Kebakaran Terjadi di Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu

0

Pada Senin (29/03) dinihari, warga Indramayu dan sekitarnya dikejutkan oleh sebuah ledakan besar, bukan berasal dari bom yang meledak, melainkan kilang minyak milik Pertamina di Balongan Indramayu terbakar dan menyebabkan ledakan besar yang mengaggetkan warga sekitar. Kebakaran diduga akibat tersambar petir saat hujan lebat yang mengguyur wilayah Indramayu.

Pertamina sendiri sudah membenarkan bahwa terjadi kebakaran di kilang minyak milik mereka yang berada di Desa Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Untuk mengevakuasi warga sekitar Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu. Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang dan menjauh dari lokasi kebakaran.

Saat insiden terjadi, ada empat warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga blokade jalan menuju sekitar lokasi kejadian yang dibantu oleh TNI.

ads by posciety

Menurut pengakuan warga sekitar kawasan kilang minyak milik Pertamina tersebut, mereka mencium bau sangat menyengat seperti bahan bakar minyak dan bau itu tidak seperti biasanya sebelum terjadinya kebakaran dan ledakan besar.

Sementara itu, berdasarkan laman Pertamina, Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina. Kegiatan bisnis utama di kilang ini yaitu mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia. Kilang ini mulai beroperasi pada tahun 1994.

Pihak Pertamina memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak (BBM) akan tetap terjaga dan menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Meskipun BBM yang diolah di kilang Balongan merupakan pasokan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, Pertamina memastikan pasokan BBM ke daerah Ibu Kota tersebut akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, pada Senin siang, gumpalan asap masih terlihat di lokasi sekitar kilang minyak milik Pertamina yang berada di desa Balongan Kabupaten Indramayu. Pihak Pertamina pun masih melakukan penanganan di lokasi kejadian dibantu oleh pihak aparat setempat seperti Polisi, TNI, dan Damkar Kabupaten Indramayu. Pertamina juga turut mengerahkan bantuan dari unit Kilang lain yaitu RU IV Cilacap.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya