Klasifikasi, Etiologi, dan Diagnosis Osteomielitis – Pengertian Osteomielitis !

Osteomielitis adalah penyakit yang terjadi karena infeksi tulang yang diakibatkan oleh bakteri, bakteri yang menginfeksi adalah Stapylococcus aureus dan Hemophy ius influensae, tulang yang diinfeksi yaitu tulang kepala, tulang betis, dan tulang rahang.

Patofisiologi

Tumor yang terdapat pada tulang mengakibatkan jaringan lunak diinvasi oleh sel tumor, kemudian timbul reaksi dari tulang normal dengan respon osteolitik yaitu proses destruksi (penghancuran tulang) dan respon osteoblastik (proses pembentukan tulang). Lalu terjadilah destruksi tulang lokal. Pada proses osteoblastik (proses pembentukan tulang) karea terdapat sel tumor maka terjadi penimbunan periosteum tulang baru dekat lesi terjadi,sehingga dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang yang abortif.

Sel tumor dapat mendesak jaringan yang sehat serempak hingga membentuk simpai (serabut pembungkus yang memisahkan jaringan tumor dari jaringan sehat), membentuk simpai pada umumnya tumor jinak (benign) mudah dikeluarkan dengan cara operasi. Sedangkan pada sel tumor ganas (melign) tumbuh dengan cepat.

Klasifikasi dan Menifestasi

  • Osteomielitis akut

Osteomielitis akut terjadi dalam waktu 2 minggu dan paling sering terjadi pada usia anak-anak daripada usia dewasa dan biasanya terjadi sebagai komplikasi dari infeksi dalam darah (osteomielitis hematogen). Manifestasi yang paling sering terjadi yaitu panas, nyeri tulang serta terasa kaku.

  • Osteomielitis sub-akut

Osteomielitis sub-akut disebabkan oleh stafilokokusaureus dan pada umumnya berlokasi pada bagian distal femur dan proksimal tibia, terjadi dalam waktu 1-2 bulan dan bisa menyerang usia dewasa dan usia anak-anak. Manifestasinya lebih ringan dari osteomielitis akut karena organisme penyebabnya kurang purulen dan penderitanya kebih resisten.

  • Osteomielitis kronis

Osteomielitis kronis merupakan lanjutan dari osteomielitis sub-akut yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati dengan baik dan dapat terjadi setelah fraktur terbuka atau stelah operasi pada tulang, disebabkan oleh stafilokokus aureus (75%), atau E.colli, Proteus atau Pseudomonas, biasanya terjadi karena adanya luka atau trauma (osteomielitis kontangiosa) dan biasanya terjadi lebih dari 2 bulan dan bisa menyerang usia anak, dewasa, hingga lanjut usia. Maniestasi yang paling seing terjadi yaitu terasa nyeri, inflamasi, bengkak, kemerahan, pus dari sinus (nanah).

Etiologi

  • Genetik/keturunan
  • Radiasi
  • Trauma
  • Bahan kimia
  • Infeksi
  • Limfadema kronis

Diagnosis

  1. Pemeriksaan sel daeah putih
  2. Titer antibody
  3. Biopsi tulang
  4. Pemeriksaan tulang
  5. USG
  6. Radiografi
tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi