Apa Itu Penyakit Jantung Koroner ? Apa Saja Tanda & Gejalanya ?

Tahukah Anda apa itu penyakit jantung koroner (PJK) ?

Pada umumnya orang yang mengetahui gejala penyakit jantung koroner meninggal dunia karena serangan jantung, penyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis penyakit jantung yang sering terjadi,

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit yang terjadi yang diakbatkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah arteri, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan mengakibatkan otot yang ada pada jantung tidak dapat menerima oksigen dan nutrisi yang lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan otot jantung menjadi tidak berfungsi dengan baik untuk melakukan fungsinya yaitu memopa darah ke seluruh tubuh, sehingga pada saat otot yang ada pada jantung berhenti memompa darah makan akan menimbulkan serangan jantung atau bahkan gagal jantung sebagai komplikasi dari penyakit jantung koroner (PJK).

Faktor Penyebab

Faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner (PJK), yaitu :

  • Perkok aktif
  • Riwayat penyakit keluarga
  • Obesitas
  • Stress berlebihan
  • Usia
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Gizi tidak seimbang
  • Kolestrol tinggi
  • Kurang berolahraga

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala terjadinya penyakit jantung koroner (PJK) yaitu sebagai berikut :

1. Sesak nafas

Pada saat jantung tidak berfungsi dengan normal, maka akan berpengaruh pada kelancaran pernafasan, sehingga rentan mengalami sesak nafas. Sesak nafas pada gejala penyakit jantung biasanya terjadi secara bersamaan dengan nyeri dada.

2. Angina (nyeri dada)

Angina (nyeri dada) terjadi pada saat otot yang ada pada jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup, terasa seperti menekan pada area dada. Selain terasa nyeri pada area dada juga dapat menjalar kebagian lain seperti bagian bahu, leher, lengan, rahang, bahkan kebagian punggung dan biasanya akan terasa pada saat seseorang terlalu banyak melakukan aktivitas.

3. Keringat dingin dan mual

Otot yang ada di jantung akan kekurang oksigen pada saat pembuluh darah menyempit, sehingga dapat menyebabkan iskemia. Iskemia juga dapat menjadi pemicu reaksi mual dan muntah. Pada kondisi ini akan memicu keringat keluar secara berlebih, kemudian akan muncul sebagai sensasi biasanya dideskripsikan sebagai keringat dingin.

4. Detak jantung lebih cepat

Detak jantung menjadi cepat biasanya diakibatkan karena melakukan kegiatan yang memacu adrenalin, seperti melakukan kegiatan-kegiatan yang berat atau juga bisa karena dikejutkan sesuatu atau oleh seseorang detak jantung juga datapat dipicu oleh rasa tegang atau cemas.

5. Irama detak jantung tidak beraturan

Irama jantung terkadang stabil lalu cepat kemudian kembali stabil lagi, atau bisa juga detaknya terkadang berhenti sejenak kemudian kembali stabil kembali dan berubah menjadi cepat.

6. Mudah terasa lelah

Seseorang yang mengidap penyakit jantung koroner umumnya tubuhnya akan mudah terasa lelah, walaupun pada faktanya jika seseorang mudah terasa lelah setelah melakukan aktivitas adalah hal yang normal. Namun tetap bisa menjadi hal yang tak biasa jika terjadi, jika Anda mudah terasa lelah setelah melakukan aktivitas mulailah untuk mengintirahatkan tubuh Anda dan jangan terlalu memaksakan untuk tetap beraktivitas.

 7. Serangan jantung

Jika sudah muncul serangan jantung secara tuba-tiba, maka diindikasikan penyakit jantung koroner sudah cukup parah. Munculnya tekanan tajam pada jantung, ada rasa sakit pada bagian bahu atau bagian tangan, dan sesekali pada saat bernafas nafas Anda terasa sesak serta mudah sekali mengeluarkan keringat pada tubuh Anda merupakan gejala awal dan ciri umum terjadinya serangan jantung.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi