Apa Itu Viruz Zika ? Berikut Ini Gejala dan Cara Pencegahan Terhadap Virus Zika yang Berbahaya !

Virus Zika adalah virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegpti, nyamuk yang juga dapat menyebabkan demam berdarah dan cikungunya. Virus ini ditemukan pada sekitar tahun 1954 di Nigeria. Muncul dan mewabah hebat di sekitaran Afrika, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik. Dan sekitar tahun 2015 virus ini kembali mewabah sampai ke benua Amerika dan sampai sekarang pun di Indonesia masih siaga untuk mencegah penyakit dari virus zika ini.

Gejala-gejala yang dialami penderita penyakit dari virus zika:

Beberapa kasus orang yang terinfeksi virus zika ini tidak memiliki gejala penyakit sama sekali, tapi ada beberapa gejala umum yang biasanya ditemui pada orang yang terkena infeksi virus zika diantaranya:

  • Nyeri kepala dan pusing
  • Ruam merah dan gatal pada seluruh tubuh
  • Demam
  • Mata merah
  • Nyeri punggung
  • Berat dan nyeri pada mata bagian belakang
  • Nyeri dan pegal pada otot/sendi

Gejala yang ditimbulkan oleh virus zika hampir sama dengan penyakit demam berdarah, tetapi yang membedakannya adalah demam dari gejala virus zika ini tidak terlalu tinggi berkisar maksimal sampai 38 derajat celcius saja. Orang yang terinfeksi virus zika sembuh total atau mengalami perbaikan setelah 7-12 hari setelah terinfeksi. Tapi beberapa kasus virus zika ini memiliki resiko besar terhadap kesehatan yang diketahui bahwa virus zika ini dapat membuat seseorang memiliki gangguan sistem saraf pusat atau sering disebut sindrom Guillane Bare.

Virus zika ini sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil dikarenakan infeksi virus zika ini dapat membuat bayi yang sedang dikandung mengalami microcephaly atau ukuran kepala yang kecil. Microcephaly pada bayi ini dapat memberikan komplikasi seperti, tidak tumbuh dan berkembang dengan baik, kecacatan, keterbelakangan mental dan hiperaktif. Oleh karena itu wanita hamil dianjurkan tidak berpergian ketempat dimana virus itu mewabah dan segera konsultasikan kepada dokter kandungan apabila memiliki gejala infeksi virus zika.

Cara Pencegahan Virus Zika

Satu pencegahan yang paling utama adalah menghindari dari gigitan nyamuk tetapi tidak semudah itu, terkadang manusia lupa dan terlena akan bahayanya penyakit yang disebakan oleh nyamuk. Tips beberapa pencegahan gigitan nyamuk.

  • Memakai baju lengan panjang, celana panjang dan memakai lotion antinyamuk untuk mencegah gigitan oleh nyamuk.
  • Selalu ingat dengan 3M (Mengubur, Menutup, Menguras) tempat yang diindikasi sebagai tempat perkembang biakan nyamuk tersebut.
  • Selalu berpola hidup sehat agar kekebalan sistem tubuh kita kuat dan tahan terhadap penyakit menular.
  • Selalu berjaga-jaga untuk wanita hamil, dianjurkan dalam masa kehamilan tidak berpergian ke daerah yang sedang terjangkit virus zika dan selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan.
  • Melakukan pengawasan jentik nyamuk dirumah.
Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi