9 Tools Produktivitas Terbaik di 2021 Selain JIRA dan Skype

0

Apakah kamu termasuk orang yang berjuang untuk menjadi produktif setiap harinya? Untuk itu, ada aplikasi yang dibuat untuk membantumu. Aplikasi produktivitas ini akan mendukungmu untuk menjalani hari-hari dengan kinerja terbaikmu, karena tidak selalu mudah untuk tetap pada jalur penyelesaian tugas—terutama ketika ada begitu banyak gangguan di sekitarmu setiap saat.

Itulah sebabnya kami telah mengumpulkan daftar 9 aplikasi produktivitas terbaik di 2021 untuk membantumu menjadi lebih teratur, fokus, dan menggunakan cara sederhana dalam menyelesaikan tugas untuk menjadi sukses di tahun ini dan seterusnya. Baik kamu berjuang untuk menjadi produktif saat bekerja dari rumah atau membutuhkan sedikit bantuan untuk mengerjakan proyek pribadimu, aplikasi yang berguna ini akan membantumu mengatur jadwal dan tugas harianmu—yang otomatis membantu membuat hidupmu sedikit lebih mudah dalam hal menyelesaikan semua pekerjaan.

Alat produktivitas dibuat dalam berbagai bentuk dan sering kali mengambil pendekatan berbeda untuk meningkatkan kinerjamu. Jadi kami tidak hanya akan memberitahumu apa saja aplikasinya, tetapi juga apa kegunaannya untuk memecahkan semua masalahmu. Karena ada kategori untuk aplikasi produktivitas ini berdasarkan apa yang dapat mereka bantu untuk kamu capai:

ads by posciety

  • Membuatmu lebih terorganisir
  • Memperbaiki kebiasaan
  • Meningkatkan fokus

Jadi, inilah 9 aplikasi produktivitas terbaik di 2021:

1. Todoist

img: todoist

Jika kamu mencari cara sederhana untuk mengatur dan melacak daftar tugas harianmu, Todoist adalah aplikasi manajemen tugas yang bagus untuk digunakan. Ini memungkinkanmu untuk mengatur dan mengurutkan tugas, menetapkan tanggal jatuh tempo dan pengingat, dan bahkan melacak kemajuanmu dan berkolaborasi dalam proyek dengan orang lain. Fitur berguna lainnya termasuk pengingat berbasis lokasi serta opsi untuk mengurutkan tugas berdasarkan prioritas dan tag!

2. Evernote

img: engadget

Ini adalah aplikasi pengatur dan perencana catatan yang populer. Aplikasi ini telah menjadi favorit untuk membuat catatan dan mengatur semua ide-mu di satu tempat. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk membuat catatan tidak hanya dengan tulisan, tetapi juga dengan foto, audio, sketsa digital, PDF, dan banyak lagi. Selain itu, kamu dapat menyinkronkan semua catatanmu di berbagai perangkat sebagai cara termudah menyimpan dan membuka semuanya saat bepergian.

3. Pomodoro Technique

img: focustodo

Jika kamu adalah tipe orang yang bekerja paling baik dengan waktu istirahat yang ditentukan, gunakan aplikasi Teknik Pomodoro—yang melibatkan pemecahan sesi fokus 25 menit diikuti dengan istirahat lima menit—untuk membantumu menyelesaikan sesuatu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengelola tugas mereka untuk mengatur durasi interval kerja dan durasi istirahat (kamu bahkan dapat menyesuaikannya dengan preferensimu sendiri), sambil melacak kemajuan dan tujuanmu sepanjang hari atau minggu.

4. Freedom

img: freedom

Kita semua tahu betapa mudahnya terganggu oleh media sosial dan situs web lain, karena itulah aplikasi berguna ini dibuat. Freedom menyediakan cara bagimu untuk memblokir situs web dan aplikasi yang mengganggu dan membuang-buang waktu untuk jangka waktu tertentu. Kamu dapat menyesuaikan daftar situsmu sendiri untuk diblokir—atau ya, bahkan juga bisa memblokir seluruh aksesmu ke Internet sehingga kamu dapat tetap fokus sepenuhnya.

5. Habitica

img: apkpure

Mungkin kamu akrab dengan aplikasi habit tracker, tapi Habitica bukan aplikasi habit tracker biasa—karena ini merupakan permainan peran yang menyenangkan! Seperti Forest, ia menggunakan gamification untuk membantu meningkatkan produktivitas dan menumbuhkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-harimu. Setelah memasukkan tujuan harian dan kebiasaan yang diinginkan, aplikasi ini memungkinkanmu membuat avatar khusus; kemudian, saat kamu menyelesaikan tugas harian, kamu dapat “naik level” dan membuka fitur keren lainnya (termasuk baju besi, hewan peliharaan, dan quests!). Seru sekali, bukan?

6. Any.do

img: any.do

Inilah aplikasi manajemen tugas hebat lainnya yang bagus untuk mengatur hidupmu. Aplikasi daftar tugas, kalender, perencana, dan pengingat semuanya dalam satu, Any.do menawarkan sistem yang mudah untuk fokus pada tugasmu. Plus, aplikasi ini terintegrasi dengan baik dengan kalendermu yang lain dan menawarkan sinkronisasi di semua perangkatmu yang lain—belum lagi fitur entri suara yang berguna yang memungkinkanmu menambahkan item ke daftar tugas hanya dengan berbicara.

7. Google Calendar

img: theandroidportal

Mungkin kamu sudah menggunakan aplikasi lintas platform yang populer ini—tetapi kenyataannya memang benar-benar tidak ada aplikasi kalender yang lebih baik daripada Google Calendar di luar sana. Dengan alat penjadwalan yang mudah untuk mengatur tugas, janji temu, dan pengingat, layanan kalender online ini adalah cara yang sangat mudah untuk tetap memantau tugas dan acara harianmu—dan pada dasarnya penting bagi siapa saja yang memiliki jadwal sibuk.

8. Slack

img: slack

Merupakan platform perpesanan yang dirancang untuk tim dan merupakan alat komunikasi yang ideal untuk pekerja jarak jauh. Pesan instan diatur ke dalam saluran, di mana anggota tim dapat bergabung dan keluar, sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada yang menerima pesan atau pemberitahuan yang tidak relevan dengan mereka. Anggota tim juga dapat mengobrol di luar topik utama di bagian terpisah yang mencegah pesan ini mengganggu percakapan yang berfokus pada proyek.

9. Airtable

img: gazette.nocode-france

Airtable dibangun dengan format seperti spreadsheet dan ini adalah berita bagus jika tim-mu terbiasa mengelola proyek pada alat seperti Excel. Platform ini akan akrab bagi siapa saja yang memiliki pengalaman Excel (atau aplikasi spreadsheet serupa) tetapi fungsinya sedikit lebih mudah untuk dipelajari oleh pengguna baru, karena tanpa mempelajari rumus dan fungsi.

Nah, itulah 9 aplikasi produktivitas terbaik di 2021 yang siap membantumu untuk menjadi lebih produktif, lebih teratur dan lebih fokus untuk mencapai kesuksesan di tahun ini. Apakah ada dari daftar aplikasi tersebut yang telah kamu gunakan? Bagaimana manfaat yang kamu rasakan dalam kehidupan sehari-harimu? Atau adakah saran aplikasi lain yang juga berguna untuk produktivitas? Bagikan komentarmu ya, semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya