Apa Itu Konsep Dasar Nutrisi ? Kenapa Manusia Perlu Nutrisi ?

Nutrisi adalah jumlah dari seluruh interaksi antara organisme dan makanan yang dikonsumsinya (Christian dan Gregar, 1985), definisi tersebut juga dapat menjelaskan nutrisi adalah segala sesuatu yang dikonsumsi oleh manusia dan dipergunakan oleh tubuh manusia itu sendiri.

Untuk apa manusia menggunakan nutrien / nutrisi ? Manusia menggunakan nutrien/nutrisi, untuk pertumbuhan jaringan tubuh dan pertahanan diri dari mikroorganisme yang dapat mengancam kesehatan manusia itu sendiri.

Nutrien Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Tubuh ?

  1. Karbohidrat
    Karbohidrat adalah suatu zat yang terdiri dari elemen karbon, hidrogen, dan oksigen. Yang berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas keseharian seseorang.
  2. Lemak
    Lemak adalah sumber energi yang dipadatkan. Lemak dan minyak terdiri atasa gabungan gliserol dengan lemak, fungsinya bertindak sebagai sumber energi yang dipadatkan yang mengandung 9kal/jam nya, selain itu juga lemak ini berfungsi sebagai pemberi pelindungan bagi tubuh seseorang.
  3. Protein
    Merupakan konstituen yang penting di semua sel. Merupakan struktur nutrien yang kompleks yang terdiri dari berbagai asam amino. Protein diperlukan dalam produksi protein baru yang fungsi khusus dalam tubuh, yaitu enzim, hormon dan hemoglobin.
  4. Vitamin
    Vitamin adalah bahan organik yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan berfungsi sebagai katalisetor proses metabolisme tubuh.
  5. Mineral dan Air
    Unsur esensial bagi fungsi normal sebagian enzim yang sangat penting dalam pengendalian sistem cairan tubuh. Tubuh tidak dapat menyintesis mineral, dengan demikian mineral harus selalu disertakan dalam diet harian.

Faktor yang Mempengaruhi Nutrisi

  • Pengetahuan, kurangnya pengetahuan seseorang tentang manfaat nutrisi/ makanan yang bergizi sangat mempengaruhi pola konsumsi makanan seseorang sehingga menyebabkan terjadinya salah pemenuhan kebutuhan gizi.
  • Kebiasaan, adanya kebiasaan/pantangan terhadap makanan tertentu juga menjadi faktor yang mempengaruhi nutrisi seseorang.
  • Kesukaan, kesukaan juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi nutrisi seseorang. Kesukaan yang berlebih terhadap suatu jenis makanan mengakibatkan kurang variasi makanan, sehingga tubuh seseorang tidak mendapat zat gizi yang dibutuhkan.
  • Ekonomi, status ekonomi seseorang juga sangat mempengaruhi nutrisi seseorang. Penyediaan makanan yang bergizi membutuhkan dana yang tidak sedikit karena dipengaruhi oleh status ekonomi,
  • Psikologis, psikologis juga mempengaruhi nutrisi seseorang. Jika seseorang sedang stress, maka ia akan mengalami anoreksia (kurang nafsu makan).

Sudah optimalkah nutrisi tubuh saat ini ?

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Bahaya Konsumsi Minuman yang Mengandung Alkohol — Posciety

[…] merusak jantung. Menyebabkan cardiomyopathy, kondisi dimana otor jantung melemah. Bahkan setelah arteri tersumbat, alkohol adalah penyebab kedua yang paling umum cardiomyopathy. Jantung yang rusak tidak akan bisa […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi