Kenapa Situs (Domain) Saya Diblokir dari Google Penelusuran / Browser ?

Mungkin diantara pembaca ada yang pernah mengalami situs web / domainnya diblokir oleh Google di hasil pencarian, ini cukup membuat kesal karena sudah susah payah membangun situs tapi diblokir oleh search engine Google. Ada beberapa faktor yang menyebabkan situs web diblokir oleh Google.

Kenapa Situs Diblokir Google Penelusuran ?

Beberapa situs bisa saja diblokir oleh Google dihasil penelusurannya atau langsung di browser, ini karena Google mencurigai situs tersebut berbahaya.

gamabr 1 - situs diblokir dihasil pencarian google

Berikut ini beberapa alasan yang memungkinkan situs terblokir:

  • Jika Google mencurigai situs tersebut berbahaya
  • Jika Google mencurigai situs tersebut berisi spam
  • Jika Google mencurigai situs tersebut telah diretas (hacked), dan
  • Jika Google mencurigai situs tersebut melakukan praktik buruk yang membahayakan para penggunanya akan otomatis diblokir di hasil penelusuran atau di browser (ketika membuka situs)

Seharusnya kamu menerima email pemberitahuan dari Google mengenai pemblokiran ini jika kamu adalah pemilik dan situs tersebut telah di daftarkan ke Google Search Console.

Ketika Google mencurigai situs tersebut untuk pemblokiran, Google akan dapat melakukan beberapa hal terhadap situs untuk menindaklanjutinya:

  1. Memberi label pada situs tersebut di hasil penelusuran bahwa situs tersebut berbahaya atau sedang dinonaktifkan (dihilangkan) untuk tujuan tertentu (peninjauan)
  2. Menyembunyikan situs tersebut di hasil penelusuran tanpa label / notifikasi apapun (tidak tampil)
  3. Menambahkan situs tersebut ke dalam daftar situs yang berbahaya pada Safe Browsing.

Cara Membatalkan Pemblokiran Situs

Setiap pengguna tentu memiliki hak untuk berkreasi online dengan cara apapun selama tidak membahayakan para pengguna lain, terutama jika kamu mendapati situs kamu diblokir tapi kamu menanggap ini tidak seharusnya dilakukan Google karena situs tersebut sama sekali tidak berbahaya.

gambar 2 - situs di blokir oleh browser safe

  1. Cek di https://www.stopbadware.org/request-review apakah situs di blokir, masukkan URL situs yang diblokir pada kolom yang telah disediakan

Jika benar situs tersebut melanggar dan dianggap berbahaya, perbaikilah setiap konten di dalamnya yang memengaruhi pemblokiran situs.

  1. Jika dirasa situsmu tidak melanggar apapun dan ini merupakan kesalahan dari Google, beritahulah Google melalui form ini dan lengkapi semua data yang diperlukan termasuk komentar (jelaskan dengan rinci).
  2. Pastikan kamu telah mendaftarkan situs di Google Search Console, selain untuk mendaftarkan situs di hasil pencarian, ini juga sangat bermanfaat karena dapat membantu situs tampil di hasil penelusuran Google dan memverifikasi bahwa situs tersebut benar-benar aktif.

Tunggulah hingga proses peninjauan selesai (setelah melakukan perbaikan). Jika situs diblokir di hasil penelusuran, biasanya peninjauan akan memakan waktu sekitar 1 minggu. Jika situs diblokir oleh browser, tunggulah kira-kira 2 hari hingga peninjauan selesai.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi