Konfigurasi Dasar WordPress.Com

Setelah membahas cara membuat situs WordPressCom pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan membagikan beberapa konfigurasi dasar pada situs WordPress.Com yang perlu diketahui. Silahkan masuk ke dasbor WordPressCom seperti biasa, akan diarahkan ke halaman utama berita WordPress, klik Situs Saya (jika menggunakan bahasa Indonesia) dibagian kiri atas situs untuk mengarah ke dasbor WordPress.

Setelah berhasil masuk ke dasbor situs WordPressCom, mari kita lakukan beberapa konfigurasi dasar.

Pengaturan

Pertama, kita mulai dari bagian pengaturan. Terdapat beberapa menu dan beberapa pengaturan didalamnya yang perlu diatur sebelum situs WordPress benar-benar aktif digunakan.

Umum

Klik menu Pengaturan pada daftar menu disamping kiri, akan diarahkan ke pengaturan bagian umum. Pada tab umum ini banyak yang dapat diatur, mulai dari nama situs, slogan, domain, zona waktu, dan banyak lagi.

  • Ikon Situs
    Merupakan identitas gambar dari situs web bersangkutan, silahkan unggah logo yang akan dijadikan sebagai ikon situs. Klik pada gambar atau klik tombol Ubah untuk menampilkan galeri yang tersedia, klik Tambah Baru jika ingin mengunggah gambar baru. Logo ini juga akan tampil di tab browser seperti yang kamu lihat pada situs ini (jika menggunakan komputer), ukuran yang disarankan adalah persegi memiliki piksel setidaknya 512 x 512.
  • Judul Situs
    Sebagai nama dari website / blog, ini akan tampil di tab browser dan sebagai judul SEO di mesin pencari. Judul situs ini juga tampil di beberapa tempat sebagai judul / nama dari situs web.
  • Slogan Situs
    Buatlah slogan dalam beberapa kata saja, ini akan tampil sebagai slogan. Biasanya tampil bersamaan dengan judul situs, bisa juga tampil dibagian header (jika tidak menggunakan logo).
  • Alamat Situs
    Untuk mengganti domain situs dengan domain kustom perlu membeli domain terlebih dahulu, jika ingin tetap menggunakan domain saat ini abaikan saja bagian ini.
  • Bahasa & Zona Waktu
    Tentukan bahasa situs yang ingin digunakan agar kamu lebih mudah mengerti, sesuaikan juga zona waktu agar situs kamu terlacak dengan waktu yang benar.
  • Privasi
    Pastikan kamu mengaturnya sebagai Umum agar dapat terlihat oleh siapapun dan terindex oleh mesin pencari.

Jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan semua perubahan.

Tulisan

Selanjutnya beralih ke tab Tulisan, di pengaturan ini kamu akan mengatur bagaimana tingkah laku tulisan pada blog / website bersangkutan.

  • Jenis Konten
    Pada bagian ini kamu dapat mengatur berapa jumlah entri dari artikel, testimoni (jika ada), portfolio (jika ada) yang akan ditampilkan setiap halaman.
  • Pengaturan Feed
    Ini adalah feed artikel dari blog, tentukan berapa artikel yang ingin ditampilkan pada feed per halamannya.
  • Peningkatan Tema, Gulir Tak Terbatas
    Tentukan apakah ingin menampilkan tombol “Lihat Lebih Banyak” atau otomatis loading feed artikel setiap kali di scroll kebawah pada halaman feed.

Diskusi

Beralhi ke tab berikutnya yaitu Diskusi, disini kamu dapat menyesuaikan pengaturan diskusi pada website / blog bersangkutan. Sesuaikan bagaimana kamu memerlukan diskusi pada situs bersangkutan. misalnya mengatur komentar (tampilkan sistem komentar / disembunyikan), mendapat pemberitahuan komentar, moderasi komentar, daftar hitam koemntar / blacklist, dan banyak lagi pengaturan seputar diskusi untuk web / blog bersangkutan.

Lalu Lintas

Terakhir yang tidak kalah penting adalah tab Lalu Lintas, disini kamu bisa mengatur seputar lalu lintas situs web / blog bersangkutan.

  • Kiriman Terkait
    Bagian ini menampilkan pengaturan untuk kiriman terkait, disarankan untuk menampilkan kiriman terkait agar lalu lintas situs bertambah.
  • Accelerated Mobile Pages (AMP)
    Ini adalah fitur untuk mobile supaya loadingnya lebihnya cepat, klik disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai AMP.
  • Layanan Verifikasi Situs
    Ini adalah tools untuk membantu kamu memverifikasi kepemilikan situs dengan search engine seperti Google.

Itulah beberapa konfigurasi dasar yang perlu disesuaikan sebelum situs benar-benar aktif, biasanya ini dilakukan ketika situs baru saja dibuat. Setelah menyelesaikan konfigurasi ini, pengguna WordPressCom dapat mempublikasikan artikel, membuat desain, membuat halaman, dan melakukan hal lainnya sesuai keperluan.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...