Kenapa Domain Saya Diblokir Facebook & Instagram ? Apa Solusinya ?

Emang bikin kesel banget ketika mengetahui domain yang kita miliki di blokir oleh beberapa pihak ketiga misalnya Facebook, semua orang tau ketika membagikan kiriman / postingan ke Facebook akan berpotensi mendapatkan kunjungan lebih banyak. Tapi ketika domain di blokir Facebook, ini bisa membuat jengkel sumpah dah sampe sedikit marah-marah tapi bingung marah sama siapa.

Sudah coba beberapa cara pembagian ke Facebook mulai dari menempelkan URL domain ke kolom postingan sampai menekan tombol share ke Facebook di situs web bersangkutan tapi tetap saja hasilnya sama, menampilkan pemberitahuan bahwa situs web tersebut di blokir Facebook dan tidak diizinkan untuk dibagikan ke Facebook.

Ini sangat menjengkelkan, apa lagi solusi untuk masalah ini masih abu-abu. Sebetulnya saya sudah beberapa kali mengalami masalah ini, tapi tetap saja ketika mengalami hal yang seperti ini lagi suka tiba-tiba emosi sendiri. Mencoba berselancar di Google mencari solusinya tapi masih sukar didapat. Seperti yang kita ketahui, Instagram masih dalam naungan Facebook, artinya ketika mengikuti aturan Facebook sama dengan mengikuti aturan Instagram secara umum. Jadi, kita bahas soal aturan Facebook saja.

Selain membagikan kiriman, akun yang mengandung nama domain tersebut akan mengalami masalah baik di Facebook maupun Instagram (misalnya halaman Facebook dan akun Instagram yang mendangung link domain tersebut selalu error dan tidak dapat di akses seperti biasanya). Buat kamu yang membaca postingan ini, mungkin salah satu dari sekian orang yang beruntung karena saya akan bagikan secara rinci dari pengalaman yang saya dapat tentang masalah ini.

Penyebab Situs Web Diblokir Facebook

Ada banyak sekali penyebab yang memungkinkan nama domain kamu diblokir oleh Facebook, tapi saya rangkum menjadi lebih singkat tapi tetap tidak menghilangkan nilai utamanya. Berikut ini beberapa hal yang dianggap sebagai penyebab kenapa situs web diblokir Facebook dan dilarang untuk dibagikan ke Facebook.

Kiriman yang dibagikan ke Facebook mengandung:

  • Ancaman
  • Organisasi Berbahaya
  • Aktivitas Kriminal
  • Pornografi
  • Kekerasan
  • Ungkapan Kebencian
  • Penipuan
  • SPAM
  • dsb.

Selain itu, setiap domain yang ingin diperbolehkan dibagikan ke Facebook harus mengikuti Standar Komunitas (Community Standards) Facebook sepenuhnya.

Solusi

Sebelum berbicara lebih jauh, silahkan berkaca diri apakah situs web yang dimiliki aman dari daftar pelanggaran diatas ? Jika sudah pasti aman dan kamu rasa ini hanya berupa kesalahan, mari kita cari solusinya.

Debugger Tools

Langkah awal, gak ada salahnya kita mencoba alat debug Facebook untuk mengetahui apakah situs web tersebut ada masalah dengan sistem Facebook. Kunjungi alat debug Facebbok, masukkan URL domain, klik tombol Debug untuk memulai debug.

Jika hasilnya adalah menampilkan rincian dari url domain tersebut, artinya domain ini tidak benar-benar di blokir Facebook tapi ada beberapa kerusakan yang menyebabkan gagal di bagikan ke Facebook. Silahkan perbaiki apa yang perlu diperbaiki sesuai yang ditandai Facebook sebagai masalah, lalu coba lagi untuk membagikan kiriman itu nanti, semoga masalah bisa selesai.

Jika ternyata hasilnya menampilkan “nama domain diblokir dan dilarang di bagikan ke Facebook“, artinya domain tersebut benar-benar diblokir oleh Facebook. Bisa jadi karena kesalahan yang tidak disengaja atau memang situs web tersebut dianggap melanggar aturan Facebook.

Harap periksa kembali apakah situs web yang kamu miliki itu melanggar aturan Facebook seperti yang dijelaskan di atas ? Jika memang melanggar, sepertinya kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus konten-konten yang dilarang dan mulai dengan konten yang diizinkan oleh Facebook.

Tapi jika kamu benar-benar yakin bahwa situs web yang kamu miliki itu tidak melanggar, kamu bisa melapor masalah ini ke Facebook dan mengajukan permohonan untuk melepas larangan / melepas blokir terhadap situs web tersebut.

Catatan: Tidak hanya pelanggaran diatas saja yang bisa menjadi penyebab domain di blokir, ada hal lain yang bisa juga jadi penyebabnya seperti “pindah hosting server, domain berpindah ke registrar baru, dsb.”. Facebook melakukan pemeriksaan terhadap nama domain melalui status hosting server, biasanya domain yang di host ke hosting server “gratis” / hosting server berbahaya dan dianggap SPAM akan diblokir juga.

Selain masalah-masalah yang disebutkan diatas, pemblokiran / pelarangan nama domain tersebut bisa saja terjadi karena ada beberapa user lain yang melaporkan beberapa kiriman terkait domain tersebut dan laporannya di setujui oleh Facebook.

Laporkan & Ajukan Permohonan

Langkah terakhir, lakukan dengan hati-hati dan sedikit kesabaran karena Facebook tidak secara individu. Silahkan klik disini untuk mengunjungi halaman pengaduan Facebook, isi semua formulir dengan benar. Setelah semua terisi, klik tombol Kirim untuk mengirimnya. Silahkan tunggu beberapa hari, jika Facebook menganggap situs web tersebut bukan situs web yang melanggar maka akan segera di buka blokirnya.

Jika setelah seminggu ternyata domain masih diblokir dan tidak ada tanggapan dari laporan sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mengirim ulang. Atau bisa coba formulir ini, laporkan masalah dan minta Facebook untuk tidak memblokir. Lakukan terus sampai domain berhasil di unblock.

Jika masalah ini berangsur-angsur tidak selesai (domain masih diblokir), kemungkinan besar domain tersebut dianggap melanggar peraturan Facebook.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Komentar ditutup.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi