Inspiratif! 10 Film Ini Memberi Motivasi Dalam Hidup, Yakin Masih Mau Malas Belajar?

Salah satu kegiatan yang disenangi sebagian besar masyarakat adalah film, bahkan mereka rela berbondong-bondong mengantri di bioskop untuk menonton film terbaru dengan jalan cerita menarik. Ada beberapa genre film seperti laga aksi, horor, inspirasi, dan komedi. Tentunya setiap film mengandung pesan moral yang disampaikan. Seperti sederet film inspiratif berikut ini yang dapat dijadikan pembangkit motivasimu menjalani hidup.

10 Film Inspiratif Mengandung, Pesan Positif

1. Laskar Pelangi

Film yang berlatar belakang Pulau Belitung ini memiliki alur mundur. Dibintangi oleh sejumlah artis ibukota yaitu Cut Mini, Tora Sudiro, Ikranagara, dan Slamet Rahardjo. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tahu film tentang pendidikan tersebut bahkan telah menyaksikannya beberapa kali. Film ini mengajarkan kita tentang arti pengorbanan seorang guru yang mau memberikan hidupnya kepada anak-anak Indonesia agar penerus bangsa ini memiliki masa depan gemilang.

gambar 1 - film inspirasi laskar pelangi

Disamping itu, pesan yang didapat setelah menontonnya adalah anak di daerah terpencil pun memiliki semangat tinggi menuntut ilmu. Meskipun dengan segala kesederhanaan fasilitas, mereka tetap memanfaatkannya menggapai prestasi.

2. Top Secret ‘The Billionaire’

Film layar lebar Thailand ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang pengusaha cemilan rumput laut bernama Top Ittipat. Pengusaha muda ini sukses menjalankan usahanya saat berusia 26 tahun dan meraup omset hingga milliaran bath Thailand. Pemeran utama dari film ini dibintangi oleh Peach Pachara. Film inspiratif ini mengubah jalan pemikiran seorang gamer untuk berwirausaha.

gambar 2 - film inspirasi thailand the billionaire
img: sinema Thailand

Dikisahkan bahwa Top ingin membuktikan pada dunia menjadi sukses tidak ditentukan dengan tingginya jalur pendidikan. Berkali-kali gagal menjajal bisnis tidak membuat Top mundur, justru membuatnya semakin bersemangat. Top membuktikan menjadi seorang pengusaha sukses kunci utamanya adalah keberanian mengambil risiko, kegigihan, dan mengambil peluang. Film ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis atau ingin menjadi pengusaha.

3. Surat Kecil Untuk Tuhan

Film ini dinilai sangat menguras air mata dan inspiratif bagi penonton. Sebab menceritakan Gita seorang gadis remaja tengah menderita kanker ganas. Surat kecil untuk Tuhan menunjukkan bagaimana perjuangan gadis ini melawan penyakit kanker. Saat Gita tengah bersekolah dan akan menghadapi ujian harus berusaha mati-matian meredam rasa sakit yang dideritanya.

gambar 3 - surat kecil untuk tuhan

Gadis cerdas ini sangat menginspirasi anak sekolahan. Banyak pesan yang dapat dipetik dari film tersebut salah satunya adalah “jangan berhenti belajar meski kamu merasa sakit”. Seperti tokoh utamanya yang selalu memikirkan masa depan serta kenangan yang mungkin akan ditinggalkannya. Apakah itu menjadi kenangan indah atau menyakitkan bagi keluarga dan sahabat-sahabatnya.

4. Taare Zameen Par

Film India bergenre pendidikan ini menceritakan Ishaan seorang anak laki-laki penderita dialeksia selalu dianggap bodoh oleh sang ayah. Banyak kelakuan Ihsan yang berbeda dari anak seusianya hingga ia tidak memiliki satu temanpun. Suatu hari datang guru bernama Ram, ia menyadari Ihsan memiliki imajinasi yang luar biasa. Ihsan dapat membuat gambar yang kreatif dan juga unik.

gambar 4 - taare zameen par movie

Film besutan Aamir Khan ini diproduksi pada tahun 2007 dinilai dapat menginspirasi banyak orang. Pesan yang disampaikan dari kisah tersebut adalah tidak boleh memperlakukan sesama manusia dengan tidak baik. Disamping itu, bagi para orang tua tidak perlu menekankan anaknya untuk mencapai prestasi tinggi.

5. Habibie dan Ainun (2012)

Film layar lebar ini dibintangi oleh Reza Rahardian sebagai Habibi dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun, keselurahan alur cerita film mengisahkan tentang kisah cinta Presiden RI ke-3 bersama sang istri Ibu Ainun. Habibi muda merupakan seorang yang sangat cerdas dan menjadi ahli bidang pesawat terbang memiliki impian berbakti pada tanah air Indonesia.

Berbeda dengan Ainun muda yang merupakan seorang dokter cantik dan cerdas memiliki peluang karir yang terbuka lebar. Dulunya mereka merupakan teman satu sekolah, awal pertemuan mereka kembali setelah sekian lama ialah tahun 1962. Tak disangka takdir membawa mereka dalam suatu jalinan cinta dan akhirnya memutuskan untuk menikah.

gambar 5 - film inspirasi habibie ainun

Setelah pernikahan Ainun memutuskan untuk ikut suaminya tinggal di Jerman. Banyak hal yang keluarga mereka lalui di negeri salju tersebut. Berbagai pengorbanan, kesendirian, rasa sakit, dan godaan harta maupun tahta menghampiri perjalan hidupnya. Film ini sangat menginspirasi kaum muda untuk berjuang di negeri orang, memperjuangkan orang yang dicintai, kesetian dalam hubungan, dan belajar dengan giat.

6. Half Nelson

Film yang dirilis pada tahun 2006 ini bergenre pendidikan. Half Nelson menunjukkan kenyataannya manusia memiliki lebih dari satu sisi. Mungkin penonton menilai film tersebut sedikit konyol dan mustahil, namun jika berfikir dengan logika, film ini sangat jelas natural. Dikisahkan Dunne seorang guru sejarah yang tidak patuh dengan kurikulum. Tetapi dengan keterampilan dalam mengajar mampu membuat siswa lebih interaktif.

gambar 6 - film menginspirasi half nelson

Namun, siapa sangka Dunne memiliki sisi gelap yang sangat bertolak belakang ketika malam tiba. Sosok guru ini dibintangi oleh Ryan Gosling. Penyampaian cerita film ini dinilai sangat manusiawi dan berkat kepiawaian pemeran utama mengantarkannya masuk nominasi piala Oscar.

7. Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Film layar lebar yang berlatar belakang Singapura terinspirasi dari kisah nyata perjuangan Merry Riana. Ia merupakan perempuan berkebangsaan Indonesia dengan usaha dan kerja kerasnya berhasil meraih targetnya yakni menghasilkan satu juta dollar saat berusiaa 26 tahun. Ia terpaksa pergi ke Singapura saat kerusuhan tahun 1998 dan perekonomian memang sedang tidak stabil.

gambar 7 - film inspirasi merry riana mimpi sejuta dollar

Merry kala itu berjuang membiayai kuliah dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Ia juga berusaha kuliah sambil bekerja untuk menjemput kesuksesannya. Pemeran utama film ini adalah Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Ferry Salim, dan Kimberly Rider.

8. The First Grader

Film yang dirilis tahun 2010 ini sangat menginspirasi, bercerita tentang seorang Kimani Ng’ang’a Maruge seorang kakek berkewarganegaraan Kenya. Ia tercatat di Guiness Book sebagai siswa tertua yang masuk sekolah dasar. Pemeran utama Maruge dibintangi oleh Oliver Litondo yang menyuguhkan perjalanan hidup mengiris hati.

9. Jenderal Soedirman (2015)

Menceritakan kehidupan dan perjuangan seorang tokoh nasional yaitu Jenderal Soedirman. Beliau divonis menderita penyakit paru-paru, meskipun demikian tidak menyurutkan semangat perjuangannya. Melakukan perjalanan menuju arah selatan serta memimpin perang gerilya dalam kurun waktu 7 bulan bukanlah hal mudah.

Film ini sangat bagus ditonton generasi muda, menunjukkan semangat Jendral Soedirman yang tidak kenal lelah dan tidak pernah gentar. Bintang utama yang memerankan tokoh Jenderal Soedirman adalah Adipati Dolken.

10. Detachment

Film drama Amerika yang dirilis tahun 2011 ini bergenre pendidikan. Tokoh utama Detachment diperankan oleh Adrien Brody, Christina Hendricks, Marcia GayHarden, dan Batty Kaye. Menceritakan seorang guru pengganti yaitu Henry Barthes yang memiliki masalah terhadap hubungan emosional. Oleh karena itu selalu berpindah tempat demi menghindar dari ikatan dengan guru maupun murid.

Alur cerita film disuguhkan sangat menarik dan original. Disamping itu, Henry memiliki kemampuan mengubah coretan tangan menjadi sebuah tragedi penuh air mata dan berdarah-darah. Film ini menjadi semakin menarik dengan acting natural dari pemeran utamanya yaitu Adrien Brody.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi