Kirim Pesan WhatsApp Bisa Melalui Google Assistant, Begini Caranya!

Aplikasi chatting WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sering dipakai oleh para pengguna internet di dunia ini. Selain untuk mengirim pesan dan panggilan telepon, WhatsApp juga bisa dipakai untuk bisnis, membuat komunitas/ grup chat, membuat status, mengirim dokumen, dan masih banyak lagi fungsi lainnya di mana pun dan kapan pun.

Tapi ada kalanya kita mengalami kendala saat hendak mengirim pesan WhatsApp, misalnya saat kita sedang mengendarai mobil. Oleh karena itu, Google Assistant menggandeng aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan dengan mudah.

Kini, si asisten virtual Google ini bisa diperintah dengan suara, untuk mengirim pesan WhatsApp dan melakukan panggilan video atau telepon, tanpa harus menyentuh Smartphone.

Sebelumnya Google Assistant hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dan telepon melalui Google Duo dan Hangout saja. Dengan demikian, WhatsApp Video maupun WhatsApp Call bisa dilakukan secara handsfree atau menggenggam ponsel.

Fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhasApp di platform Android. Dikutip Kompas Tekno dari 9to5Google, Sabtu (7/9/2019), Google mengatakan fitur ini telah tersedia saat ini, namun kemungkinan belum disebar merata di seluruh negara.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Melalui Google Assistant

Pastikan Google Assistant Tersedia

Pertama, kalian harus memastikan layanan Google Assistant sudah tersedia di smartphone kalian. Layanan ini bisa digunakan di smartphone Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android 5.0 ke atas dengan RAM minimal 1 GB.

Pengguna iPhone dan perangkat iOS lainnya pun bisa menggunakan Google Assistant dan bisa kalian unduh di Apple App Store.

Atur Bahasa di Google Assistant

Setelah memastikan aplikasi Google Assistant sudah terpasang di smartphone, atur bahasanya agar mendukung Bahasa Indonesia. Caranya, buka aplikasi Google, kemudian klik More yang ada di sudut kanan bawah. Pilih Setting dan Google Assistant, kemudian pilih tab Assistant. Pilih opsi Languages dan pilih Indonesia di pilihan bahasa yang tersedia.

gambar 1 - setelan Google Assistant

Panggil Google

Setelah semuanya diatur, kalian sudah bisa menggunakan Google Assistant. Caranya dengan menekan tombol Home di smartphone agak lama atau tekan tombol khusus Assistant yang ada di beberapa Smartphone.

gambar 2 - kirim whatsapp dengan perintah suara

Perintahkan Google untuk mengirim pesan dengan suara, misalnya ” Ok Google, kirim pesan WhatsApp“. Di layar akan tampak seperti ini.

Pilih Kontak

Setelah itu, Assistant akan bertanya kepada siapa pesan ditujukan. Cukup sebutkan nama kontak yang dituju, serta pastikan kontak tersebut unik dan tidak ada duplikatnya.

Sebutkan Isi Pesan

Setelah mengisi kontak tujuan, Assistant akan menanyakan isi pesan WhatsApp yang ingin dikirimkan. Cukup sebutkan isi pesan yang ingin dikirimkan langsung ke smartphone kalian.

gambar 3 - kirim wa lewat google assistant

Setelah pesan yang diinginkan tertulis di layar, kalian memiliki opsi untuk mengubahnya atau langsung dikirimkan. Jika sudah merasa cocok, kalian tinggal perintahkan Assistant untuk mengirim pesan.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi