Jangan Kaget, Google Akan Menarik Pajak Bagi Kreator YouTube di Luar Amerika Serikat

0

Baru-baru ini Google melalui YouTube memberikan informasi yang penting bagi para kreator-kreator YouTube di seluruh dunia. Informasi itu adalah para kreator YouTube di seluruh dunia diwajibkan untuk melaporkan informasi pajak mereka ke Google AdSense.

Google akan mulai memotong ataupun memungut pajak Amerika Serikat (AS) atas penghasilan yang para kreator peroleh dari penonton di AS paling cepat Juni 2021. Maka dari itu, Google memberikan batas waktu bagi para kreator untuk melaporkan informasi pajaknya hingga 31 Mei 2021.

Kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP) di wajibkan untuk melaporkan informasi pajak mereka ke Google. Jika potongan pajak berlaku, Google akan memotong atau memungut pajak atas penghasilan YouTube yang diperoleh para kreator dari penonton di AS melalui tampilan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel.

ads by posciety

Adapun alasan mengapa Google memotong ataupun menarik pajak AS adalah adanya dasar hukum yang mengatur bahwa Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak para kreator yang tergabung kedalam YPP. Dasar hukum tersebut tercantum dalam Pasal 3 Hukum Pendapatan Dalam Negeri Amerika Serikat (U.S. Internal Revenue Code), Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak, memotong atapun memungut pajak, dan melapor ke Internal Revenue Service (IRS) atau otoritas pajak AS, apabila kreator YPP di YouTube menghasilkan pendapatan royalti yang diperoleh dari penonton di AS.

Persyaratan Pemotongan atau Pemungutan Pajak

Persyaratan pemotongan ataupun pemungutan pajak ini berbeda-beda tergantung Negara, kelayakan untuk mengklaim manfaat perjanjian pajak, dan keperluan kreator tersebut menggunakan YouTube apakah untuk individu atau bisnis.

Untuk Negera, bagi kreator di luar AS, jika kreator telah mengirimkan informasi pajak AS. Maka akan diberlakukan tarif potong atau pungut pajak berkisar 0-30% atas penghasilan yang diperoleh dari penonton di AS. Adapun para kreator di luar AS bisa mengklaim manfaat perjanjian pajak yang dilihat dari ada atau tidaknya perjanjian pajak antara Negara tempat tinggal kreator dengan Negara Amerika Serikat.

Sedangkan bagi kreator AS sendiri, Google tidak akan memotong ataupun memungut pajak atas penghasilan mereka jika mereka telah melaporkan informasi pajak yang valid.

Sedangkan untuk keperluannya sendiri, bagi kreator individu, tarif potong atau pungut pajak alternatif akan berlaku dan besarnya adalah 24% dari total penghasilan yang diperoleh dari seluruh dunia.

Sedangakan untuk keperluan bisnis, jika kreator bisnis tersebut berasal dari luar AS, tarif pajak standarnya adalah 30% dari penghasilan yang diperoleh dari penonton AS. Sedangkan bagi kreator bisnis dari AS, tarif pajaknya adalah 24% dari penghasilan yang diperoleh dari seluruh dunia.

Cara Melaporkan Informasi Pajak

Semua kreator yang mendapatkan penghasilan di YouTube di seluruh dunia wajib melaporkan informasi pajak. Jika tidak melaporkan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google secara otomatis akan memotong total penghasilan para kreator dari seluruh dunia hingga sebesar 24%. 

Jika kamu seorang kreator di YouTube, dan kamu bingung bagaimana cara melaporkan informasi pajak kamu, tenang berikut kami berikan langkah-langkahnya,

1. Login ke akun Google AdSense kamu

2. Klik Pembayaran

3. Klik Kelola Setelan

4. Selanjutnya scroll ke “Profil Pembayaran” dan klik “tanda edit” (ikon pensil) di samping “info pajak Amerika Serikat”

5. Lalu klik Kelola Informasi Pajak

6. Pada halaman ini, kamu akan menemukan panduan yang akan membantu kamu memilih formulir yang sesuai dengan status ataupun situasi pajak kamu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya