Jenis-Jenis File Microsoft Excel Serta Fungsinya yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau yang biasa disingkat Ms Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System ya guys. Dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini Excel merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

Sejarah Microsoft Excel

Dilansir dari laman WikiPedia, pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tetapi tidak dalam sistem MS-DOS, mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3.

Hal itu membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better, “melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”.

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar untuk program spreadsheet Windows nya, dan pada tahun tersebut Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS.

Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang handal.

Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Dengan menggunakan seluruh kemampuannya, Microsoft rata-rata merilis versi Excel baru setiap 2 tahun sekali.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.

Meskipun demikian, dalam praktiknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi.

Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan).

Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Excel menawarkan banyak keunggulan antar-muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tetapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali) : Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel.

Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (dimana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Fungsi Microsoft Excel

Jika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari anda berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu mempermudah kehidupan Anda.

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  • Dan lain sebagainya.

Jenis File Microsoft Excel dan Masing-Masing Fungsinya

Ketika hendak menyimpan file Excel, kita sering dihadapkan dengan ekstensi atau jenis file Excel yang akan kita gunakan. Ada beberapa tipe file excel yang dapat kita pakai sesuai dengan fungsinya diantaranya: xls, xlsx, xlsm, xlsb, xlmt, dsb.

Secara default, lembar kerja yang kita buat pada excel versi 2007 keatas akan disimpan menggunakan xlsx berbeda dengan versi 2003 kebawah. pada versi 2007 keatas akan disimpan dalam format XML dengan ekstensi yang tambahan huruf “x” atau “m”. Huruf “x” ini berarti file XML yang tidak memiliki makro, dan “m” berarti file XML yang mengandung macro. Dikutip dari laman LatihanExcel.Com, berikut ini adalah jenis jenis file Microsoft Excel beserta fungsinya:

  • xls : file workbook Excel untuk versi 5.0/95,1997 sampai dengan versi 2003.
  • xlsx : file workbook pada Excel 2007,2010,dan 2013.
    Catatan : File ini tidak dapat menyimpan perintah macro.
  • xlsb : file workbook dalam bentuk binary pada Excel versi 2007 sampai dengan 2016
  • xlsm : file workbook dengan macro pada Excel versi 2007 sampai dengan 2016.
  • xlt : file template pada Excel versi 1997 – 2003.
  • xltx : file template pada (tanpa macro).
  • xltm : file template pada Excel (dengan macro).
  • xla : adalah file plugin yang dibuat dengan VBA,terdapat pada Excel versi 2003,2007,2010,dan 2013.
  • xlam : workbook dengan tambahan add-in macro pada Excel versi 2007,2010,dan 2013.
  • xml : file berformat XML (Extensible Markup Language).

Apa Keunggulan Menggunakan Format Open XML?

Pada umumnya file Microsoft Office ekstensi file berakhiran “x”. ini dikarenakan setiap file Office mengandung XML. Apa sih keunggulanya dengan versi terdahulu?

  1. File Menjadi ringkas.
    silakan coba anda bandingkan format excel xls dengan xlsx, ukuran file xlsx lebih kecil 75 persen. ini di karenakan format xml mendukung kompresi zip yang baik untuk file office.
  2. File tidak cepat corrupt atau rusak.
    Seringkali kita menemukan file kerja kita yang rusak oleh virus, dengan open xml file office kita akan menyimpan setiap modul.
  3. Integrasi dan interoperabilitas data yang lebih baik.
    fitur ini memberikan kemudahan kita untuk terintegrasi dengan web.
  4. Memudahkan penyimpanan dan menjalankan file makro
    File macro pada versi office 2007 keatas berakhiran “m” yaitu XLSM. pada versi 2003 kebawah akan digabung dalam satu file yaitu XLS.
SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi