Ada 2 Jenis Jaringan LAN yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Kekurangan & Kelebihannya ?

Jaringan LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang biasa digunakan pada ruang lingkup yang kecil, seperti sekolah, suatu gedung (kantor), ataupun antar rumah seperti RT/RW NET, baik menggunakan kabel (UTP) maupun tanpa kabel (Wireless), tergantung keperluan dan keadaan pada saat installasi jaringan LAN tersebut, kalau memungkinkan dan lebih murah menggunakan kabel, saya sarankan untuk menggunakan kabel saja.

Karena jika menggunakan wireless khususnya wireless yang menggunakan frekuensi pada signal 2.4Ghz, jika pada saat instalasi jaringan terdapat banyak signal wifi dilokasi pemasangan, ini akan menggangu koneksi yang router sebarkan, besar kemungkinan akan terjadi interferensi jaringan (tabrakan signal) sehingga menggangu lintasan jaringan yang router kalian gunakan dan menyebabnya lembatnya pengiriman data bahkan cenderung tidak terkirim.

Jaringan LAN mempunyai dua type jaringan yaitu Peer to peer dan Client server :

PEER TO PEER

Type jaringan Peer to peer yaitu jaringan yang pada setiap komputernya bisa berlaku sebagai client maupun server, misal pada suatu gedung ada 10 komputer dengan koneksi LAN dan semua komputernya terinstall aplikasi yang sama dan masing-masing komputer bisa mengakses file atau aplikasi yang tersimpan pada masing-masing komputer tersebut, dan pada semua system komputer tersebut tidak ada privasi untuk install sebuah aplikasi ataupun merubah setingan system pada masing-masing komputer, atau bisa diasumsikan sebagai jaringan yang pada setiap komputernya bisa berdiri sendiri tanpa memerlukan server.

Contoh : RTRW NET

kekurangan :

Security kurang aman bahkan cenderung tidak aman, rentan terkena virus khususnya virus jaringan, data tidak terpusat.

kelebihan :

Bisa memperbaiki sendiri tanpa mengganggu komputerlain Jika ada trouble, tidak memerlukan server (karna semua komputer bisa menjadi server).

CLIENT SERVER

Type jaringan Client server, yaitu type jaringan yang pada sekumpulan komputer harus ada yang berlaku sebagai server, karna pada jaringan tersebut ada yang berperan sebagai client dimana client hanya bisa bekerja jika server memberi akses pada client tersebut. jaringan type client server sangat dianjurkan untuk sebuah kantor atau instansi.

Contoh: WARNET yang mempunyai proteksi dan Billing

Kekurangan : Client tidak bisa bekerja jika ada trouble pada server, memerlukan 1 PC yang Gahar

Kelebihan : Data lebih terpusat, pengerjaan trouble hanya pada 1 komputer (diluar trouble hardware).

Umumnya jaringan LAN juga mempunya 4 type Topologi Jaringan yang biasa dipergunakan

  1. Topologi Jaringan STAR
  2. Topologi Jaringan BUS
  3. Topologi Jaringan RING dan
  4. Topologi Jaringan MESH

“penjelasan 4 tipe Topologi Jaringan ini Saya bahas dipostingan saya berikutnya”

Kegunaannya

Banyak kegunaannya, selain mengoneksikan fungsi utamanya yaitu mengoneksikan satu perangkat komputer ke komputer lain melalui media kabel maupun tanpa kabel hingga kedua komputer tersebut dapat berkomunikasi/tersambung.

Jaringan LAN juga dapat berfungsi untuk mengoneksikan sebuah DVR (Server CCTV), jadi kamu bisa akses CCTV kalian pada PC maupun smartphone kalian karna pada setiap DVR mempunyai fiture IP ADDRESS yang dapat kita gunakan untuk akses melalui PC. “baca juga, cara setting DVR agar bisa diakses pada smartphone”

sebenarnya banyak kegunaan jaringan LAN ini selain yang saya beberkan diatas, diantaranya :

  1. Sharing Data
  2. Sharing Program
  3. Sharing Printer
  4. Kirim Data
  5. Chatting LAN
  6. Akses Komputer (Remote computer)
  7. Menghubungkan PC ke Internet
  8. Installasi Komputer
  9. Akses DVR (Server CCTV)
  10. Menghubungkan Jaringan antar gedung yang jaraknya tidak terlalu jauh (100-200 Meter)

Itulah Penjelasan jaringan LAN dan kegunaannya versi Posciety.com, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam dunia jaringan.

[zombify_post]

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi