6 Kebiasaan Buruk Ini Jika Dilakukan Terlalu Sering Akan Mendatangkan Penyakit, Salah Satunya Memasukkan Jari ke Telinga

Fakta mengatakan bahwa sesuatu yang dilakukan atau dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan kita. Berikut ini adalah 5 hal yang harus kalian kurangi dalam keseharian kalian untuk mencapai kesehatan yang optimal.

1. Terlalu Sering Minum Kopi

gambar 1 - dampak terlalu sering meminum kopi
img: Thomas Ulrich – Pixabay

Memang nikmat sebangun pagi, mengawali aktifitas dengan secangkir kopi kafein hangat. Namun, ternyata terlalu sering minum kopi juga bisa menyebabkan Osteoporosis lho, khususnya sebangun tidur. Mengapa? Karena kandungan kafein yang ada pada kopi dapat berkontribusi langsung pada kehilangan kepadatan tulang dengan cara meningkatkan ekskreksi pada kalsium urin dan menurunkan efisiensi penyerapan kalsium pada usus.

2. Mengkonsumsi Telur Secara Berlebih

gambar 2 - efek samping terlalu sering makan telur
img: Couleur – Pixabay

Agar tubuhmu terhindar dari timbulnya bisul, maka kamu harus memperhatikan asupan makananmu sehari-hari. Makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi disinyalir dapat menjadi salah satu penyebab bisul. Beberapa makanan yang menjadi penyebab munculnya bisul apabila dikonsumsi secara berlebihan antara lain, telur, daging merah, dan susu.

3. Keseringan Menggaruk Telinga dengan Kuku Jari

gambar 3 - akibat korek kuping dengan jari terlalu dalam
img: Ulrike Mai – Pixabay

Bukannya tambah bersih, mengorek telinga tanpa menggunakan cotton bud atau alat semestinya, dapat menyebabkan peradangan, infeksi gendang telinga dan risiko lecet. Bahkan bisa menurunkan daya pendengaranmu. Hal ini tentu nggak akan terelakkan apalagi jika mengorek sampai terlalu dalam saat kuping gatal, refleks pertama yang sering dilakukan adalah menggaruk dan mengorek telinga memakai kukumu yang panjang, karena kotoran telinga yang memang cukup menganggu pendengaran. Nggak sadar, kebiasaan ini malah bisa membahayakan telingamu sendiri.

4. Konsumsi Gula Berlebihan

gambar 4 - akibat terlalu banyak konsumsi gula manis
img: by Sarah Pflug – Burst

Makanan manis memang banyak digemari oleh setiap orang, tapi kalo kebanyakan justru bisa membuat otak kamu lambat respon lho. Dengan konsumsi makanan dengan kadar gula yang cukup tinggi, kinerja otak kita akan cepat menurun. Hal ini disebabkan terganggunya penyerapan zat-zat penting untuk tubuh dan otak, sehingga nutrisi buat otak tidak tercukupi.

Lebih jelasnya lagi, menurut ilmu kedokteran akibat konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan dan membahayakan struktur serta fungsi otak. Kondisi ini bisa membuat bagian otak yang terdapat di area hipokampus menjadi mengecil. Kamu perlu tahu bahwa area hipokampus ini berguna sebagai memori otak untuk mengingat kejadian yang dialami.

Jadi, intinya dari pada jadi lemot mending konsumsi gula secukupnya saja guys!

5. Keseringan Menggunakan Smartphone

gambar 5 - dampak keseringan main hp
img: by Matthew Henry from Burst

Sudah lazim bahwa Smartphone dijadikan suatu kebutuhan di jaman sekarang yang sering tidak lepas penggunaannya dalam keseharian manusia, entah untuk komunikasi, pekerjaan, atau hiburan semata. Namun ternyata terdapat fakta bahwa menggunakan smartphone secara berlebih dapat mempengaruhi kesehatan. Contoh sederhana, biasanya kamu menggunakan earset / headphone untuk mendengarkan musik atau menelepon seseorang. Jika dilakukan terlalu lama, itu dapat merusak telinga. Terlebih jika volumenya terlalu keras / tinggi, bukan tidak mungkin akan merusak gendang telingamu. Terdapat banyak bakteri yang berdiam di smartphone lho. Karena itulah bisa dikatakan memegang smartphone sendiri membawa banyak penyakit.

Mengurangi waktu menggunakan smartphone dapat mengurangi risiko kamu terkena penyakit. Dikatakan pula ada kemungkinan bakteri yang ada di smartphone bisa lebih banyak ketimbang bakteri di toilet. Belum lagi smartphone dapat merusak mata, keseimbangan sosial, dan hal lainnya. Gunakanlah smartphone secara sehat dan bijak ya guys.

6. Konsumsi Minuman Beralkohol

gambar 6 - dampak buruk konsumsi alkohol
img: Dirk Wohlrabe – Pixabay

Minum-minuman beralkohol berbahaya bagi tubuh karena dapat meningkatkan hormon kortisol yang bisa menurunkan kepadatan tulang dan juga dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan estrogen yang nantinya bisa melemahkan tulang.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan ekskreksi magnesium yang nantinya dapat menurunkan kesehatan tulang.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi