Kenapa Ibu Hamil Lebih Baik Tidur Miring ke Kiri?

Sebagaimana diketahui bahwa tidur miring ke kanan adalah sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, itu karena posisi berbaring ke kanan merupakan posisi yang paling baik yang memudahkan bangun sholat malam dan baik untuk organ tubuh yaitu jantung karena akan mengurangi tekanan pada jantung yang lebih berada dibagian kiri tubuh.

Lalu bagaimana dengan ibu hamil? Sedangkan teori kedokteran menyebutkan bahwa hendaknya ibu hamil dengan kehamilan besar tidur dengan miring ke kiri. Perlukah miring ke kiri?

Ibu hamil dengan usia kandungan yang semakin mendekati proses persalinan tentu tidak boleh sembarangan dalam melakukan beberapa hal termasuk tidur mengingat kondisi perutnya yang semakin membesar. Kesalahan dalam tidur dapat menyebabkan masalah pada ibu hamil dan bisa jadi memuncukan gangguan pada kondisi kehamilannya.

Ibu hamil lebih sering memang disarankan untuk melakukan posisi tidur dengan miring ke kiri oleh beberapa dokter kandungan sebagai posisi yang paling baik dan minim dengan resiko. Kenapa harus ke kiri?

Tidur miring ke kiri sebagai salah satu posisi yang banyak dianjurkan oleh dokter bukan hanya untuk memastikan tidak ada tekanan pada bayi namun juga menyebabkan dampak positif. Seperti dapat meningkatkan aliran darah serta nutrisi kedalam plasenta dan janin, dan ginjal ibu hamil dapat bekerja lebih efisien.

Tidur dengan posisi yang salah seperti telentang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami masalah seperti rahim menekan tulang belakang, otot punggung, usus, dan pembuluh darah utama yang mengakibatkan munculnya rasa nyeri, ambeien, dan terganggunya proses peredaran darah di dalam tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meskipun dianjurkan oleh tenaga medis, tidur miring ke kiri sering kali tidak dilakukan oleh ibu hamil karena posisinya yang kurang nyaman. Untuk dapat membantu agar ibu hamil terbiasa dalam posisi tidur miring ke kiri maka sebaiknya sejak awal kehamilan, ibu hamil sudah membiasakan diri untuk tidur miring ke kiri.

Terkadang, memang jika sudah menjadi kebiasaan tidur telentang, akan sedikit sulit untuk membiasakan tidur miring ke kiri. Nah, menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yaitu, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin Sp. OG., beliau menyarankan agar dibalik belakang bisa ditaruh bantal.

“Biasa kalau mungkin ada orang yang punya bantal guling, ditaro dibelakang supaya minimal dia susah untuk telentang pada saat dia lagi tidur.” Ujarnya di Forum guesehat.com.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi