Yodium Tidak Hanya Memiliki Efek Negatif Saja, Tapi Banyak Manfaatnya Juga Loh !

Yodium merupakan mineral dan komponen penting dari hormon tiroid, triiodothyronine (T3), dan tiroksin (T4). Ketiga hormon ini mengatur aktivitas metabolisme sebagian besar sel dan memiliki peran yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan awal sebagian besar organ, terutama otak.

Yodium merupakan salah satu unsur kimia yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup, yodium dapat ditemukan dengan jumlah yang bervariasi mulai pada tumbuhan hingga makanan hewani. Asupan makanan yang tidak mencukupi kandungan yodium akan menyebabkan produksi hormon tidak cukup, sehingga akan berdampak buruk pada otot, jantung, hati, ginjal, dan otak yang sedang berkembang.

Kebutuhan yodium harian bagi orang dewasa berikisar antara 0,1-0,15 mg/hari, detail kebutuhan yodium sesuai kelompok umur berdasarkan rekomendari Institut Kedokteran Amerika Serikat dapat dilihat sebagai berikut.

Dewasa = 0,15 mg/hari

Wanita hamil = 0,22 mg/hari

Wanita menyusui = 0,29 mg/hari

Anak usia 1-11 tahun = 0,09-0,12 mg/hari

Bayi = 0,11-0,13 mg/hari

Manfaat Yodium

  1. Mengontrol pertumbuhan serta metabolisme tubuh
  2. Mencegah kulit kering dan menyehatkan kulit
  3. Menjaga tingkat stamina dengan optimal
  4. Membantu membuang racun dalam tubuh
  5. Membantu mencegah kanker

Penting sekali manfaat yodium untuk tubuh, lalu bagaimana jika tubuh kekurangan yodium. Berikut adalah efek dari kekurangan yodium.

Efek Kekurangan Yodium

  • Akan Mudah Terasa Lemas dan Lelah

Seseorang yang kekurangan yodium akan mudah terasa lemas dan juga lelah, hal ini terjadi dikarenakan kelenjar tiroid membantu memproduksi energi untuk tubuh. Pada saat kadar hormon seseorang tinggi, maka akan menjadi suatu kondisi dimana tubuh tidak bisa menghasilkan energi seperti biasanya dan sesuai kebutuhan sehingga menyebabkan tingkat energi dalam tubuh menurun.

  • Pembengkakan di Leher

Efek kekurangan yodium yaitu pembengkakan di leher, hal ini terjadi karena jika tubuh mengalami kekurangan yodium maka sistem umpan balik yang dilakukan oleh tubuh menyebabkan tiroid bekerja dengan kapasitas tak sesuai sehingga menyebabkan kelenjar tiroid membesar.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah keadaan dimana kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon yang cukup, kurangnya yodium akan menyebabkan hormon tiroid dalam darah akan berkurang secara signifikan.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi