Ketahui Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Tidak Hanya Untuk Masakan Saja

Salam merupakan nama pohon penghasil daun rempah yang biasanya digunakan dalam masakan Nusantara, nama ilmah salam adalah Syzygium polyanthum, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel .

Pada umumnya, daun salam digunakan sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan sayuran, maupun nasi. Daun salam ini bisa digunakan atau dicampurkan dalam keadaan utuh, kering, ataupun segar , dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang. Daun salam ini memberikan aroma herba yang khas tetapi tidak keras.

Daun salam mengandung minyak esensial dengan komponen penting yaitu eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol), asam laurat, antioksidan, vitamin A dan vitamin C, fitonutrien, rutin, linalool, salisilat, asam caffeic, tanin, serta kandungan senyawa kimia lainnya. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat untuk tubuh, berikut adalah manfaat dari daun salam .

Manfaat Daun Salam

  • Sebagai Antibakteri, Antijamur, dan Anticacing

Kandungan etanol dalam daun salam bermanfaat sebagai antibakteri, dan antijamur, serta kandungan metanol yang ada dalam daun salam bermanfaat sebagai anticacing.

  • Mampu Meredakan Stress

Linalool yang terkandung dalam daun salam bermanfaat untuk menurunkan kinerja hormon stress, ketika panik, lelah atau panik menghirup aroma teh daun salam kering sebagai aroma therapy sehingga mampu untuk meredakan stress.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Zat asam cafeic, salisilat, rutin, dan fitonutrien yang terkandung dalam daun salam bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta tentunya mampu menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Daun salam mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2, karena mampu membantu meningkatkan produksi insulin sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah.

  • Mencegah Kanker

Asam kafeic, euganol, katekin, dan quercetin yang terkandung dalam daun salam mampu menghambat metabolisme sel kanker, seperti kanker darah, kanker serviks, dan kanker payudara.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan metil kavikol, linalool, mircene, neral, kavikol, alfa terpineol, euganol yang ada dalam daun salam sangat dibutuhkan oleh kulit, sehingga daun salam ini mampu untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Flavonoid yang terkandung dalam daun salam mampu membantu menormalkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi