas, selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya