15 Jenis Bunga Mawar dengan Nama yang Unik

0

Seperti yang kita tahu, mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia. Dilansir dari The Spruce, mawar dengan nama latinnya, Genus Rosa, ternyata memiliki lebih dari 300 spesies tanaman kayu berbunga, mencakup beberapa ribu varietas yang dibudidayakan selama berabad-abad. Ketika kamu membeli varietas mawar modern, biasanya bunga ini dijual dengan nama yang unik daripada nama spesiesnya. Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli mawar, pahami jenis mawar tersebut termasuk dalam klasifikasi apa, karena ini akan memberikanmu informasi penting tentang kebiasaan dan karakteristik pertumbuhannya.

Penasaran dengan keunikan jenis bunga mawar di dunia ini? Berikut ini adalah 15 jenis mawar dengan nama yang unik:

1. About Face (Rosa Grandiflora ‘About Face’)

ads by posciety

img: weeksroses

Mawar grandiflora oranye ini memiliki kelopak dua warna dengan batang panjang dan daun hijau yang segar. Warna mawar yang lebih terang dari kuning keemasan yang pekat terdapat di bagian dalam kelopak, dengan bagian belakang oranye-merah tua yang lebih gelap. Ini adalah mawar yang ‘tahan penyakir’ dengan aroma yang mirip seperti apel segar. Saat mekar, mawar ini bisa mencapai 5 inci; jenis tanaman yang memiliki pola rebloom yang baik.

2. Bonica (Rosa ‘Bonica)

img: garden

‘Bonica’ adalah mawar semak yang memiliki bunga berwarna merah muda terang dengan kebiasaan pertumbuhan lebat yang khas. Mawar ini berbunga berulang kali dari musim semi ke musim gugur, dengan kemekaran yang mencapai 2 sampai 3 inci. Jenis ini juga adalah tanaman yang sangat dapat diandalkan di iklim yang lebih dingin.

3. Cherry Parfait (Rosa floribunda ‘Cherry Parfait’)

img: gardenia

‘Cherry Parfait’ adalah mawar yang memiliki pola warna kelopak dua nada dengan kelopak putih bermata merah (merah adalah warna dominan jika dilihat dari kejauhan). Memiliki daun berwarna hijau tua. Mawar ini memiliki kebiasaan tumbuh yang relatif lebat. Saat mekar dapat mencapai ukuran 2 hingga 3 inci.

4. Teasing Georgia (Rosa ‘Teasing Georgia’)

img: gardenia

‘Teasing Georgia’ adalah mawar semak David Austin (peneliti dan penulis tentang mawar dari Inggris), dikenal berwarna kuning tetapi mungkin lebih terlihat ke warna aprikot. Itu adalah kesalahan penyebutan warna dari bunga mawar yang dapat mekar 4 hingga 5 inci ini. Aroma dari mawar ini cukup kuat dan termasuk dari tanaman yang kuat terhadap penyakit.

5. Easy Does It (Rosa floribunda ‘Easy Does It’)

img: gardenia

Mawar berukuran sedang ini memiliki bunga besar seukuran 4 hingga 5 inci yang memadukan warna oranye, merah muda, dan aprikot. Bunganya ganda, kelopaknya seperti tersebar ke segala arah, dan memiliki aroma buah yang lembut. Mawar jenis ini memiliki kebiasaan pertumbuhan yang lebat dan cukup ‘tahan penyakit’.

6. Falstaff (Rosa ‘Falstaff’)

img: wikipedia

‘Falstaff’ adalah mawar semak Inggris David Austin, dengan tampilan bunga merah tua yang besar berukuran 4 hingga 5 inci dan dapat mekar terus menerus. Mawar ini dianggap sebagai salah satu persembahan terbaik David Austin. Ini memiliki aroma khas yang kuat dan siklus rebloom yang baik.

7. Tahitian Sunset (Rosa Hybrid Tea ‘Tahitian Sunset’)

img: garden

‘Tahitian Sunset’ adalah mawar teh hibrida dengan dua warna bunga, yaitu aprikot-merah muda yang luar biasa dengan ukuran hingga 6 inci dan memiliki seperti bau manis yang samar. Ini adalah hibrida yang tahan penyakit, dengan tampilannya yang semi-glossy, daun hijau tua dan dapat mekar berulang kali dari musim semi ke musim gugur.

8. Rainbow Knockout (Rosa ‘Rainbow Knockout’)

img: knockoutroses

‘Rainbow Knock Out’ adalah mawar dengan bunga tunggal klasik yang umum untuk spesies mawar semak. Tidak seperti banyak mawar semak lainnya, bunga ini memiliki siklus rebloom yang sangat baik. Bunganya, yang muncul berkelompok, berwarna karang, dengan pusat kuning; dedaunan berwarna hijau tua dan semi-glossy. ‘Rainbow Knock Out’ memiliki sifat tahan banting yang khas dari spesies mawar semak—sangat tahan terhadap bintik hitam, embun, dan juga karat.

9. Julia Child (Rosa Floribunda ‘Julia Child’)

img: gardenia

Mawar ini dipilih secara pribadi oleh sworang koki pemenang penghargaan dengan warna yang dia gambarkan sebagai “mentega emas.” Bunga ini memiliki daun yang sangat mengkilap, dengan bunga yang mekar penuh hingga 3 1/2 inci, berbau manis licorice. Ini adalah tanaman yang tahan penyakit dengan kebiasaan pertumbuhan yang lebat. Bunga-bunga muncul dalam kelompok kecil, tanaman ini juga memiliki pola rebloom yang baik.

10. Mardi Gras (Rosa floribunda ‘Mardi Gras’)

img: wikipedia

Mawar dengan warna multicolor ‘Mardi Gras’ memiliki warna meriah yang merupakan campuran oranye dan merah muda dengan sedikit kuning.

11. Morden Fireglow (Rosa floribunda ‘Morden Fireglow’)

img: millcreeknursery

Seperti namanya, mawar ini memiliki bunga yang mekar dengan paduan warna oranye dan kemerahan. Model bunganya yang berganda, menangkup dan warna matte (daun tidak mengkilap).

12. Pat Austin (Rosa ‘Pat Austin’)

img: wikipedia

Mawar ‘Pat Austin’ yang berwarna tembaga adalah salah satu varietas yang direkomendasikan David Austin. Sekedar info, nama mawar ini diambil dari nama istri David Austin. Tampilan bunganya berganda yang ditangkupkan, berukuran 4 hingga 5 inci, serta memiliki aroma seperti teh.

13. Wild Blue Yonder (Rosa Grandiflora ‘Wild Blue Yonder’)

img: pinterest

‘Wild Blue Yonder’ adalah mawar grandiflora yang awalnya berwarna ungu muda atau ungu kemerahan (dikenal sebagai lavender) dan berakhir dengan warna yang lebih pekat. Tetapi warnanya tidak pernah berubah menjadi mawar biru sungguhan.

14. Elle (Rosa Hybrid Tea ‘Elle’)

img: pinterest

Mawar ‘Elle’ adalah pilihan yang baik bagi kamu yang sedang mencari mawar unik dengan paduan cantik dari warna merah muda yang mencolok dan merah muda yang sedikit lebih pudar.

15. Frankly Scarlet (Rosa floribunda ‘Frankly Scarlet’)

img: pinterest

‘Frankly Scarlet’ adalah mawar milik JP Ultimate Collection. Mawar ini dapat mekar berulang kali dengan warna daun hijau tua. Ini adalah jenis mawar floribunda yang cukup pendek dengan bunga yang hanya 2 hingga 3 inci dan memiliki aroma ‘pedas’ yang menarik.


Itulah 15 jenis bunga mawar dengan nama yang unik, bahkan mungkin mengandung makna tertentu dibalik namanya. Apakah ada dari mawar-mawar tersebut yang paling menarik perhatianmu? Apa yang kamu suka dari jenis mawar itu? Silahkan tulis di komen ya, semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya