5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

0

Bulan Ramadhan telah tiba, bulan dimana umat Muslim diseluruh dunia melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa tahun ini masih sama seperti puasa tahun kemarin yakni puasa di masa Pandemi, meskipun di tahun ini seluruh aktivitas sudah mulai dilonggarkan, namun bukan berarti kamu bisa keluar kesana-kesini sambil menunggu waktu berbuka atau yang biasa sering disebut dengan kegiatan “ngabuburit”.

Ada baiknya kamu tetap dirumah jika tidak ada keperluan sambil menunggu waktu buka puasa, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dirumah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Nah berikut kami berikan contoh 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan dirumah sembari menunggu waktu berbuka puasa, diantaranya

1. Membaca Al-Quran

www.pinterest.com/vecteezy/

Bulan Ramadhan ini bagi umat Muslim disebut bulan istimewa, bulan penuh berkah, kenapa begitu? Karena banyak nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT bagi umat-umatnya dibulan ini, salah satunya adalah pahala mereka akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Nah, sayang bukan jika kamu melewatkan bulan penuh berkah ini dengan tidak berbuat sedikit pun yang bisa melipatgandakan pahala kamu.

Maka kamu bisa membaca Al-Quran diwaktu senggang kamu, selain mendapatkan nikmat berupa pahala, kamu juga bisa menghabiskan waktu kamu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

2. Menonton Film

www.filmosphere.com

Kegiatan yang satu ini sangat cocok jika kamu sedang merasa bosan dan merasa waktu berbuka lama sekali, kamu bisa menghabiskan waktu kamu dengan menonton film. Kamu bisa menggunakan beberapa layanan streaming film seperti nonton di Netflix, Amazon Prime Video, dan Disney+ Hotstar. Dengan menonton film yang rata-rata durasinya 1-2 jam, kamu pasti tidak akan merasa bahwa waktu lama sekali bergulir dan tidak terasa sebentar lagi akan berbuka puasa.

3. Berolahraga

www.videvo.net/stock-video-footage/jogging/

Puasa jangan menjadikan alasan bagi kamu untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Olahraga itu sangat penting apalagi saat ini kita masih dalam suasana Pandemi COVID-19. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah,seperti jogging mengelilingi kawasan rumah disore hari, melakukan pemanasan-pemanasan kecil di halaman depan rumah. Dengan begitu selain kamu bisa menghabiskan waktu, dengan berolaharga tubuh kamu menjadi sehat dan antibodi kamu cukup untuk melawan virus COVID-19 masuk ketubuh kamu.

4. Membaca Buku

https://unsplash.com/s/photos/books-reading

Selain membaca Al-Quran, kamu juga bisa menghabiskan waktu kamu dengan membaca buku. Kamu bisa membeli berbagai macam buku seperti novel, komik, buku pengetahuan, dan lain-lain di toko buku terdekat rumah kamu. Atau dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa mencari buku-buku tersebut lewat e-book. Dengan begitu selain kamu bisa menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dari buku yang kamu baca, sesuai dengan istilah buku adalah jendela dunia.

5. Memasak

https://www.foodnavigator-usa.com/Article/2020/04/15/Survey-Cooking-at-home-will-become-the-new-normal-post-pandemic

Kegiatan yang satu ini sangat bisa kamu lakukan jika kamu sedang merasa bosan menunggu waktu berbuka puasa. Kamu bisa memasak masakan baru yang hasilnya bisa kamu santap di waktu berbuka nanti, kamu bisa memasak camilan, makanan besar, bahkan membuat minuman yang segar untuk waktu berbuka nanti.

Tapi kegiatan yang satu ini punya rintangan yang cukup sulit, yaitu kamu tidak boleh mencicipi dan merasakan makanan ataupun minuman yang kamu buat karena sedang berpuasa. Jika kamu suka berkreasi maka memasak menjadi kegiatan yang tepat untuk kamu lakukan jika merasa bosan menunggu waktu berbuka puasa. Kamu dapat melihat resep masakan online untuk memudahkan kamu menyelesaikan masakan.

Nah itulah 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa, semua kegiatan diatas pastinya mempunyai manfaat berbeda-berbeda. Jika kamu bosan menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa banget mencoba salah satu dari 5 kegiatan diatas. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya