7 Manfaat Lidah Buaya, Tidak Hanya Untuk Kecantikan Saja !

Pada lidah buaya mengandung semua vitamin, keuali vitamin D. Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Bermanfaat untuk...


Lidah buaya (Aloe vera) merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, perawatan kulit, dan penyembuh luka. Lidah buaya termasuk ke kerajaan Plantae, Ordo Asparagales, Familia Xanthorrhoeaceace, Subfamilia Asphodeloideae, dan Genus Aloe.

Berdasarkan penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat seperti asam amino, enzim, mineral, vitamin, polisakarida, serta komponen lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain berfungsi untuk berbagai macam kecantikan, lidah buaya juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

Manfaat Lidah Buaya

  • Mengurangi rasio gula darah

Aloe emodin yang terkandung dalam lidah buaya merupakan senyawa oraganik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin sepeti pencerap insulin beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit

Pada lidah buaya mengandung semua vitamin, keuali vitamin D. Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mulai dari melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, menghapus bekas luka pada kulit, serta untuk peremajaan kulit.

  • Mengatasi konstipasi

Lateks pada lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar alami, namun penggunaan yang berlebiham akan menimbulkan efek samping yaitu akan mengakibatkan diare.

  • Mengatasi plak pada gigi

Efek pada lidah buaya hampir sama dengan chorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba, yaitu sebagai obat kumur untuk mengatasi plak pada gigi.

  • Sebagai sumber asam amino

Terdapat 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita, lidah buaya akan memenuhi kebutuhan asam amino karena pada lidah buaya mengandung banyak asam amino.

  • Sumber vitamin dan mineral

Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan juga mineral, maka kebutuhan vitamin dan mineral tubuh kita dapt tepenuhi.

  • Mengatasi varises

Varises ini menjadi meradang karena tekanan darah tinggi, lidah buaya dapat mengatasi varises karena efek analgesik (mengurangi peradangan).


Jangan Lupa Share !!!

60
9 shares, 60 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
2
Bingung
Kesal Kesal
10
Kesal
OMG OMG
2
OMG
Takut Takut
1
Takut
Keren Keren
9
Keren
Sedih Sedih
4
Sedih
Posciety Health

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan. Dikelola oleh tim Posciety Health.
Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki