Apa Saja Komponen Kebutuhan Dasar Manusia ?

Menurut Virginia Handersone

Di artikel sebelumnya pernah dibahas tentang komponen kebutuhan dasar manusia, namun di artikel sebelumnya belum dijelaskan lebih lanjut. Nah, di artikel ini akan dijelaskan tentang komponen-komponen kebutuhan dasar manusia.

Arti kebutuhan dasar manusia, adalah kebutuhan yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh manusia yang harus di dahulukan.

komponen adalah bagian / unsur dari keseluruhan.

Jadi komponen kebutuhan dasar manusia adalah unsur kebutuhan yang paling mendasar yang dibutuhkan manusia. Komponen Kebutuhan Dasar Manusia menurut Virginia Hendersone:

  1. Bernafas dengan normal, artinya seseorang bernafas dengan normal tidak adanya ketidaknormalan misalnya adanya gangguan pola nafas (dipsneu, apneu),
  2. Makan dan minum dengan adekuat, artinya seseorang makan dan minum harus memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan seimbang misalnya makan dengan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang.
  3. Eliminasi limbah tubuh, artinya seseorang sangat membutuhkan eliminasi limbah tubuh untuk mengeluarkan buangan / sisa-sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  4. Bergerak dan mempertahankan postur tubuh yang diinginkan, artinya seseorang membutuhkan pergerakkan tidak mungkin seseorang hanya ingin berdiam diri dengan postur tubuhnya.
  5. Tidur dan istirahat, artinya seseorang memang membutuhkan tidur an istirahat dengan waktu yang cukup (tidak lebih dan tidak kurang), karena untuk mengistirahatkan otak dan bagian tubuh lainnya setelah beraktivitas.
  6. Memilih pakaian yang sesuai dan melepaskan pakaian, artinya seseorang memang membutukan pakaian untuk di pakai dan dilepaskan, tergantung dari kenyamanan seseorang cara berpakaiannya.
  7. Mempertahankan suhu tubuh dalam rentang normal dengan penyesuaian pakaian dan modifikasi lingkungan, artinya suhu tubuh sesorang tergantung pada penyesuian pakaian dan lingkungan.
  8. Menjaga tubuh tetap bersih dan rapi serta melindungi kulit, artinya seseorang membutuhkan kebersihan tubuh seperti; personal hygiene, parineal hygiene, penis hygiene, hand hygiene untuk menjaga tubuh tetap bersih dan rapi serta melindungi kulit agar tidak menyebabkan penyakit kulit.
  9. Menghindari bahaya dilingkungan dan menghindari mencederai individu lain, artinya seseorang membutuhkan rasa aman dan rasa nyaman di lingkungannya.
  10. Berkomunikasi dengan individu lain dalam mengungkapkan emosi, kebutuhan, ketakutan dan opini, artinya seseorang tidak hidup secara individual jadi sangat membutuhkan komunikasi dengan individu lainnya / kelompok untuk mengungkapkannya.
  11. Beribadah sesuai dengan keyakinan individu, artinya seorang beribadah untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya.
  12. Bekerja sedemikianrupa sehingga ada rasa prestasi, artinya seseorang harus memiliki target untuk didapatkan agar ada rasa prestasi.
  13. Bermain/berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi, artinya seseorang membutuhkan rekreasi / refreshing untuk merefresh otak dan tubuh mereka setelah bekerja atau belajar.
  14. Belajar mencari tahu tentang sesuatu atau memuaskan keingintahuan yang mengarah pada pengembangan normal dan kesehatan serta penggunanaan fasilitas kesehatan yang ada, artinya seseorang membutuhkan informasi tentang kesehatan dan penggunaan fasilitas kesehatan yang ada seperti puskesmas, Rumah Sakit.

Terima kasih 🙂

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi