KPI Larang Stasiun Radio Memutar 42 Lagu Ini Sebelum Jam 10 Malam, Kenapa ?

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baru-baru ini mengeluarkan surat edaran yang menghebohkan, surat edaran tersebut berisi larangan bagi Radio di Indonesia untuk memutar 42 lagu tertentu sebelum jam 10 malam. 

Larangan tersebut dikeluarkan dari surat edaran yang resmi dikeluarkan pada tanggal 21 Juni 2021. Adanya surat edaran yang berisi larangan pemutaran lagu-lagu tersebut, karena menurut KPI lagu-lagu itu dinilai terlalu vulgar dan bermuatan asusila. Dilansir dari Kumparan.com, Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti, mengatakan bahwa surat edaran tersebut dikeluarkan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSNI). 

Menurut KPI sendiri sebelum membuat surat edaran ini, sudah ada laporan dari masyarakat terkait beberapa lagu yang bermakna negarif dan bermuatan asusila dan secara bebas diputar di seluruh Stasiun Radio di Indonesia. 

Dari pertemuan tersebut, pihak dari Stasiun-stasiun Radio yang diwakilkan PRSNI membutuhkan panduan dari KPI mengenai lagu apa yang bisa disiarkan siang ataupun di jam dewasa. Walaupun sebenarnya panduan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Penyiaran (P3SPS). 

Namun, untuk memperjelas, maka KPI pun membuatkan surat edaran khusus untuk melarang pemutaran lagu sebelum jam 10 malam yang dinilai negatif, bahkan secara rinci KPI membeberkan daftar-daftar lagu yang dilarang diputar sebelum jam 10 tersebut.

Sementara itu, dalam surat edaran tersebut, KPI meminta kepada semua Stasiun Radio di Indonesia untuk memeriksa terlebih dahulu lagu-lagu yang akan mereka putar, jika terdapat lirik yang tidak sesuai dengan norma-norma di Indonesia, maka diharuskan untuk mengedit lagu tersebut sebelum memutarnya.

Menurut Mimah Susanti, lagu-lagu tersebut dinilai mampu membawa dampak buruk jika diputar di jam primetime radio. Karena saat ini pendengar radio banyak yang merupakan generasi muda, maka dari itu, dikhawatirkan lagu-lagu tersebut mempengaruhi cara berpikir dan berbicara dari generasi-generasi muda tersebut. 

Menurut KPI, mengacu pada Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, maka ada beberapa aturan yang harus ditegakkan. Meski demikian, KPI memastikan bahwa lagu ini tetap boleh diputar di Stasiun Radio di Indonesia. Namun, waktunya harus menyesuaikan. Semua lagu yang terdapat dalam surat edaran tersebut adalah lagu yang memiliki makna untuk berbuat asusila seperti ajakan untuk melakukan hubungan seksual ataupun untuk berbuat jahat.

Komisi penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (KPID) Jawa Barat menjadi daerah pertama yang akan menerapkan larangan pemutaran ke-42 lagu tersebut.

Salah satu Radio ternama di Jawa Barat, Ardan Radio menjadi radio pertama yang memberikan informasi mengenai larangan pemutaran lagu-lagu ini di akun sosial media mereka. Dalam akun Instagram mereka @ardanradio, mereka meminta pendengarnya untuk tidak melakukan request terhadap lagu-lagu yang dilarang tersebut dibawah jam 10 malam.

Mengenai lagunya sendiri, semua lagu yang dilarang tersebut adalah lagu barat atau lagu yang berbahasa Inggris. Dan lagu milik penyanyi asal Amerika Serikat, Bruno Mars menjadi yang terbanyak untuk dilarang. Total ada 6 lagu milik Bruno Mars yang dilarang untuk di putar sebelum jam 10 malam.

Dan berikut kami berikan daftar lengkap 42 lagu yang dilarang diputar sebelum jam 10 malam, diantaranya adalah:

  1. Bruno Mars – 24K
  2. Ariana Grande – 34+35
  3. Masked Wolf – Asronaut in The Ocean
  4. M.I.A – Bucky Done Gun
  5. Bruno Mars – Locked Out of Heaven
  6. Maroon 5 – Beautiful Mistakes
  7. Max Ft Suga – Blueberry Eyes
  8. Montero ft Lil Nas X – Call Me By Your Name
  9. Pia Mia ft Chris Brown – Do It Again
  10. Snoop Dog – Drop It Like It’s Hot
  11. Jay Z – Empire State of Mind
  12. Maroon 5 ft Cardi B – Girls Like You
  13. Timbaland – Give It to Me
  14. 24kGoldn Ft Iaan Dior – Mood
  15. Chyna Philips – Naked and Scred
  16. Bruno Mars ft Cardi B – Please Me
  17. Ariana Grande – Positions
  18. Post Malone ft Ty Dolla sign – Psycho
  19. Camilla Cabello ft Shawn Mendes – Senorita
  20. Nicky Minaj – Starship
  21. Doja Cats – Streets
  22. DJ Snake ft Selena – Taki Taki
  23. Jason Derulo ft 2 Chainz – Talk Dirty
  24. Bruno Mars – That’s Why I Like
  25. Cardi B – Up
  26. One Republic – Good Life
  27. Gym Class Hero ft Estelle – Guilty As Charged
  28. Rita Ora – How We Do
  29. Busta Rhymes ft Maria – I Know What You Want
  30. Icona Pop – I Love It
  31. DJ Khaled – I’m The One
  32. Jay Z – Izzo
  33. Bruno Mars – The Lazy Song
  34. Dua Lipa ft Da Baby – Levitating
  35. Justin Bieber ft Benny – Lonely
  36. Eminem – Lose Your Self
  37. Ariana Grande ft The Weekend – Love Me Harder
  38. Bruno Mars – Versace on The Floor
  39. Avril Lavigne – Wish You Were Here
  40. Kid Laraoi – Without You
  41. Vedo – You Got It
  42. Dua Lipa ft Missy Elliot – Levitating
KPIMusicMusikRadio
Komentar (0)
Tambah Komentar