Sentence Structure – Sentence Types

Pada struktur kalimat bahasa Inggris ada jenis-jenisnya, jenis kalimat dalam bahasa Inggris atau yang biasa disebut Sentences Types itu ada 4 jenis, yaitu:

  1. Simple Sentences
  2. Compound Sentences
  3. Complex Sentences
  4. Compound-Complex Sentences

Elemen dasar pada setiap kalimat2 diatas itu adalah Subjek dan Predikat. Sekarang kita bahas satu per satu.

  • Simple Sentences
    Yaitu hanya memiliki 1 objek dan 1 predikat. Bagaimana simple sentences dibangun ? Misal: “We Went To West Java Last Week” (lihat gambar).
    Perhatikan kalimat tersebut, hanya ada satu subjek dan satu predikat maka artinya kalimat tersebut merupakan “Simple Sentences“. Lalu bagaimana kalo ada 2 subjek atau predikat tapi susunannya tetap termasuk “Simple Sentences“. Kalo seperti itu, ada yang disebut elemen “Compound” didalamnya (bukan Compound Sentences). Misal: Amel and Febry Sing a Song.
    and” pada kalimat diatas merupakan compound element karena membuat subjek menjadi dua. Kalo sebelumnya kan “We” artinya kita (banyak) tapi dibilang “Simple” karena disingkat tapi pada kalimat ini tidak dipersingkat. Maka ini disebut “Compound Subjek” karena “Compound Element” terdapat pada “Subjek“. Secara keseluruhan, kalimat ini tetap kalimat “Simple Sentences” bukan “Compound Sentences“.
    Begitupun kalo “Compound Element” terdapat di bagian “Predikat” disebutnya “Compound Predicate” Misal: They Sing a Song and Drink.
    Jadi, kalo ada kalimat seperti ini: “Amel and Febry Sing a Song and Drink” ini disebut “Simple Sentences” yang mengandung 2 “Compound element” didalamnya yaitu “Compound Subjek” (Amel and Febry) dan “Compound Predicate” (Sing a Song and Drink).
    Paham ya ? Jangan sampe salah mengartikan, ini bukan “Compound Sentences“.
  • Compound Sentences
    Bahasa kita-kitanya mah “Kalimat Majemuk” tau ya ? Yaitu kalimat yang memiliki lebih dari satu bagian yang dapat berdiri sendiri, biasa disebut “Independent Clauses“. Perhatian! “Independent Clauses” dihubungkan oleh “Coordinating Conjunction” & Conjunctive Adverbs” atau “SemiColon“. Misal: We Went To West Java and We Spent Much Money. (lihat gambar)
    and” pada kalimat diatas merupakan “Coordinating Conjunction“, kenapa begitu ? Karena ia menyatukan 2 “Independent Clauses” menjadi satu kalimat. Nah itulah disebut “Compound Sentences“. Apa aja yang bisa dijadikan “Coordinating Conjunction” ? Yaitu: For, So, And, Yet, Nor, Or & But.
    Biar gak setengah-setengah, sekarang saya tambahin lagi “Compound Sentences” yang menggunakan “Conjunctive Adverbs“. Apa saja yang bisa dijadikan “Conjunctive Adverbs” ? Yaitu: Moreover, However, Otherwise & Therefore.
    Harus diketahui terlebih dahulu, Kalo ada yang bilang “Floating Adverbs” itu artinya sama dengan “Conjunctive Adverbs“. Memang suka ada aja orang yang bilang “Floating Adverbs” dan sebagian ada juga yang bilang “Conjunctive Adverbs“. Mereka berdua tuh sama, hanya penyebutannya aja yang beda. Kenapa bisa disebut “Floating Adverbs” ? Karena penghubung “Independent Clauses” ini bisa diletakkan di awal kalimat, tengah dan bisa juga di akhir.
    Misal di awal kalimat: I’m Handsome, Moreover I’m Smart.
    Katanya diawal, tapi kok ditengah ? Coba perhatikan, posisi “Moreover” itu berada di awal “Independent Clause 2” artinya dia berada diawal. Kalian boleh aja menerapkan diawal betul-betul diawal keduanya sesuai kebutuhan.
    Misal ditengah kalimat: I’m Handsome, I’m Moreover Smart.
    Conjunctive Adverbs“nya (Moreover) berada ditengah-tengah “Independent Clause” kedua, betul ?
    Misal di akhir kalimat: I’m Handsome, I’m Smart Moreover.
    Conjunctive Adverbs“nya berada diakhir “Indpendent Clause” kedua, betul ?
    Secara keseluruhan, arti dari dari kalimat-kalimat diatas bisa dibilang sama. Tergantung gaya bicara kalian aja.
    Selanjutnya, Semi-Colon.
    Yaitu kalimat yang sudah sangat dekat maksud tujuannya pada klausa pertama dan sudah jelas walaupun tanpa penghubung sebelum klausa kedua. Cukup pisahkan dengan tanda Semi-Colon (titik koma). Misal: He has benefited grom his exercise program; he is slim and energetic. (lihat gambar)
    Kata “and” berwarna hitam pada gambar bukan conjunctive melainkan “Independent Clause 2“. Kalimat ini sudah cukup jelas, dekat dan sebetulnya tanpa “Independent Clause 2” sudah cukup jelas. Tapi kalo mau ditambah ya tinggal dipisahkan dengan titik koma seperti yang saya jelaskan. Pada kalimat ini tidak ada conjunction / penghubung antara “Indpendent Clause 1” dan “Indpendent Clause 2” seperti contoh-contoh sebelumnya.
  • Complex Sentences
    Yaitu kalimat yang terdiri dari 2 bagian, salah satunya merupakan “Independent Clause” dan yang satunya lagi bukan (tidak bisa berdiri sendiri). Bagian yang tidak dapat berdiri sendirinya itu dikaitkan kedalam kalimat menggunakan “Subordinating Conjunction“. Misal: When I Miss My Sister, I Go Home Everyday.
    Kenapa sih dibilang tidak dapat berdiri sendiri ? Karena bagian tersebut tidak memiliki arti ketika kita hapus bagian lainnya. Misal: When I Miss My Sister.
    Artinya kan Ketika Saya Merindukan Saudariku, betul ? Ya terus apa dan kenapa Ketika kalian rindu saudara perempuan ? Nah, ini yang dibilang tidak bisa berdiri sendiri karena artinya tidak jelas alias kalimat tidak lengkap. Maka bagian yang tidak dapat berdiri sendiri disini disebut “Subordinating Conjunction” dan apabila ketemu dengan kalimat yang dapat berdiri sendiri lainnya seperti contoh barusan maka kalimat ini keseluruhan disebut “Complex Sentences“.
    Lalu, apa aja yang bisa digunakan sebagai “Subordinating Conjunction” ? Sebetulnya apa aja bisa / boleh yang jelas mengandung 2 bagian yang terdiri dari bagian yang dapat berdiri sendiri dan tidak dapat berdiri sendiri. Biasanya yaitu: After, While, Although, Whether, As, Where, Because, When, Before, Until, How, Till, If, Though, Once, That, Since & Than.
  • Compound-Complex Sentences
    Yaitu Kalimat yang mengandung lebih dari 1 bagian yang dapat berdiri sendiri dan mengandung sedikitnya 1 bagian yang tidak dapat berdiri sendiri. Misal: When I Miss My Sister, I Go Home Everyday and We Talk Happily.
    Terbukti ada 2 bagian yang dapat berdiri sendiri dan 1 bagian yang tidak dapat berdiri sendiri. Tapi jangan lupa ya, Subjek & Predikat harus ada. Kalo bagian yang dapat berdiri sendirinya berdekatan, kita boleh juga menggabungkannya menggunakan “Coordinating Conjunction” seperti “and” pada gambar diatas.

Itulah Struktur & Jenis kalimat bahasa Inggris, jika ada pertanyaan mengenai hal ini silahkan tinggalkan komentar dibawah.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi