Kenali Bantuan Hidup Dasar – RJP

Bantuan hidup dasar adalah usaha untuk memperbaiki atau memelihara jalan napas, pernapasan, dan sirkulasi pada saat kondisi tertentu / kondisi darurat. Bantuan hidup dasar terdiri dari penilaian awal, penguasaan jalan napas, ventilasi pernapasan, dan kompresi dada. Serangan jantung mendadak menjadi penyebab angka kematian yang banyak diluar lingkungan atau di rumah sakit, maka dari itu kita harus mengenal tentang bantuan hidup dasar.

Sedangkan Resusitasi merupakan usaha untuk mengembalikan sistem pernapasan dan memompanya darah kembali ke seluruh tubuh pada seseorang dalam kasus darurat henti napas & jantung atau yang lebih dikenal dengan istilah Resusitasi Jantung Paru (RJP). Resusitasi ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa alat bantuan medis apapun.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Melihat Seseorang Dalam Kondisi Henti Jantung & Napas ?

Saat kita melihat seseorang dalam kondisi henti napas dan jantung adalah melakukan sesuai urutan RJP secara sistematis dan berurutan yaitu :

  • Cek responsif korban dengan cara memanggil/menepuk korban disekitar bahu korban, bila tidak ada respon :
  • Cari bantuan terdekat atau hubungi pelayanan medis kegawat daruratan
  • Pindahkan korban ke wilayah atau area yang nyaman untuk anda dan korban , permukaan yang rata/keras dan terhindar dari banyak orang, area yang aman dimaksudkan untuk anda bila harus melakukan tindakan RJP dan posisikan korban dalam keadaan telentang, stabilkan leher dan tulang belakang si korban supaya jalan napas si korban tidak tertutup
  • Cek nadi karotis , cek pernapasan , dan arahkan pandangan ke dada supaya terlihat kembang kempisnya dada korban
  • Bila tidak ada denyut nadi dan tidak ada napas maka lakukan kompresi dada atau RJP
  • Bila ada denyut dan tidak ada napas, maka lakukan bantuan pernapasan
  • Bila semuanya ada , maka posisikan korban dalam posisi mantap yaitu miringkan korban dan posisikan tangan di sebelah leher dan kaki seperti memeluk guling.

Mengetahui Bantuan Hidup Dasar merupakan hal yang harus diketahui oleh semua masyarakat karna kejadian ini bisa terjadi dan mungkin dialami oleh seseorang nantinya.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi