Konsep Pernikahan Sederhana dengan Budget “secukupnya”, Kesannya Tetep Dapet!

Persoalan pernikahan/perkawinan merupakan persoalan yang selalu aktual dan sangat menarik untuk dibicarakan karena pernikahan bukan hanya menyangkut ketika sepasang wanita dan pria saling mencintai melakukan ijab kabul lalu mereka berdua sah menjadi suami istri, tetapi semuanya harus diperhitungkan secara matang-matang karena mereka akan membina sebuah rumah tangga baik untuk di dunia dan akhirat nanti.

Rumah tangga ini merupakan benteng bagi pertahanan martabat manusia dan nilai-nilai ahlaq yang luhur dan tinggi. Perkawinan/Pernikahan bukanlah masalah yang sepele dan kecil, tapi merupakan persoalan yang penting dan besar.

Pernikahan adalah sebagai suatu perjanjian yang kokoh dan suci. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat di dalamnya khususnya adalah suami istri, memelihara dan menjaga sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab hubungan pernikahan mereka dalam rumah tangga.

gambar 1 - proses ijab kabul pernikahan tanpa mempelai wanita
sesi ijab qabul

Menikah adalah anugerah, sunnah Rasulullah, dan menjadi tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala. Setiap pasangan perlu untuk mengetahui tentang konsep dasar pernikahan agar ibadahnya melalui pernikahan dapat memberikan keberkahan dalam hidup.

Dalam agama Islam telah menjadikan ikatan perkawinan yang sah berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai satu-satunya sarana untuk memenuhi tuntunan naluri manusia yang sangat asasi dan sarana untuk membina keluarga yang Islami. Penghargaan Islam terhadap ikatan perkawinan sangatlah besar, sampai ikatan itu ditetapkan sebanding dengan separuh agama.

Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah separuh yang lainnya.

HR. Al Baihaqi

Tetapi jaman sekarang banyak juga para calon suami dan istri yang kebingungan dengan konsep apa yang akan dipakai saat nanti pernikahan. Mari kita bahas tentang konsep-konsep pernikahan yang minimalis dengan biaya yang cukup ideal, tidak membutuhkan terlalu banyak biaya tapi sangat elegan dan tampak mewah.

Berikut tips untuk membuat konsep pernikahan yang sederhana namun mengesankan.

Memilih Undangan Pernikahan

gambar 2 - contoh undangan pernikahan
img: Ayok Nikah

Biasanya undangan terbagi menjadi dua tipe, yaitu undangan fisik dan undangan online. Undangan online biasanya bisa meminta mentahan file lalu disebarkan melalui media sosial, untuk teman-teman dekat biasanya undangan online ini cukup bagus dan lebih menghemat budget. Jarang juga orang menyimpan undangan pernikahan kan?

Tetapi untuk undangan fisik inilah yang terkadang membuat seseorang menjadi bingung memilih tipe kertas atau modelnya yang terkadang hanya membuang-buang uang saja. Disarankan untuk memilih undangan yang murah namun tetap unik. Misalnya buat undangan pernikahan dengan desain pola palet tahun 80-90an dan dibungkus dengan amplop vintage.

Undangan yang unik dan murah akan membuat Anda puas dan akan selalu dikenang jika dibandingkan dengan undangan konvensional seperti biasanya yang berbentuk persegi panjang.

Baju atau Seragam Keluarga

gambar 3 - contoh seragam panitia pernikahan

Seringkali dana pesta resepsi membludak untuk membeli baju atau seragam untuk keluarga dan panitia saat pesta resepsi yang terkadang tidak bisa dikira-kira untuk biayanya. Apalagi ada dua keluarga besar yang memakai baju atau seragam tersebut.

Tetapi biaya ini bisa diakali dengan menyewa jasa Wedding Organizer (WO) yang biasanya menyediakan baju seragam dan make up untuk anggota keluarga dengan persetujuan semua pihak keluarga. Terkadang ada juga WO yang menawarkan sistem bikin-sewa baju seragam per nikahan, jadi wedding organizer akan membuatkan baju seragam pernikahan lalu disewakan kepada klien dan akan diambil lagi ketika sudah selesai, untuk disewakan kepada klien lainnya. Tentu saja ini akan membuat budget untuk baju seragam lebih minimal.

Pemilihan Pesta Resepsi

Inilah yang membuat anggaran untuk pernikahan yang sangat diperhitungkan, tentunya dari segi tempat, makan, dan souvenir. Banyak sekali pilihan pesta resepsi yang apabila ditambah sedikit kreativitas akan membuat pesta yang mengesankan dan sangat menghemat biaya. Seperti contohnya adalah membuat pesta di luar ruangan atau outdoor.

gambar 4 - tempat resepsi pernikahan outdoor
Outdoor Wedding

Pesta pernikahan outdoor sangat booming akhir-akhir ini. Suasana alam dan design vintage membuat suasana pernikahan yang sangat indah dan dijamin aura pesta pernikahan Anda menjadi lebih friendly, sejuk, dan pastinya akan diingat oleh para tamu undangan.

Terlihat simple dan elegan membuat konsep pernikahan ini sangat banyak dinikmati oleh para kaum milenials sekarang. Daripada Anda mengundang 100-200 orang di dalam gedung, yang harus merogok kocek anggaran pernikahan Anda yang cukup besar untuk menyewa gedung tersebut. Lebih baik Anda menyewa lapangan atau halaman yang cukup luas, dan biasanya untuk harga sewanya lebih rendah daripada di dalam gedung.

Sudah banyak juga jasa wedding organizer yang menawarkan jasa pesta pernikahan outdoor seperti ini kok, jadi gak usah ribet-ribet lagi nyari orang yang bisa menyulap lapangan menjadi pesta pernikahan.

gambar 5 - setelah sah ijab qabul outdoor wedding

Untuk pesta pernikahan outdoor ini Anda lebih baik melakukannya di siang hari. Kenapa dilakukan di siang hari? Anda bisa lebih menghemat biaya untuk dekorasi dan lightning juga, ditambah nuansa alam dengan pepohonan juga lebih membuat pesta pernikahan menjadi lebih sejuk, tidak perlu memerlukan banyak hiasan untuk dekorasi. Cukup menempatkan beberapa bunga atau balon di beberapa sisi dan beberapa dekorasi vintage yang menambah suasana lebih nyaman dilihat, dijamin pernikahan Anda akan berkesan bagi para undangan.

Untuk makanan atau katering dalam pesta pernikahan usahakan tidak memakan anggaran yang cukup besar, sediakan makanan inti dan beberapa tambahan yang menurut Anda akan lebih dinikmati daripada harus membuat makanan yang tidak digemari dan akan membuang-buang uang saja pada akhirnya.

Untuk stand makanan usahakan juga merangkul pedagang-pedagang yang mungkin Anda kenal untuk memangkas pengeluaran Anda. Pilihlah souvenir yang bisa digunakan di kemudian hari untuk para tamu undangan, jangan terlalu memilih souvenir yang terlalu wow dan membuang-buang uang untuk souvenir saja. Anda bisa memberi undangan souvenir seperti botol tumblr atau totebag ditambah dengan hiasan untuk mengingat pernikahan Anda.

img: Bridestory

Jika ingin mengadakan pesta hanya dihadiri oleh keluarga besar dari kedua belah pihak dan beberapa teman dekat saja, Anda bisa memilih beberapa hotel terdekat di kota Anda. Sekarang hotel-hotel saling berusaha untuk membuat konsep pernikahan di dalam hotelnya, untuk mengisi biaya operasional saat hotel sedang sepi.

Dengan mengundang 50 atau 100 undangan saja cukup untuk sebuah hotel yang didesign sendiri oleh pihak hotel dan biasanya budget yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Hotel akan menghitung biayanya perkepala seperti Rp. 100.000 per undangan dengan harga seperti itu hotel sudah menyediakan dekorasi, MC, makanan, make-up, dan beberapa hal lainnya. Cukup menggiurkan bukan?

Di atas ini adalah beberapa tips untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan namun terjebak dalam masalah biaya/anggaran, namun tips di atas hanya saran saja ya, jika Anda mempunyai konsep dan pilihan sendiri tergantung Anda, sebaiknya didiskusikan dengan semua pihak terkait.

Jangan sampai pernikahan Anda sekali seumur hidup itu tidak memiliki kesan yang indah, hilang karena terlilit budget yang sangat besar. Karena lebih baik memangkas biaya pernikahan untuk kehidupan di kemudian hari pasca menikah. Menuju hidup bahagia tidak diukur dari seberapa megahnya pesta pernikahan Anda juga bukan?

The best moment in life is when your girl/boyfriend asks you to get married. Be a smarter people!

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi