URL Kustom YouTube

Pakai URL Kustom, Channel YouTube Jadi Lebih Mudah Ditemukan !

Sebelum lebih jauh membaca artikel ini, jika menggunakan browser sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa versi YouTube yang digunakan adalah yang terbaru. Cek https://www.youtube.com/new untuk beralih ke tampilan YouTube baru saat ini.

Custom URL channel YouTube ini pembahasannya tidak berbeda jauh dengan Custom URL profil G+ yang pernah dibawah sebelumnya, URL ini tidak dapat diminta begitu saja melainkan merupakan hak untuk mendapatkannya karena telah memenuhi syarat dan memang layak mendapatkannya. Apa saja saran yang ditampilkan ? Ini berdasarkan dari nama akun Google, situs web yang ditautkan, bahkan dari URL situs media sosial yang terhubung.

gambar 1 klaim url kustom channel youtube - posciety

Sekali memilih URL kustom, kamu tidak dapat mengubahnya lagi melainkan menghapusnya terlebih dahulu kemudian tunggu lagi hingga mendapatkan saran seperti ini lagi. Jika profil Google+ belum di setel kustom URLnya, maka ketika mengklaim URL kustom YouTube ini akan sekaligus dengan URL G+.

Klaim URL Kustom Channel YouTube

Bagaimana cara mendapatkannya ? Sebelumnya, mari lihat dibawah ini apa saja yang menjadi syarat agar mendapatkan hak URL Kustom untuk channel YouTube:

  • Channel berusia setidaknya 30 hari
  • Telah memiliki 100 (seratus) subscribers atau lebih
  • Telah mengupload foto header channel
  • Telah menggunakan foto untuk ikon channel

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, kamu diperbolehkan melanjutkan membaca artikel ini. Ketika sebuah channel telah memenuhi syarat, akan muncul saran URL kustom untuk channel tersebut yang dapat di klaim. Caranya:

  • Login ke channel YouTube bersangkutan seperti biasa (lakukan di browser PC/laptop)
  • Klik ikon channel pada menu atas kanan > pilih Setelan (jika menggunakan bahasa Indonesia) > pilih Setelan Lanjutan, atau bisa langsung kunjungi halaman ini https://www.youtube.com/account_advanced

Jika channel bersangkutan layak mendapatkan URL kustom, pada bagian Setelan Channel akan tampil “Anda berhak mendapatkan URL kustom“. Klik Klaim untuk mendapatkannya, maka akan tampil layar popup seperti pada gambar diatas. Pilihlah mana yang lebih diinginkan, atau bisa pilih yang bagian bawah yaitu dan akhiran yang Anda pilih jika ingin menambahkan beberapa karakter lagi dibelakangnya. Centang kotak syarat dan ketentuan lalu lanjutkan.

Akan tampil ringkasan dan contoh bagaimana nantinya URL akan dibangun, karena saya memilih posciety maka nantinya akan menjadi youtube.com/c/posciety. Klik tombol Konfirmasi Pilihan jika sudah yakin, klik tombol Batal jika ingin kembali.

Setelah di konfirmasi, akan otomatis diarahkan ke URL kustom. Jika menemukan error seperti “Channel Tidak Ditemukan“, tidak perlu kahwatir ! Reload (muat ulang) halaman maka akan kembali normal.

Berhasil ! Sekarang, siapapun dapat mengunjungi https://www.youtube.com/c/posciety untuk melihat channel YouTube posciety.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...