7 Situs Web Kursus Online Bahasa Inggris Gratis !

0

Apakah kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris? Bingung mencari mana program yang tepat untuk kamu? Ingin mencoba yang gratis sebelum harus membayar kelasnya? Nah, artikel ini ditulis untukmu dengan merangkum 7 situs belajar bahasa Inggris gratis yang bisa kamu coba.

Berdasarkan jumlah penutur, bahasa Inggris sekarang ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Itulah kenapa bahasa Inggris sangat populer di dunia. Berbicara dengan bahasa Inggris membuka banyak peluang belajar dan bekerja. Dengan kata lain, bahasa Inggris sangat penting dalam sebagian besar komunikasi internasional. Ini termasuk bisnis, pendidikan dan pariwisata.

Dikutip dari fluentin3months, berikut ini adalah 7 situs belajar bahasa Inggris gratis yang sangat berguna karena membantu memperkuat kemampuan bahasa Inggris-mu dalam empat hal: berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

ads by posciety

1. EnglishClass101

Situs ini memiliki pelajaran untuk semua tingkat kemahiran, termasuk pelajaran untuk pemula. Tidak semua episode gratis, tetapi semuanya luar biasa membantu penggunanya, dan ada beberapa pelajaran gratis di setiap levelnya. Programnya mengkombinasikan pelajaran video dan audio dengan guru energik yang berpengalaman dalam mengembangkan kurikulum bahasa Inggris untuk orang dewasa.

2. USA Learns

USA Learns adalah kursus bahasa Inggris yang populer, komprehensif, dan gratis untuk orang dewasa. Situs ini mengkombinasikan pelajaran membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara. Selain itu, mereka juga menyediakan kuis sehingga kamu dapat memeriksa kemajuan belajarmu.

Kursus online ini dibuat dengan dana dari pemerintah Amerika Serikat, karena itulah program ini tersedia secara gratis. Itu juga alasan kenapa beberapa konten kursus terasa ditujukan untuk pendatang baru di Amerika Serikat. Misalnya, satu pelajaran mencakup kosakata yang berkaitan dengan pembayaran pajak di AS. Namun, kosakata ini tetap akan relevan bagi banyak pelajar bahasa Inggris, bukan hanya mereka yang ada di AS. Setiap pelajaran mengajarkan poin tata bahasa yang sangat berguna di kehidupan sehari-hari.

Dengan materi bertingkat dimulai dari pemula yang lebih rendah ke menengah. Jika kamu seorang pembicara tingkat lanjut, USA Learns akan tetap berguna bagimu, tetapi lebih sebagai alat untuk mereview kemampuanmu.

3. Free English Language Lessons Online: Speaking Lessons

Ada situs bernama Fluent in 3 Months (Fi3M) yang menyediakan program belajar bahasa Inggris dengan metode berbicara. Karena mereka yakin cara terbaik untuk belajar bahasa adalah dengan berbicara. Dan dengan metode ini, diyakini pembelajar dapat berbicara secara lancar dalam waktu 3 bulan. Kenapa tidak mencobanya?

4. Speak in a Week

Speak in a Week adalah kursus email gratis dari Fi3M yang membuat kamu dapat berbicara dengan bahasa baru hanya dalam tujuh hari. Ya, tujuh hari!

Jika kamu telah belajar bahasa Inggris sebelumnya dan dapat memahami materinya hingga tingkat menengah (atau dengan bantuan Google Terjemahan), mereka sarankan untuk mencoba program kursus ini. Maka minggu depan, kamu akan berbicara dalam bahasa Inggris!

5. italki

Jika kamu benar-benar serius ingin meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris, maka kamu harus melakukan percakapan langsung dengan penutur asli (native speaker) bahasa Inggris.

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk menemukan penutur asli bahasa Inggris untuk diajak bicara? Ini dia: temukan penutur bahasa Inggris yang ingin mempelajari bahasamu, lalu tawarkan pertukaran bahasa.

Kamu bisa buat akun di italki dan menemukan teman balajar bahasa dengan gratis. Yang harus kamu lakukan adalah membuat profilmi dan memilih bahasa Inggris sebagai bahasa target belajarmu. Kemudian kamu dapat mencari penutur bahasa Inggris yang bahasa targetnya adalah bahasa Ibumu (bahasa utama).

6. Let’s Talk

Let’s Talk adalah kumpulan video pelajaran bahasa Inggris yang sangat mendalam, kabar baiknya, semua materinya tersedia gratis di Youtube.

Ada ratusan video tentang setiap aspek dalam bahasa Inggris. Misalnya, kamu akan menemukan video tentang kata frasa, kata-kata untuk mengungkapkan ekspresi, kata-kata yang mungkin kamu dengar di radio, dan lain-lain.

Setiap video Let’s Talk berdurasi sekitar sepuluh menit–cocok untuk ditonton saat istirahat sejanak di pagi hari. Materinya bertujuan untuk mengajarkan bahasa Inggris internasional yang netral, meskipun beberapa pelajaran berfokus pada dialek tertentu.

7. EngVid

Terkadang sulit untuk menemukan video pelajaran bahasa Inggris yang benar-benar kamu sukai. Bukan karena materinya jelek, hanya saja kamu tidak “klik” dengan gurunya. Bukankah lebih baik jika kamu dapat mencoba beberapa guru untuk menemukan guru yang paling kamu sukai?

Cobalah EngVid. Sebelas guru bahasa Inggris telah membuat serangkaian lebih dari seribu video pelajaran bahasa Inggris di setiap tingkatan. Pelajaran diurutkan berdasarkan tingkat kemahiran, topik, dan tentu saja, dibuat langsung oleh para guru. Pasti akan ada setidaknya satu guru di sini yang terhubung denganmu.


Itulah 7 situs belajar bahasa Inggris gratis yang layak untuk dicoba. Meski beberapa diantaranya mengharuskan berbayar untuk mengakses materi lebih banyak, namun mereka tetap menyediakan versi gratisnya, kok! Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai petualangan belajar bahasamu dan meraih apa yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya