Wabah virus Corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, berdampak bagi keberlangsungan aktivitas warga. Semenjak virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 resmi dinyatakan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO), masyarakat mulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Pemerintah bahkan telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat dan perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Kebijakan WFH sendiri ditujukan untuk mengurangi tingkat penyebaran virus Corona. Virus Corona yang mulai terdengar sejak awal tahun 2020 telah memakan korban hingga puluhan ribu nyawa. Penyebarannya yang cepat menyebabkan kekhawatiran di kalangan masyarakat karena virus dapat menular jika terdapat kontak fisik antara mereka yang sakit dengan yang tidak. Maka dari itu, pemerintah mengambil tindakan preventif untuk membatasi pergerakan virus Corona ini.

Semenjak kebijakan social distancing atau pembatasan aktivitas sosial dilakukan, terdapat beberapa perubahan suasana yang signifikan khusunya di Jakarta. Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta biasanya sesak dengan jumlah orang dan kendaraan yang melimpah. Namun beberapa hal mulai menunjukkan perubahan, diantaranya: