Antibiotik biasanya sering digabungkan dengan beberapa obat utama untuk penyembuhan suatu penyakit. Beberapa orang kadang membeli sendiri antibiotik untuk penyakit sebelumnya yang belum sembuh karena obat nya sudah habis. Seharusnya antibiotik tidak boleh dijual belikan secara bebas dan harus menggunakan resep dari dokter, karena antibiotik yang diminum oleh seseorang tanpa ada instruksi dari dokter yang asalnya bisa membuat sembuh suatu penyakit malah menjadi membahayakan kesehatan seseorang. Setiap antibiotik juga memiliki efek dan fungsi untuk penyakit seseuatu, jadi tidak bisa asal memakan antibiotik dengan semaunya. Antibiotik pun mempunyai efek samping bagi seseorang yang meminumnya walaupun sudah sesuai anjuran dokter, apalagi tanpa resep dokter.

Beberapa efek samping dari antibiotik dari yang rendah seperti:

  • Mual dan Muntah
  • Diare
  • Infeksi jamur pada daerah mulut, vagina bahkan pada saluran pencernaan

Ada beberapa efek samping yang jarang dialami oleh pengkonsumsi antibiotik tapi berkemungkinan terkena oleh pengkonsumsi antibiotik:

  • Terbentuknya batu ginjal
  • Terganggunya pembekuan darah
  • Menurunnya fungsi pendengaran
  • Terganggunya sensitifitas pada kulit terutama pada sinar matahari

Berikut ini adalah beberapa bahaya mengkonsumsi antibiotik secara bebas tanpa anjuran dokter:

  • Mempengaruhi kinerja otak

Mengkonsumsi antibiotik dapat membuat seseorang menjadi cemas dan depresi lebih tinggi, karena antibiotik juga dapat memberikan pengaruh pada sistem kerja otak.

  • Memicu timbulnya alergi

Konsumsi antibiotik tanpa resep atau anjuran dari dokter dapat membuat seseorang terkena alergi. Bila antibiotik yang dikonsumsi bukan untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita, maka tubuh akan sulit mencerna obat antibiotik tersebut dan akan menimbulkan alergi. Alergi yang ditimbulkan seperti pembengkakan pada lidah, ruam pada kulit, bahkan pada masalah yang serius dapat mengakibatkan sulit bernapas atau sering disebut anafilaksis.

  • Resistensi Antibiotik

Ini adalah salah satu bahaya mengkonsumsi antibiotik tanpa resep dokter yaitu resistensi antibiotik atau kekebalan yang terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi antibiotik. Untuk itu pentingnya mengetahui virus atau bakteri apa yang terdapat pada tubuh kita. Bila kita salah konsumsi antibiotik , bakteri akan bertahan dalam tubuh karna kebal terhadap obat yang dikonsumsi tidak akan bereaksi.

  • Memperburuk penyakit yang diderita

Mengkonsumsi antibiotik tidak sesuai takaran dan sembarangan dapat membuat penyakit yang diderita malah makin menjadi-jadi bahkan menjadi komplikasi. Bukannya sembuh malah akan menjadi-jadi dan memperparah kondisi kesehatan Anda.

Kenali penyakit Anda, segera konsultasikan kepada dokter dan selalu ikuti anjuran dokter ketika diberikan dosis pemberian obat oleh dokter. Jangan sesekali mencoba-coba membeli obat antibiotik secara sembarangan bila tidak ingin kesehatan anda terganggu.


Jangan Lupa Share !!!

68
10 shares, 68 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
9
Bingung
Kesal Kesal
7
Kesal
OMG OMG
9
OMG
Takut Takut
8
Takut
Keren Keren
6
Keren
Sedih Sedih
1
Sedih
Posciety Health

Talented

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki