Mari Menjaga Kadar Kolesterol, Berikut Ini 7 Dampak Buruk Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol atau dalam bahasa Inggris adalah waxy steroid, ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah yang ada dalam tubuh. Steroid yaitu lipid yang mempunyai struktur kimia yang khusus, struktur ini terdiri dari 4 cincin atom karbon.

Kadar kolesterol tinggi dapat memicu munculnya berbagai penyakit, faktor utama yang menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi yaitu pola makan yang tidak sehat. Namun tidak semua kolesterol yang termasuk kedalam kategori LDL yang berakibat buruk, jenis kolesterol juga termasuk kedalam kategori HDL yang merupakan pelarut kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih dapat ditoleransi, jumlah kadar kolestero 200 sampai 239 mg/dL sudah termasuk pada ambang batas yang tinggi. Jika jumlahnya mencapai melebihi 240 mg/dL ternasuk ke tingkat kolesterol tinggi. Untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal, maka hindarilah makanan yang mengandung lemak trans fat.

Terdapat dua jenis lemak trans fat yang ditemukan pada makanan, yaitu trans fat alami dan trans fat buatan. Trans fat alami dihasilkan dalam usus beberapa hewan dan makanan yang dihasilkan dari hewan-hewan tersebut seperti susu dan daging yang mengandung sedikit jumlah lemak trans. Sedangkan trans fat buatan (asam lemak trans) dihasilkan dari proses industri yang menambahkan hidrogen pada cairan minyak sayur untuk membuatnya lebih padat.

Makanan Yang Mengandung Trans Fat

Makanan yang mengandung trans fat yang dari pabrik dapat ditemukan dalam berbagau produk, yaitu :

Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang kebanyakan kue, seperti kue kering, kue pai, dan biskuit mengandung shortening. Biasanya terbuat dari minyak sayur yang terhidrogenisasi secara parsial.

Gorengan 

Makanan yang memerlukan teknik deep frying seperti donat, ayam goreng, atau kentang goreng. Hal ini ngengakibatkan terkandungnya lemak trans.

Krimer dan margarin

Krimer dan margarin mengandung minyak sayur yang terhidrogenasi secara parsial.

Camilan

Camilan umumnya mengandung lemak trans.

Dampak Buruk Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Terdapat berbagai dampak buruk yang diakubatkan jika kadar kolesterol tinggi, yaitu :

  • Penyakit jantung koroner
  • Serangan jantung
  • Ateroklerosis
  • Mempengaruhi sistem saraf
  • Gangguan sistem pencernaan
  • Menyebabkan nyeri pada dada
  • Meningkatkan risiko stroke

Jaga kadar kolesterol Anda dengan cara memperhatikan pola makan Anda, seimbangi asupan nutrisi pada tubuh Anda agar kadar kolesterol pada tubuh Anda dapat terjaga seperti mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan makan sehat lainnya.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi