Kenapa SubScriber Channel YouTube Saya Berkurang ? Apakah Berpengaruh Terhadap Penghasilan ?

Banyak yang bertanya-tanya dan terheran-heran kenapa jumlah subscriber channel YouTube yang kamu miliki berkurang, ada yang berkurang sedikit ada juga yang berkurangnya drastis hingga ribuan. Kalo kamu peduli dengan pemberitahuan yang diberikan oleh YouTube melalui dasbor channel, kamu pasti melihat pemberitahuan mengenai pengurangan jumlah subscriber ini pada bulan Desember lalu.

Kapan penurunan subscriber ini terjadi ? Seperti yang diberitakan oleh YouTube dan Google, pengurangan jumlah subscriber ini dilakukan pada tanggal 13-14 Desember 2018. Mungkin beberapa channel yang terkena pengurangan jumlah subscriber baru tersadar ketika beberapa hari atau beberapa minggu ke depan.

Kenapa hal ini dilakukan ? YouTube ingin memberikan yang terbaik bagi setiap penggunanya termasuk pemiliki channel, YouTube tidak semata menghapus jumlah subscriber tanpa alasan. Jumlah subscriber yang dihapus adalah akun-akun atau channel yang dianggap SPAM. Jika kamu terkena dampak ini, kamu akan melihat pemberitahuan lebih lanjut di dasbor.

Melalui halaman mana saja YouTube melakukan scanning SPAM ? YouTube melakukan penyegaran ini melalui Halaman Tonton Video, Halaman Channel, Pengalih Akun, Situs dan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API Data YouTube. Melalui halaman-halaman inilah YouTube melakukan scanning, kamu dapat melihat hasil akhir jumlah subscriber di dasbor. Disarankan untuk melihatnya di YouTube Creator Studio (baru) dan aplikasi mobile karena penghitungannya dilakukan secara real-time. Jika melihat di dasbor klasik mungkin akan sedikit tertunda.

Subscriber YouTube Bisa Didapatkan dengan Cara Buatan

Sudah bukan rahasia lagi, banyak channel YouTube yang dikembangkan dengan cara yang kurang sehat seperti membeli subscriber, sub4sub di situs pihak ketiga yang mengizinkan channel kamu berlangganan ke channel lain dan sebaliknya. Inilah yang sedang difokuskan oleh YouTube agar platform nonton video terbesar di dunia ini bisa berkembang dengan baik dan setiap penggunanya dapat bersaing dengan cara sehat.

Apakah ini menyebabkan penutupan akun ? Seperti yang dijelaskan oleh YouTube, ini bisa saja memaksa sebuah akun / channel ditutup secara paksa atau YouTube akan memintanya untuk menghapus akun / channel tersebut oleh sendirinya karena telah melakukan pelanggaran kebijakan. Jika diketahui akun / channel tersebut sebagai SPAM, sudah pasti ditutup paksa oleh YouTube. Ini dilakukan secara berkala oleh YouTube, jadi berhati-hatilah !

Saya sudah melebihi 1000 subsciber, kemudian dihapus sehingga menjadi kurang dari 1000. Apa yang terjadi ? Untuk mendapatkan pembayaran di YouTube harus memenuhi syarat, salah satunya adalah mencapai lebih dari 1000 subscriber dan jumlah tontonan yang bagus. Dalam kasus ini, jika jumlah subscriber berubah menurun hingga kurang dari 1000 maka channel bersangkutan tidak lagi layak untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Buatlah konten yang bagus dan sesuai dengan channel, jangan gunakan SPAM lagi !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi