6 Manfaat Ganda Baking Soda

Baking soda sangatlah popular dalam dunia baker. Bahan pengembang kue yang memiliki senyawa terbuat dari zat sodium (Na) bikarbonat. Ketika bercampur dengan zat asam seperti mentega, gula merah dan cuka, soda kue akan melepaskan gelombang gas karbondioksida dan mengembangkan kue. Baking soda atau soda kue sering digunakan untuk mengolah kue kukus dan panggang.

Namun, ternyata kegunaan baking soda ini berganda. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan atau membersihkan lingkungan rumah. Apa saja manfaat ganda baking soda?

1. Menghilangkan Bau Tak Sedap  

img: Pixabay

Kulkas merupakan surganya makanan di rumah atau dapat dikatakan sebagai supermarket rumah Karena fungsinya yang dapat mempertahankan kesegaran dari makanan dan minuman. Terkadang dapat menimbulkan bau tak sedap akibat timbunan makanan yang disimpan di dalamnya dapat menjadi penyebab utama aorma tak sedap. Apalagi jika aliran listrik mati dalam kurun waktu yang cukup lama.

Beberapa jenis makanan tidak dapat bertahan hingga mengeluarkan bau tidak sedap. Ketika buka kulkas setelah aliran listrik terputus, beragam aroma amis dan asing menganggu indera penciuman. Kamu nggak ingin hal ini terjadi? Caranya sederhana saja, ambil dua sendok baking dosa letakkan ke dalam wadah (piring atau mangkuk jangan terlalu besar). Letakkan wadah di dekat produk makanan atau minuman yang tidak sedao. Biarkan beberapa menit hingga bau tidak sedap perlahan menghilang atau terserap

Bau tak sedap lainnya adalah bau yang berasal dari sepatu. Bau yang satu ini berasal dari keringar kaki yang bercampur dengan bakteri. Untuk mengatasinya, cukup taburkan sejumput baking soda ke dalam sepatu kemudian shake sepatu ke atas bawah agar baking soda merata dan menyerap aroma yang tidak sedap.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

img: Pixabay

Beberapa iteratur menyebutkan bahwa bahan obat kumur. Baking soda ternyata juga dapat kita gunakan sebagai obat kumur.  Baking soda mengandung antibakteri sehingga dipercaya dapat membersihkan rongga mulut terkhususnya membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut. Dan mengharumkan napas. Caranya, campurkan 2 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakanlah untuk berkumur.

Manfaat ganda baking soda di sekitar mulut adalah dapat memutihkan gigi dan menyegarkan mulut. Caranya, berkumur dengan setengah sendok teh baking soda yang dicampur dengan setengah gelas air hangat diketahui dapat membantu menyegarkan napas. Selain itu, pasta gigi yang mengandung baking soda juga diyakini dapat membantu memutihkan gigi serta melindungi gigi dan gusi dari kerusakan. Ini karena beberapa produk pasta gigi yang berkomposisi baking soda memiliki kemampuan mengangkat molekul dari lapisan plak-plak gigi dan melawan bakteri yang dapat merusak kesehatan gigi.

3. Mengobati Gatal-Gatal

img: Pixabay

Selama ini kita hanya tahu bahwa obat gatal itu calladine cair ataupun bedak tabur lainnya. Ini membuat kita kesulitan untuk menyimpan stok. Sebab gatal-gatal pada tubuh tidak dapat diprediksi bukan? Nah, untuk mengakalinya kita dapat memanfaatkan baking dosa. Caranya sangat mudah, campurkan baking soda dengan air hangat secukupnya. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit yang gatal-gatal. Diamkan beberapa saat baru basuh hingga bersih.

4. Menghilangkan Noda pada Pakaian

Kandungan dalam baking soda ternyata berguna untuk melunturkan noda pada pakaian. Bagaimana prosesnya? Ketika dilarutkan ke dalam air, baking soda akan berinteraksi dengan asam dari noda dan membuat noda lepas dari serat-serat kain. Inilah yang membuat noda menghilang tanpa merusak warna pakaian.

Cocok sekali untuk kamu yang ingin hidup hemat tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli cairan pemutih pakaian. Caranya mudah sekali, campurkan 1/2 cangkir kecil ke dalam larutan perendam pakaian.

5. Meredakan & Mencegah Keracunan

Manfaat ganda baking soda selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi rasa panas di dada akibat asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah secara perlahan.Pemberian baking soda diketahui dapat mengatasi keracunan jengkol dengan membantu meningkatkan proses pembuangan asam jengkolat.

Namun, manfaat baking soda yang satu ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian Pernah perut kembung secara mendadak? Jangan buru-buru minum obat. Kamu  dapat mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi ramuan baking soda. Caranya, campurkan 1 sendok teh baking baking soda dengan tiga per empat gelas air putih.

6. Menghilangkan Pestisida pada Sayur & Buah

Selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan gigi, baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih yang efektif dan efisien. Misalnya saja untuk menghilangkan lapisan pestisida pada sayur dan buah. Caranya, Anda bisa merendam sayur dan buah dalam larutan soda kue dan air selama sekitar 12–15 menit.

Baking soda memang miliki manfaat ganda yang kerap digunakan untuk membersihkan beragam hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi baking soda. Gunakanlah secukup dan seperlunya saja.

Makanan & Minuman
Komentar (0)
Tambah Komentar