5 Jenis Makanan yang Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung

0

Jantung sebagai organ tubuh bagian dalam yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sebagai alat transportasi dalam tubuh, darah bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh, sekaligus mengangkut zat-zat sisa. Jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular untuk memastikan kelangsungan hidup manusia. Normalnya jantung yang sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat. Jantung yang berdetak secara terus menerus dalam memompa darah, mampu mengalirkan lebih dari 14.000 liter darah per hari. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan jantung terutama dalam memilih asupan gizi.

Secara tidak sengaja, mungkin saja berbagai makanan yang kita konsumsi berdampak buruk pada kesehatan jantung kita. Agar terhindar dari dampak buruk yang dapat merugikan kita dari risiko penyakit jantung. Ada baiknya kita mengenal berbagai jenis makanan mungkin yang berdampak buruk pada kesehatan jantung kita  setidaknya agar bisa konsumsinya dikurangi.

Daging Merah

ads by posciety

img: Pixabay

Kebiasaan buruk yang pertama yang sering kali membuat kita lupa diri adalah mengkonsumsi daging merah seperti sapi, domba dan babi terlalu sering. Meski rasanya lezat ini ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan menimbulkan gejala diabetes.

Daging merah mengandung lemak jenus tinggi yang dapat meningkatkan kolestrol. Ada baiknya mengurangi porsi makan jenis daging ini dan cari alternatif yang lebih sehat dan bebas lemak seperti daging sapi bulat dan sirloin.

Soft Drink

img: Pixabay

Beberapa hari ini jagat dunia sepak bola dihebohkan dengan Gerakan tangan Cristian Ronaldo yang menggeser minuman ternama dari mejanya. Ronaldo dengan santainya mengangkat minuman mineral dan menyarankan agar kita tidak mengkonsumsi minuman soda. Tidak hanya itu, seorang kipper Bernama Eriksen mengalami hal yang tidak menyenangkan di tengah lapangan yang memaksanya harus mendapatkan pertolongan pertama.

Kejadian itu tentu saja membuat banyak orang terkejut dan banyak artikel yang membahasnya. Salah satu artikel menyebutkan bahwa penyakitnya dipicu oleh gagal jantung itu membuatnya harus melakukan operasi implant jantung.

Tidak ingin hal ini terjadi pada diri kita. Sebaiknya kita mengurangi konsumsi minuman bersoda. Ini karena minuman bersoda kalengan mengandung kadar gula tinggi, jauh di atas rekomendasi konsumsi per hari sehingga minuman ini akan kenaikan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Alternatif lainnya adalah mencoba minuman berkarbonasi tanpa pemanis tambahan.

Cake

img: Pixabay

Cookies, cake, dan muffin adalah jenis kudapan yang memiliki banyak penikmatnya. Namun sayangnya jenis kudapan seperti yang disebutkan tersebut memiliki dampak buruk pada kesehatan jantung. Salah satu alsannya adalah kadar gula tambahan dan trigliserida yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung.

Tepung sebagai bahan utamanya juga dapat menyebabkan gula darah meningkat dan dan membuat perut lebih mudah lapar. Akibatnya kita akan terus menaikan jumlah konsumsi tanpa disadari. Hal itulah yang tanpa sadar membuat kita terbuai dan lalai dengan adanya bahaya. Cara untuk mengatasi agar kita tidak mengkonsumsi cake dengan jumlah banyak adalah membuat kue dengan resep sendiri. Agar lebih sehat lagi dapat menggunakan tepung gandung utuh, sugar trim dan minyak nabati sebagai pengganti mentega atau butter.

Fried Chicken

img: Pixabay

Ayam goreng tepung / kentucky / fried chicken adalah salah satu makanan kesukaan Sebagian dari masyarakat modern. Apalagi kini banyak olahan yang beraneka ragam yang menggugah selera. Namun demikian, meski ayam mengandung protein yang baik untuk tubuh, tambahan tepung menjadikannya tidak sehat. Karane lemat dan dan natrium akibat proses memasaknya.

Sebuah penelitian menunjukan hubungan makanan yang digoreng dengan diabetes tipe 2, obesitas, dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

Keripik Kentang

img: Pixabay

Keripik kentang merupakan cemilan yang dikonsumsi secara rutin oleh kaum hawa. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang makin canggih, banyak varian yang bermunculan. Namun secara  ternyata makanan ringan ini mengandung lemak trans, natrium, dan karbohidrat yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Perbandingannya adalah jika kita mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram natrium per hari dapat menyebabkan satu dari 10 kematian akibat kardiovaskular.

Dari beberapa jenis makanan yang disebutkan, jenis makanan apa yang paling kamu konsumsi secara rutin? Mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsinya agar kamu terhindar dari penyakit jantung.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya