3 Ide Berjualan Online Tanpa Harus Stok Barang

0

Bagaimana caranya berjualan online tanpa harus stok barang, bahkan tanpa modal? Jika kamu pernah memikirkannya, maka 3 ide berjualan online tanpa stok barang ini adalah untukmu. Menurut blog yakkyofy, hari ini dengan lebih dari 1,6 miliar situs web online, memulai sesuatu yang baru bisa menjadi hal yang menakutkan. Apalagi jika kamu ingin memulai usaha bisnis baru.

Dan bagaimana jika kamu ingin menjual produk secara online? Bagaimana jika kamu tidak punya uang, atau ruangan, untuk berinvestasi dengan stok produk agar bisa disimpan di sekitar rumah? Apa pilihan yang dapat kamu ambil?

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang telah banyak dicoba dan benar berhasil untuk menjual produk secara online tanpa harus stok barang. Dan, beberapa metode ini memerlukan biaya yang sangat rendah, atau bahkan tanpa biaya untuk memulai usahamu.

ads by posciety

1. Print On Demand

Situs web seperti Ciptaloka dan Tees memberimu pilihan untuk membuat produk sendiri. Misalnya, jika kamu benar-benar menginginkan mug dengan foto bersama sahabatmu di atasnya, atau t-shirt dengan gambar yang lucu untuk anakmu, kamu dapat dengan mudah masuk ke situs web tersebut dan membuatnya hanya dengan beberapa klik.

Tapi, ada orang yang memiliki bakat luar biasa untuk membuat produk virtual-to-life ini, tetapi mereka yang tidak tahu harus mulai dari mana. Jika kamu menyukai desain, terutama membuat desain di pakaian dan hal-hal lain seperti notebook dan perlengkapan kantor lainnya, ini adalah tempat yang bagus untukmu.

Ada beberapa perusahaan yang masing-masing akan mengambil persentase dari hasil penjualanmu. Karena dicetak sesuai permintaan, kamu sebenarnya tidak perlu memiliki inventaris. Sebagai gantinya, kamu dapat mengatur toko online langsung di situs web, dan seseorang yang memesan produkmu kemudian akan memesannya langsung dari situs itu.

Jika kamu lebih suka mengintegrasikan situs itu ke dalam situsmu sendiri, atau membuat situs baru untuk desain produkmu, kamu juga dapat melakukannya. Kamu dapat mengambil komisi dan kemudian memesan dari perusahaan setelah kamu menerima uang dari pelangganmu.

2. Dropship

Dropship mungkin kelihatannya seperti menjadi pihak ketiga dari penjualan online, tetapi sebenarnya sedikit berbeda.

Dropship—dikenal sebagai “turn-key”—berarti yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil adalah dengan memutar kunci. Tentu tidak benar-benar melakukannya secara harfiah, tetapi dalam hal ini, memutar kunci mengacu pada menerima pesanan di situs webmu dan kemudian menghasilkan komisi.

Jika kamu memilih dropship, kemungkinan besar kamu akan melakukannya dengan perusahaan yang memiliki sistem pendukung. Kamu dapat memutuskan apa yang ingin kamu jual di situs webmu, dan kemudian pelanggan akan melakukan pemesanan. Pesanan masuk ke perusahaan itu sendiri, dan perusahaan akan mengirimkannya ke mereka secara langsung.

Ini artinya, kamu tidak perlu melakukan apa pun selain mengumpulkan komisi dari penjualan. Bagaimana, enak, bukan?

3. Affiliate Marketing

Sebelumnya, apa itu Affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah model periklanan di mana perusahaan memberi kompensasi kepada penjual pihak ketiga untuk menghasilkan lalu lintas web atau mengarahkan calon pembeli ke produk dan layanan perusahaan. Penjual pihak ketiga adalah afiliasi, dan biaya komisi mendorong mereka untuk menemukan cara untuk mempromosikan perusahaan tersebut.

Internet telah meningkatkan keunggulan bagi affiliate marketing. Amazon mempopulerkan praktik tersebut dengan membuat program affiliate marketing di mana situs web dan blogger menempatkan tautan ke halaman Amazon untuk produk yang di-review atau didiskusikan untuk menerima biaya iklan saat pembelian dilakukan. Dalam pengertian ini, affiliate marketing pada dasarnya adalah program pemasaran bayar-untuk-kinerja di mana sistem penjualan memberdayakan jaringan yang lebih luas.

Di Indonesia juga sudah banyak yang membuka kesempatan affiliate marketing, mulai dari E-Commerce yang besar sampai web toko-toko online. Mereka menyediakan program ini dengan keuntungan sekian persen yang telah disepakati diawal. Lalu mereka juga menyediakan tools untuk mengiklankan produknya dalam bentuk link, banner dan sebagainya. Para affiliate marketer hanya perlu menawarkan produk dengan tools itu, lalu menerima persenan dari hasil penjualan.


Nah, itu dia 3 cara berjualan online tanpa stok barang yang mungkin bisa kamu coba untuk memulai usaha. Di zaman sekarang, tentu internet akan lebih memudahkan kita untuk memasarkan produk jualan kemana saja. Yang harus dipersiapkan adalah kegigihan, tekad untuk terus belajar dan keyakinan untuk berhasil dalam usahamu. Semangat!

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya