Kista Ovarium, Ketahui Etiologi dan Cara Mencegahnya

Kista merupakan tumor jinak yang paling sering kita temui, bentuk kistik berisi cairan kental, dan juga ada yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan lain. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan normal sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain, hal ini merupakan sebab tumor jinak relatif mudah diangkat dengan pembedahan serta tidak membahayakan kesehatan bagi penderitanya.

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di bagian dalam ovarium, setiap wanita mempunyai dua indung telur (ovarium) satu dibagian kanan dan satu dibagian kiri rahim. Ovarium merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita, organ ini berfungsi untuk menghasilkan sel telur setiap bulannya (mulai dari pubertas sampai menopause) serta memproduksi hormon estrogen dan hormon progesteron.

Ukuran pada benjolan bervariasi, mulai dari ukuran mikroskopik hingga ukuran yang sangat besar, benjolan kista yang berukuran besar dapat menghimpit organ dalam yang berada didekatnya, tergantung pada lokasi.

Etiologi

Etiologi terjadinya kista ovarium yaitu terjadinya gangguan pada pembentukan hormon pada hipotalamus, hipofise, atau indung telur itu sendiri. Kista ovarium timbul dari folikel yang tidak berfungsi selama siklus menstruasi.

Kista folikuler secara tipikal kecil dan timbul dari folikel yang tidak sampai pada saat menopause, sekresikan akan mengandung banyak sekali hormon estrogen sebagai respon terhadap hipersekresi pada FSH (Folikel Stimulation Hormone) dan LH (Luteinzing Hormone) yang normalnya dapat ditemukan saat menopause berdiameter 1-10 cm (folikel normal ukuran maks 2,5 cm) berasal dari folikel ovarium yang gagal mengalami involusi atau gagal meresorpsi cairan.

Kista granulosa lutein terjadi di dalam korpus luteum ovarium yang fungsional dan membesar bukan karena tumor, hal ini disebabkan oleh penimbunan darah yang berlebihan saat fase pendarahan dari siklus menstruasi. Kista theka-lutein biasanya bersifat bilateral dan berisi cairan yang bening, berwarna jerami, dan biasanya berhubungan dengan tipe lain dari tumor indung telur serta terapi hormon.

Pencegahan

Meskipun tidak dapat dicegah, kista ovarium dapat diobatui dengan tepat dan cepat jika terdeteksi lebih awal. Maka, penting sekali untuk mengamati perubahan yang terjadi pada setiap siklus menstruasi. Segera untuk melakukan pemeriksaan jika dijumpai perubahan, misalnya timbul nyeri yang hebat serta rasa tidak nyaman dibagian perut Anda.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi